Cara Menanam Kedondong dalam Pot

Loading...
Loading...
Tabulampot kedondong atau cara menanam kedondong dalam pot. Pastinya, banyak dari Sahabat Inspirasi Berkebun yang sudah mengenal buah kedondong. Buah yang rasanya asam manis ini banyak sekali disukai banyak orang, terutama untuk dijadikan manisan atau rujak. Kedongdong juga bisa ditanam di dalam pot atau lebih dikenal dengan sebutan tabulampot kedondong.

Sifat-sifat Kedondong
Pohon kedondong merupakan salah satu tanaman besar yang tingginya dapat mencapai hingga 20 meter. Tanaman kedondong ini pada umumnya terdapat di daerah tropis dan lebih menyukai tanah di dataran rendah sebagai tempat tumbuh tanaman kedondong. Bentuk buah kedondong bulat lonjong dengan kulit berwarna hijau. Akan tetapi, pada saat buah kedondong matang, kulitnya akan berubah menjadi kuning dan mudah dikupas.

Syarat Tumbuh Kedondong
Syarat tumbuh tanaman kedondong, suhu yang dibutuhkan oleh tanaman kedondong untuk tumbuh sekitar 30° Celcius dengan kelembapan sekitar 14% serta curah hujan yang diinginkan berkisar 1.000 mm hingga 1.500 mm per tahun.

Bibit Kedondong
Salah satu jenis kedondong yang paling diminati ialah jenis kedondong kerikil. Jenis kedondong ini memiliki ukuran buah yang tidak begitu besar, namun mempunyai bau dan rasa yang khas. Buahnya sering digunakan untuk rujak manis atau rujak petis. Bibit tanaman kedondong kerikil banyak disediakan oleh penjual bibit di pasaran tanaman Indonesia.

Memindahkan Bibit dari Polibag ke Pot
Pertama sediakan pot plastik dengan diameter 35 cm hingga 40 cm. Masukkan pecahan genting ke dalam pot plastik tersebut, kemudian masukkan media tanam. Media tanam yang digunakan biasanya berupa campuran pasir, tanah dan kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1, campuran pasir, pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 1 : 1 : 1 atau bisa juga campuran sekam, tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 2 : 1.

Kedua keluarkan bibit kedondong secara perlahan dari polibag, kemudian masukkan bibit kedondong kedalam pot. Perlu di perhatikan perakarannya, jangan sampai perakarannya terputus. Apabila perakaran dirasa telah terlalu panjang, lakukan perompesan, kemudian sisakan sekitar 30 cm saja.

Ketiga tambahkan media kedalam pot sampai ketinggian hampir menyentuh bibir pot, kemudian siram sampai media cukup basah.

Terakhir letakkan media di tempat yang teduh selama 1 minggu. Setelah 1 minggu, tanaman kedondong dapat diletakkan di tempat yang mendapatkan pencahayaan sinar matahari penuh.
Tabulampot Kedondong - Cara Menanam Kedondong dalam Pot 
Perawatan Tabulampot Kedongdong
Penyiraman
Penyiraman dapat dilakukan 2 hari sekali, tergantung pada kondisi cuaca di rumah sahabat Inspirasi Berkebun. Penyiraman dapat menggunakan air sungai, air PAM, atau air sumur. Akan tetapi, jika menggunakan air PAM, sebaiknya air diendapkan terlebih dahulu selama 1 hari 1 malam untuk menghilangkan zat kaporit yang terkandung di dalam air tersebut.

Pemupukan
Pertama sejak berumur 1 bulan hingga berumur 2 tahun, berikan pupuk NPK 15-15-15 sebanyak 25 gram untuk 1 pot setiap 3 bulan sekali.

Kedua pemupukan ditambahkan pada saat buah mulai terbentuk, yakni dengan campuran urea, KCl dan TSP dengan perbandingan 1 : 2 : 1 atau 1 : 2 : 2. Benamkan pupuk campuran tersebut sebanyak 50 gram untuk 1 pot.

Ketiga setelah berumur 3 tahun dan seterusnya, pemberian pupuk NPK 15-15-15 ditingkatkan menjadi 100 gram untuk 1 pot. Cara pemupukannya, benamkan pupuk NPK sedalam 10 cm, kemudian siram sampai media cukup basah.

Pemangkasan
Pemangkasan tanaman kedondong dilakukan dengan cara hanya menyisakan satu batang utama setinggi sekitar 100 cm, 3 cabang primer setinggi sekitar 50 cm, 9 cabang sekunder setinggi sekitar 50 cm dan beberapa cabang tersier untuk menghasilkan pembungaan yang maksimal.

Penggantian Media
Penggantian media dapat dilakukan dua tahun sekali, bahkan ada petani yang melakukan penggantian media satu tahun sekali. Patokannya adalah apabila media telah terlalu keras, penggantian media perlu dilakukan. Apabila tanaman sudah terlalu besar, penggantian media dilanjutkan dengan cara penggantian pot yang lebih besar. Campuran media yang digunakan sama dengan media sebelumnya.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara menanam kedondong dalam pot agar cepat berbuah lebat. Semoga tulisan sederhana ini dapat membantu Sahabat Inspirasi Berkebun dalam bertabulampot kedondong. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: Panduan Bertanam
Loading...