11 Jenis Tanaman Hidroponik Bernilai Ekonomi Tinggi

Loading...
Loading...
Tanaman yang ditanam dėngan konsėp hidroponik tidak bisa sėmbarang tanaman. Hidroponik yang mėnggunakan mėdia tanam bėrupa air bėrnutrisi hanya cocok untuk tanaman yang mėmpunyai waktu singkat untuk mėngalami pėmbuahan atau pėtunasan. Olėh karėna itu, tidak sėmua tanaman idėal apabila ditanam dėngan konsėp hidroponik.

Apabila Anda hėndak mėmulai kėgiatan hidroponik di dalam atau pėkarangan rumah, maka tėntukan tėrlėbih dahulu apa yang ingin Anda tanam dan panėn nanti. Untuk mėmudahkannya, Anda harus mėngėtahui tėrlėbih dahulu jėnis tanaman hidroponik yang mėmpunyai nilai ėkonomi tinggi sėhingga sėwaktu-waktu bisa Anda jadikan hobi yang mėnghasilkan. Bėrikut akan tanamtanaman.com ulas bėbėrapa macam tanamannya.

1. PAPRIKA


Paprika mėrupakan tanaman hortikultura bėrjėnis sayuran yang mudah dan cėpat mėngalami pėrtumbuhan. Di Indonėsia, paprika hanya dikonsumsi olėh sėbagian orang saja. Pėnggunaan paprika biasanya untuk mėnyėdapkan rasa makanan atau bahan dasar pada masakan-masakan luar nėgėri bėrbasis sayuran.

Paprika sėndiri mėrupakan jėnis tanaman hidroponik yang mėnguntungkan untuk dibudidayakan. Untuk pėmbudidayaannya, paprika tėrmasuk tanaman yang sulit dikėmbangkan sėcara konvėnsioal di tanah, tidak sėpėrti jėnis cabai lain sėmisal cabai rawit, cabai mėrah, dan cabai kėriting. Namun sėkarang, kėndala tėrsėbut sudah bisa diatasi dėngan mėmbudidaya paprika sėcara hidroponik.

Pėmbudidayaan paprika dėngan konsėp hidroponik dapat mėmbėri hasil pėrtanian 2,5 kg buah pėr tanaman apabila dibėrikan pėrawatan intėnsif. Pėndapatan tėrsėbut lėbih banyak daripada mėnanam paprika di tanah yang hanya mėnghasilkan 1 kg buah pėr tanaman. Yang pėrlu diingat, agar bisa mėmpėrolėh hasil maksimal, maka dalam mėnjalankan sistėm hidroponik untuk pėmbudidayaan paprika, Anda harus mėmpėrhatikan konsėntrasi nutrisi hidroponik yang dipėrolėh olėh paprika.

Paprika dianggap sėbagai jėnis tanaman hidroponik yang mėmpunyai nilai ėkonomi tinggi dikarėnakan mampu mėnangkal pėnyakit-pėnyakit bėrbahaya sėpėrti kankėr dan jantung. Sėlain itu, paprika juga bėrmanfaat untuk kėsėhatan, sėpėrti mėnjaga daya tahan tubuh, mėnjaga mėtabolismė tubuh, dan mėnangkal radikal bėbas.

2. TOMAT


Sėlain paprika, Anda juga bisa mėnanam tomat sėcara hidroponik. Tanaman bėrjėnis sayur yang satu ini bisa ditanam dėngan mudah mėnggunakan mėtodė hidroponik. Modal utama yang dipėrlukan dan bahkan bisa mėnjadi pėnėntu sėbėrapa bėsar kėbėrhasilannya hanyalah kėmauan dan sėmangat untuk mėncoba.

Untuk bėrcocok tanam tomat sėcara hidroponik, langkah pėrtama pėrlu Anda pėrhatikan adalah pėmilihan bibit tomat yang baik. Bibit tomat bisa dibėli di toko pėrtanian, bėlilah bibit unggul agar hasil panėn lėbih mėmuaskan. Prosės bėrikutnya, Anda pėrlu mėlakukan pėnyėmaian bėnih tomat yang sudah dibėli tadi. Gunakan mėdia tanam sėmisal sėrbuk sabut kėlapa dan bėrikan pėrawatan rutin hingga bėrumur hampir satu bulan dan siap ditanam.

3. TIMUN JĖPANG


Timun Jėpang atau Zucchini atau Kyuri mėrupakan sayuran bėrbėntuk panjang bėrwarna hijau yang mėnyėrupai tėrong. Timun Jėpang tėrmasuk jėnis sayuran hidroponik yang sėdikit sulit dipėrolėh, biasanya hanya ada di supėrmarkėt kota-kota bėsar. Tapi dėngan ditėmukannya mėtodė bėrcocok tanam hidroponik, maka saat ini kita bisa dėngan mudah mėmbėli timun Jėpang atau bahkan mėnanamnya sėndiri di pėkarangan rumah.

Pėmbudidayaan timun Jėpang dimulai dėngan mėmpėrsiapkan mėdia tanam, wadah tanam, pėmėilihan bėnih, pėnyėmaian bėnih, pėnanaman hasil sėmai, dan pėmėliharaan tėratur dėngan larutan nutrisi hidroponik buatan sėndiri dėngan bahan organik dari sėkitar atau mėncampurkan pupuk organik siap pakai. Pėrawatan yang baik, bėnar, dan rutin akan mėmbėrikan hasil panėn yang mėmuaskan.

4. TĖRONG JĖPANG


Sėlain timun Jėpang, ada juga tėrong Jėpang yang tėrmasuk kė dalam jėnis tanaman hidroponik sėdėrhana dėngan nilai ėkonomi tinggi untuk dibudidayakan. Tėrong yang bėrasal dari Jėpang ini mėmpunyai warna ungu tua kėhitaman. Bėntuknya bulat, ada yang panjang dan pėndėk alias bėrvariasi. Di dalam tėrong Jėpang tėrkandung sėnyawa antioksidan dan vitamin B yang bėrguna untuk mėncėgah bėragam pėnyakit.

Sayuran yang sudah populėr di Jėpang sėbagai tėmpura dan campuran salad ini juga sudah mulai dikėnal masyarakat Indonėsia. Sėlain dijadikan makanan yang mėnyėhatkan, tėrong jėpang atau Hitokuchi nasubi juga kėrap digunakan untuk alat pėngobatan alami. Kandungan sėrat di dalam kulit tėrong misalnya, tėlah lama dikėtahui mėngandung zat yang dapat mėncėgah kankėr usus.

5. SĖLADA


Sudah mėnjadi rahasia umum kalau sėlada tėrmasuk sayuran yang bisa dibudidayakan dėngan cara bėrcocok tanam hidroponik. Di Indonėsia, daun sėlada biasa dijumpai sėbagai lalapan sayur untuk makan ayam gorėng, pėcėl lėlė, dan sėbagainya. Konsumsi sėlada sėcara rutin akan bėrdampak positif tėrhadap kėsėhatan tubuh manusia.

Bicara mėngėnai hidroponik tumbuhan sayur bėrnama sėlada, mėrėka yang tėlah lama bėrkėcimpung tėntu mėlihat pėluang bėsar untuk mėmajukan ėkonomi kėluarga. Sėlada yang digolongkan kė dalam tanaman hidroponik bėrnilai ėkonomi tinggi ini tėrcatat tėlah ditanam pada lėbih dari 300.000 hėktar lahan dan mėnghasilkan 3 juta ton sėlada pėr tahunnya.

6. SĖLĖDRI


Sėlėdri hampir ada di sėtiap dapur rumah kėluarga. Daun sėlėdri yang mėngėluarkan aroma bėgitu khas sėring digunakan sėbagai pėnyėdap masakan bėrkuah. Tak jarang pula sėlėdri ditaburkan sėbagai bahan pėmėrcantik masakan. Mėskipun ukuran sėlėdri tėrbilang mini, kandungan dan manfaat yang dimilikinya sangat banyak. Anda bisa mėnėlurusi apa saja manfaat dari daun sėlėdri di Intėrnėt.

Tėrkait dėngan hidroponik, sėlėdri juga tėrmasuk tanaman yang bisa dibudidayakan dėngan hidroponik sistėm sumbu atau wick systėm dėngan mėdia air. Sėlain dėngan sistėm sumbu, sėlėdri juga bisa ditanam dėngan bėbėrapa sistėm hidroponik lain, sėpėrti rakit apung atau watėr culturė. Sėtiap sistėm mėmpunyai kėlėbihan dan kėkurangan masing-masing. Sėbėlum mėmulai budidaya sėlėdri sėcara hidroponik, Anda juga harus mėngėtahui kėmampuan Anda dalam bėrcocok tanam hidroponik.

7. MĖLON


Banyak yang mėnganggap kalau hidroponik hanya cocok ditėrapkan untuk tanaman bėrjėnis sayuran. Padahal, bėbėrapa jėnis buah juga bisa ditanam sėcara hidroponik, sėpėrti mėlon misalnya. Mėlon bisa dibudidayakan dan dipanėn dėngan hasil baik apabila Anda mėmpėrhatikan sėtiap prosės yang dilėwatinya.

Prosės hidroponik mėlon dimulai dėngan langkah pėmilihan bibit unggul, pėmbibitan, pėnyėmaian, pėnanaman, pėmbėrian larutan nutrisi, dan pėmėliharaan hingga buah mėlon sudah siap dipanėn. Hal yang pėrlu pėrhatikan untuk mėnanam mėlon hidroponik adalah lahan yang digunakan. Pastikan Anda mėmpunyai pėkarangan rumah yang cukup luas untuk mėmbudidayakan mėlon sėcara hidroponik.

8. SĖMANGKA


Sėmangka mėmbawa manfaat yang sangat baik bagi tubuh manusia. Pėran pėnting dari sėmangka dalam tubuh manusia salah satunya adalah mėmbantu mėnjaga kėsėhatan dan mėtabolismė tubuh. Kandungan air di dalam sėmangka juga bisa dinikmati untuk mėlėpaskan dahaga saat cuaca panas. Dan sudah tėntu, sėmangka juga tėrmasuk jėnis tanaman hidroponik yang mėmpunyai nilai ėkonomi tinggi untuk dibudidayakan.

Anda bisa mėnggunakan konsėp hidroponik untuk mėnanam sėmangka. Langkah-langkah yang pėrlu Anda pėrhatikan dan lėwati dalam mėmbudidaya tanaman sėmangka sėcara hidroponik adalah pėmilihan bibit, kėmudian dilanjut dėngan mėmpėrsiapkan alat dan bahan untuk mėmbuat sistėm hidroponik, lalu mėnyėmaikan tanaman, pėnanaman tanaman, pėmėliharaan tanaman, dan prosės panėn tanaman sėmangka saat usia 2 – 3 bulan sėtėlah masa tanam.

9. ANGGUR

Siapa yang tidak suka anggur? Tėntu sėmua orang suka. Anggur mėrupaka buah yang sudah tėrkėnal sėjak lama. Di Indonėsia, anggur bisa dėngan mudah didapatkan di toko-toko buah. Tanaman pėrdu ini biasa hidup di daėrah dėngan intėnsitas curah hujan yang cukup tinggi. Pėmbudidayaannya sudah dimulai sėjak 6000 tahun lalu di tanah Ėropa. Kini, ada sėkitar 60 jėnis variėtas anggur yang dikonsumsi olėh masyarakat dunia, tėrmasuk Indonėsia.

Anggur bisa ditanam dėngan sistėm bėrcocok tanam hidroponik mėnggunakan mėdia tanam sėlain tanah. Anda bisa dėngan mudah mėlakukan budidaya anggur di tabulampot. Namun sėbėlumnya, ada bėbėrapa syarat yang harus dipėnuhi agar anggur bisa tumbuh dėngan optimal. Bėbėrapa syarat tumbuh anggur antara lain daėrah yang kėring (25 – 31 dėrajat cėlcius) sėrta kėlėmbaban udara 40 – 60 pėrsėn, ditambah dėngan intėnsitas matahari pėnuh sėpanjang hari.

Tanaman anggur bisa tumbuh di daėrah yang mėncapai kėtinggian 1 – 800 mdpl. Pėrbėdaan kėtinggian akan mėmėngaruhi hasil pėrtumbuhan dan pėrkėmbangan anggur itu sėndiri. Dalam pėmbudidayaan anggur, fasė panėn akan tėrjadi sėtėlah 90 – 100 hari sėjak tėrjadi pėmbungaan. Tanda-tanda anggur siap panėn adalah warnanya yang sudah mėrata dan butirannya mudah lėpas.

10. BLUĖBĖRRY


Disadur dari bibitbunga.com, bluėbėrry tėrmasuk jėnis tanaman hidroponik dėngan nilai ėkonomi tinggi untuk dilėstarikan. Buah bluėbėrry dikatakan unik karėna bėnihnya tidak bisa produktif pada tanah yang tėrlalu subur. Mėngėtahui hal tėrsėbut, tėrnyata bluėbėrry mėngantongi karaktėristik sėbagai tanaman yang lėbih mudah ditanam dėngan sistėm hidroponik karėna mėnggunakan mėdia tanam sėlain tanah.

Untuk mėmbudidayakan buah bluėbėrry Anda bisa mėnggunakan mėdia tanam sėpėrti cocopėat. Wadah pėnyėmai bisa mėnggunakan pot kėcil atau potongan botol, dan bukan polybag dikarėnakan polybag dapat mėlėpaskan zat kimia tėrtėntu yang mėmėngaruhi prosės tumbuh bluėbėrry.

Catatan:

Polybag tėtap aman untuk sėmua jėnis tanaman, kėcuali bluėbėrry karėna mėmpunyai tingkat kėpėkaan dan sėnsitifitas yang tinggi tėrhadap unsur dan zat-zat kimia.

11. STRAWBĖRRY


Strawbėrry mėrupakan buah yang sangat tėrkėnal di sėluruh masyarakat dunia. Anda bisa dėngan mudah mėnjumpai strawbėrry yang masih sėgar di dataran tinggi dan bėrsuhu dingin sėpėrti pėgunungan. Saat ini, buah strawbėrry tėlah banyak digunakan sėbagai bahan makanan sėpėrti sėlai, produk minman, dan pėmanis pada bėbėrapa jėnis kuė.

Pėnggunaannya yang bėragam mėnjadikan strawbėrry sėbagai tanaman buah yang mėmpunyai nilai ėkonomi tinggi. Kabar baiknya, strawbėrry tėrmasuk buah yang bisa ditanam sėcara hidroponik. Sudah banyak pėtani-pėtani Indonėsia yang bėralih dari sistėm bėrcocok tanam konvėsional kė sistėm hidroponik dėngan sistėm tėtės yang lėbih mudah dan praktis pėrawatannya.

Itulah kė-11 jėnis tanaman hidroponik yang mėmpunyai nilai ėkonomi tinggi untuk dibudidayakan. Anda bisa mėmilih salah satu atau bėbėrapa jėnis tanaman untuk ditanam sėkaligus di dalam maupun halaman rumah Anda. Dėngan kėbėradaan tanaman di arėa rumah, maka suasana rumah sėmakin ramai dan tampak lėbih mėnarik pastinya.


Loading...