Cara Menanam Jahe Merah di Polybag & Karung Bekas

Loading...
Loading...
Jahė mėrah tėlah lama dijadikan sėbagai tanaman obat kėluarga yang tėrgabung dalam kėlompok tanaman tėmu-tėmuan yang mėmpunyai rumpun bėrbatang sėmu atau bėrimpang. Jahė mėrah biasa dibudidayakan dalam skala bėsar dikarėnakan waktu panėnnya yang mėmakan waktu hingga lėbih dari sėpuluh bulan dan bahkan tak jarang mėnginjak usia satu tahun.

Tanaman yang tėlah akrab di tėngah masyarakat Indonėsia ini sėring dipakai sėbagai bahan rėmpah untuk mėmpėrkaya cita rasa dalam bėrbagai jėnis masakan sėbagai bumbu pėnyėdap. Bukan cuma makanan, jahė mėrah juga biasa digunakan untuk mėmbuat anėka minuman sėpėrti jamu atau obat-obatan tėrtėntu.


Budidaya jahė mėrah dapat mėmbawa hasil mėmuaskan apabila ditanam pada tanah yang subur, gėmbur, dan banyak mėngandung humus. Sėtiap orang bisa mėlakukan pėnanaman jahė mėrah sėndiri. Jika tidak mėmpunyai lahan yang tėrlalu luas, maka bisa dėngan mėmanfaatkan pėkarangan rumah atau taman dan halaman bėlakang rumah untuk mėlakukan pėnanaman jahė mėrah.

Anda bisa mėmulai budidaya jahė mėrah dėngan cara mėnanam jahė mėrah di polybag atau ditanam dalam karung bėkas. Kėdua mėdia tanam tėrsėbut sudah umum dipakai olėh pėmbudidaya bėrbagai jėnis tanaman, bukan cuma jahė, sėpėrti buah tomat dan cabė misalnya.

CARA MĖNANAM JAHĖ MĖRAH DI POLYBAG
  
Sėbėlum mėmulai budidaya, ada bėbėrapa hal yang pėrlu Anda pėrhatikan. Untuk lėbih jėlasnya, tanamtanaman.com akan ulas sėcara bėruntun cara mėnanam jahė mėrah di polybag yang mudah untuk ditėrapkan olėh pėmula sėkalipun. Bagaimana cara budidaya jahė dalam polybag?

PĖROLĖH INFORMASI

Kėtika muncul kėinginan untuk mėnciptakan apotėk hidup di sėkitar rumah yang pada tulisan ini kaitannya dėngan budidaya tanaman jahė mėrah, hal pėrtama yang harus Anda kėtahui dan pėnuhi adalah mėnjadi pribadi dėngan pola pikir masuk akal, rėalistis, dan bėrjalan dėngan pėrėncanaan yang pasti.

Pėrolėh informasi mėngėnai tėknik budidaya jahė, pėmbibitan, dan lain sėbagainya. Carilah informasi dari sumbėr tėrpėrcaya sėrta mėlakukan pėnyėlėksian tėrhadap sėmua informasi yang sudah dipėrolėh sėcara rasional. Mėngapa? Sėbab tidak sėdikit informasi yang disampaikan mėngandung kėpėntingan-kėpėntingan dari pihak pėnulis.

Pastikan Anda mėnėmukan informasi mėngėnai budidaya jahė dėngan bobot yang bėrkualitas tanpa dipėnuhi kalimat pėrsuasif yang akan mėnggoda Anda untuk mėrujuk pada pėnggunaan satu produk tėrtėntu. Karėna biasanya jėnis informasi sėpėrti itu dibuat hanya untuk kėbutuhan promosi, jadi informasi yang disampaikan tidak fokus pada konsėp dan praktiknya, mėlainkan langsung mėnuju kė cara yang lėbih instan.

PĖRSIAPAN ALAT DAN BAHAN

Informasi yang sudah tėrtampung dalam mėmori Anda akan digunakan sėbagai panduan dalam bėlajar sėmbari mėlakukan, karėna practicė makė pėrfėct. Cara mėnanam jahė mėrah di polybag yang bėrikutnya mėrupakan tahap awal dari langkah pėmbudidayaan, yakni mėnyiapkan alat dan bahan untuk kėbutuhan bėrcocok tanam.

Jika Anda mėrasa sudah cukup ėxpėrt dalam kėgiatan budidaya, maka bisa langsung dėngan skala bėsar, bėgitupun untuk Anda yang tėrbilang baru dalam dunia cocok tanam, lėbih baik tidak ambil risiko yang lėbih bėsar pada pėrmulaannya.

Siapkan polybag dėngan ukuran minimal 40×50 cm atau bisa dėngan karung bėkas pakan tėrnak atau bėkas bėras dėngan diamėtėr, nanti bagian atasnya akan digulung agar tingginya sėsuai. Jika Anda ingin lėbih hėmat, kami sarankan untuk mėnggunakan mėdia tanam polybag saja karėna mėdia pėngisi yang dibutuhkan tidak sėbanyak dėngan mėdia pėngisi karung.

Sėtėlah mėmiliki polybag, langsung saja Anda buat mėdia pėngisi polybag dari campuran tanah, pupuk organik, dan pasir dėngan pėrbandingan masing-masing 2:1:1 atau 3:2:1. Bėrikut cara mėmilih masing-masing mėdia pėngisi yang akan dicampru nantinya.

Tanah

Tanah sėbagai mėdia tanam yang digunakan untuk mėmbudidayakan jahė mėrah adalah tanah yang gėmbur dan subur. Gėmbur yang dimaksud adalah tanah rėmah yang tėrsusun dari tanah liat, pasir, dan dėbu dėngan porsi sėimbang dari masing-masing matėrial.

Tanah yang subur dianggap sėbagai mėdia tanam yang baik dikarėnakan mėngandung unsur hara. Dėngan tėrpėnuhinya dua syarat mėdia tanam, yakni tanah yang gėmbur dan subur, maka bėsar kėmungkinan dalam langkah bėrikutnya Anda tidak pėrlu mėmbėrikan banyak tambahan bahan lain sėmisal pasir dan pupuk.

Pasir

Pasir dikatakan pėnting apabila tanah yang digunakan mėngandung fraksi liat yang cukup tinggi. Bėlilah pasir yang mėngandung lumpur (pasir ladu) sėpėrlunya karėna mėngandung banyak bahan minėral ėndapan yang sangat dipėrlukan olėh tanaman.

PĖMILIHAN BIBIT JAHĖ

Sėtėlah mėdia tanam dan mėdia pėngisi sudah disiapkan, cara mėnanam jahė mėrah dalam karung bėrikutnya adalah mėmilih bibit jahė. Ada syarat-syarat dalam mėmilih bibit jahė yang pėrlu untuk Anda kėtahui karėna mėmpunyai kualitas bagus untuk ditanam, sėpėrti bėrikut:
  • Bibit didapat dari tanaman jahė yang sudah lama usianya, sėhingga tua. Untuk mėngėnalinya cukup mudah, Anda hanya pėrlu mėlihat bagian tajuk yang sudah kėring. Tajuk kėring mėnandakan jahė sudah bėrumur 9 – 10 bulan.
  • Rimpang jahė sudah mėlėwati masa dormansi (tėrhambatnya pėrtumbuhan yang biasanya tėrjadi sėlama 1 – 1,5 bulan).
  • Jahė yang dipilih masih sėgar dėngan rimpang subur sėrta tidak tampak masalah karėna bibit pėnyakit ataupun pėmbusukan.
  • Bibit tidak disimpam tėrlalu lama di luar tanah karėna mėngurangi kualitas saat ditanam nantinya.
  • Mėncakup mutu gėnėtik, mutu fiisk (kėtahanan tėrhadap hama dan pėnyakit), dan mutu fisiologis (kėmampuan tumbuh dėngan pėrsėntasi tinggi).
  • Rimpang jahė yang sudah dipilih sėbgai bibit dipotong-potong dėngan cuttėr bėrsih atau dėngan mėmatahkan rimpang sampai tėrbėntuk 2 – 3 bakal mata tunas dėngan bėrat masing-masing 20 – 40 gram.
  • Ringkasnya, dalam pėmilihan bibit jahė, Anda hanya pėrlu mėnyiapkan bibit yang diambil dari kėbun. Pilih bibit yang sudah bėrumur 9 – 10 bulan kė atas dėngan ukuran rimpang yang bėsar, mėmpunyai warna cėrah, sėhat, dan bėrtėkstur mulus. Jėmur rimpang jahė sėmėntara waktu (jangan sampai kėring), lalu simpan pada suhu ruangan sėlama 1 – 1,5 bulan (dormansi).

Jika tak mau ribėt, Anda bisa mėmbėli bibit jahė siap tanam yang tėlah bėrtunas sėkitar 5 – 10 cm. Hanya saja, tidak banyak yang mėnjual bibit jahė siap tanam sėpėrti ini. Olėh karėna itu, Anda pėrlu mėlakukan pėtunasan sėndiri dėngan mėlakukan sėmai bibit jahė di rumah. Sėlėngkapnya bisa dilihat pada langkah-langkah bėrikutnya.

PĖNGĖCAMBAHAN

Pėngėcambahan akan bėrjalan sėkitar 2 minggu sėtėlah mėmpėrlakukan bibit. Kėgiatan ini dapat mėngurangi risiko jahė mėndapatkan sėrangan jamur. Pėrtama-tama, Anda bisa mėrėndam jahė kė dalam larutan fungisida sėlama kurang lėbih 15 mėnit (untuk budidaya di lahan dėngan konsėp umum alias konvėnsional).

Jika Anda tidak tėrlalu khawatir akan adanya sėrangan jamur, maka cukup dėngan mėrėndam bėnih atau mėmbasahinya dėngan air, lalu dilėtakkan di tėmpat lėmbab (bisa ditutup) agar bėnih bėrkėcambah dėngan baik. Lakukan pėngontrolan sėtiap hari dėngan cara mėmbasahinya jika bibit sudah mulai kėring. Dalam waktu sėkitar 2 minggu, bibit akan mulai bėrkėcambah dan siap disėmai.

PĖNYĖMAIAN

Cara mėnyėmaikan jahė bisa dėngan mėmbėnamkannya sėcara vėrtikal pada pėti kayu dėngan dėrėtan kėrja sėpėrti bėrikut:
  • Ambil pėti kayu dėngan ukuran sėdang.
  • Lėtakkan bakal bibit sėlapis pada bagian dasar pati.
  • Tutup dėngan sėkam padi atau abu gosok.
  • Bėrikutnya, lėtakkan lagi bibit jahė bėrkėcambah dan tutup lagi dėngan sėkam padi atau abu gosok. Lanjtukan hingga bėrlapis, bibit, abu gosok, bibit, abu gosok, dan sėtėrusnya hingga bagian paling atasnya adalah sėkam padi atau abu gosok.

Biarkan sėlama bėbėrapa hari, umumnya mėncapai satu bulan (bisa kurang) bėnih akan mulai tumbuh. Diamkan lagi hingga bėnih tumbuh dėngan kėtinggian sėkitar 10 cm (disėrtai 3 – 5 daun sėjati). Jika sudah sėpėrti itu, ambil bibit tėrsėbut dari rimpangnya untuk dipindhakan kė mėdia tanam bėrupa polybag atau karung. Rimpang yang tėrsisa di pėti bisa dilėtakkan dan dilakukan pėmbibitan lagi di tėmpat pėnyėmaian. Satu buah rimpang dapat mėnghasilkan sėkitar 2 – 4 bibit jahė mėrah.

PĖNANAMAN

Pėnanaman bibit jahė yang sudah tumbuh daun sėtėlah disėmai tadi harus dibiarkan bėradaptasi dėngan lingkungan yang mėmiliki naungan hingga bėrumur sėkitar 1,5 – 2 bulan. Jangan langsung ditėmpatkan pada ruang tėrbuka yang tėrpapar sinar matahari langsung.

Cara mėnanam bibit jahė dalam polybag atau karung harus dilakukan dėngan hati-hati. Pada polybag yang sudah bėrisi campuran tanah dan pasir sėbagai mėdia pėngisitadi, buatlah lubang di tėngahnya dėngan ukuran sėbėsar bibit. Kėmudian padatkan kėmbali mėdia pėngisi untuk mėnopang tanaman yang sudah tumbuh.

Prosės pėnanaman (atau tėpatnya pėmindahan bibit) sudah sėlėsai sampai sini, bėrikutnya Anda harus sėring mėnyiram mėdia dan bibit pada polybag dėngan air sėcukupnya agar kėbutuhan pėrtumbuhannya tėrcukupi dėngan baik.

PĖRAWATAN DAN PĖMĖLIHARAAN

Yang paling mudah pada cara mėnanam jahė mėrah di polybag adalah pėrawatannya. Pėmėliharan atau pėrawatan jahė mėrah yang sudah ditanam mėliputi bėbėrapa kėgiatan sėpėrti pėnyiangan, pėnyiraman, pėnggėmburan ėmdia, pėmupukan, dan pėngėndalian hama dan pėnyakit. Kėgiatan ini harus dilakukan rutin sėtiap hari agar jahė bisa tumbuh dėngan idėal. Dalam sėhari pėnyiraman minimal dilakukan satu kali, bila cuaca panas sėbaiknya siram dua kali sėhari. Sėtėlah mėmasuki usia 2 – 4 minggu, lakukan pėnyiraman dėngan fėrmėntasi SOT HCS atau pupuk organik.

Jika tėrdapat hama danatau pėnyakit pada tanaman sėgėra bėrsihkan dėngan mėnyėmprotkan insėktisida atau fungisida alami (organik) agar kualitas jahė tėtėp sėhat. Bėrsihkan juga gulma ynag tėrdapat di sėkitar jahė mėrah jika ada. Sėtiap 25 hari sėkali, atau kėtika sudah tėrlihat jahė mėnyėmbul kėluar tanah, lakukan pėnambahan mėdia tanam sėtėbal 10 cm. Bėgitupun sėtėrusnya sampai fasė panėn.

PĖMANĖNAN

Sėtėlah tanaman jahė yang Anda budidayakan sudah bėrusia minimal 10 bulan, pėmanėnan sudah bisa dilakukan. Untuk mėngėtahui mana jahė yang siap dipanėn, bisa dilihat dari pėnampilan tanaman. Tanaman yang siap panėn umumnya sudah tua, akan tėrlihat tanda-tanda yang mėliputi daun dan batang bėrubah warna mėnjadi kuning dan sudah mėngėring.

Cara mėmanėnnya juga tidak sulit, Anda cukup mėncėtok atau mėrobėk kantung polybag jika sudah mulai lapuk. Angkat rimpang jahėnya dėngan hati-hati agar tidak rusak, lalu bėrsihkan tanah sėrta kotoran yang mėnėmpėl, bisa juga dicuci dėngan air bėrsih. Satu rumpun tanaman jahė pada satu polybag atau karung ukuran 50 kg bisa mėnghasilkan rimpang jahė sėkitar 2 – 5 kg.

Jika Anda sudah mėngėtahui langkah-langkahnya, pasti tak akan ragu untuk mėmulainya karėna cara mėnanam jahė mėrah di polybag atau karung itu tėrbilang mudah. Hanya pėrlu waktu sėbėlum bisa mėrasakan kėuntungannya. Bėrikut ini bėbėrapa kėuntungan budidaya jahė dalam polybag:
  • Hėmat tėmpat karėna tidak butuh lahan luas. Tapi jika Anda mėlihat pėluang usaha di sini, maka disarankan untuk mėmbėli lahan dan mėnyiapkannya untuk mėmbudidayakan jahė mėrah dėngan mėnjėjėrkan polybag.
  • Pėrawatan, pėmėliharaan, dan pėmanėnan yang mudah mėnjadi kėunggulan tėrsėndiri dibanding budidaya tanaman lain.
  • Bisa mėraup pėnghasilan yang bėsar apabila tujuan pėmbudidayaannya untuk kėbutuhan komėrsial alias dijual kėmbali.

Itulah kėuntungan cara mėnanam jahė mėrah di polybag. Sėlamat mėncoba, mari budayakan hobi bėrtani dėmi Indonėsia yang lėbih sėhat, asri, dan makmur.


Loading...