Cara Menanam Mentimun Secara Hidroponik

Loading...
Loading...
Mentimun atau timun ialah salah satu tanaman yang baik untuk di tanam secara hidroponik. Selain karena perawatan tanaman mentimun secara hidroponik yang mudah, buah mentimun yang di tanam dengan menggunakan sistem hidroponik juga dapat berpotensi mempunyai kandungan air lebih banyak dan memiliki ukuran yang lebih besar.

Banyak yang bertanya apa itu sebenarnya metode penanaman secara hidroponik? Metode menanam secara hidroponik ialah sebuah metode budidaya tanaman yang tidak menggunakan media unsur hara, melainkan menggunakan unsur air.

Maka dari itulah mengapa mentimun yang di tanam dengan sistem hidroponik ini bisa mempunyai kandungan air yang lebih banyak, mengingat media penanamannya sendiri merupakan dari air. Walaupun begitu, akan tetapi tanaman mentimun juga tetap membutuhkan media penanam lain.

Pada tulisan kali ini kami akan membahas bagaimana cara menanam mentimun secara hidroponik. Langsung saja Apa sajakah media tanam yang di butuhkan Sahabat inspirasi Berkebun untuk menanam timun secara hidroponik, serta cara menanam timun hidroponik. Berikut langkah-langkah lengkapnya.
Cara Menanam Mentimun Secara Hidroponik
Pertama Pemilihan Bibit
Untuk memperoleh buah mentimun yang baik, tentu bibit yang di gunakan juga harus baik atau memiliki kualitas yang tinggi. Setelah bibit mentimun yang berkualitas diperoleh, langkah selanjutnya adalah bibit mentimun langsung di semai menggunakan media semai.

Sahabat Inspirasi Berkebun membutuhkan kain kanvas basah dan kertas koran untuk media penyemaian bibit mentimun. Cara penyemaian bibit timun ini ialah dengan cara meletakkan biji mentimun pada media tersebut, selanjutnya lipat-lipat kain dan kertas koran. Kemudian masukkan dalam plastik dan tunggu sampai biji mentimun berubah menjadi kecambah.

Apabila biji mentimun telah mengeluarkan tunasnya, maka langkah selanjutnya adalah memindahkan kecambah timun pada media tanam.

Kedua Penanaman
Langkah penanaman di lakukan pada media tanam yang terdiri dari beberapa pilihan yaitu padi kering yang di bakar (arang sekam), gambus, pasir dan gambut. Pilihlah salah satu media tersebut, akan tetapi media yang paling kami sarankan yaitu menggunakan media arang sekam.

Setelah Sahabat Inspirasi Berkebun sudah menentukan media yang akan digunakan, cara menanam mentimun secara hidroponik berikutnya ialah dengan menyiapkan bahan-bahan lain seperti pot kecil, kertas, pipa pralon, gunting, air secukupnya dan air untuk penyokong.

Cara membuat media penanam ini adalah pertama-tama lubangi pada bagian ujung pot dengan ukuran 1 mm hingga 3 mm. Selanjutnya masukkan arang sekam pada pot yang telah dilubangi tersebut. Setelah itu, lubangi pipa paralon dengan jarak perlubang sekitar 10 cm hingga 15 cm, besar lubang tersebut menyesuaikan dengan ukuran pot plastik.

Pada kedua ujung pipa paralon ditutup supaya larutan nutrisi tidak tumpah. Setelah itu air yang di siapkan dengan bahan alumunium atau kayu di pasangkan. Apabila semua media telah siap, cara menanam mentimun secara hidroponik berikutnya ialah dengan cara menanamkan bibit mentimun pada pot yang sudah diberi arang sekam. Setelah bibit dibenamkan pasangkan pot pada lubang-lubang pipa paralon.

Saran dari kami usahakan pada bagian bawah pot menyentuh ujung bawah pipa supaya larutan nutrisi dapat masuk kedalam pot tersebut.

Ketiga Perawatan
Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa proses perawatan dalam cara menanam mentimun secara hidroponik termasuk cukup mudah. Sahabat Inspirasi Berkebun hanya perlu mengontrol pertumbuhan rumput dan gulma yang bisa menghambat pertumbuhan mentimun.

Sahabat Inspirasi Berkebun juga harus rajin memberikan nutrisi yang sudah di larutkan dengan air, cara pemberian nutrisinya ialah dengan cara nutrisi dimasukkan pada lubang paralon. Apabila tanaman mentimun mempunyai penyakit atau mendapat serangan hama, maka Sahabat Inspirasi Berkebun bisa menyemprotkan fungisida.

Dengan media dan perawatan yang sangat mudah dan simpel, Sahabat Inspirasi Berkebun dapat mencoba cara menanam mentimun secara hidroponik ini di lingkungan rumah.
Mentimun Secara Hidroponik
Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara menanam mentimun secara hidroponik. Semoga tulisan kami ini dapat menambah wawasan Sahabat Inspirasi Berkebun dalam berhidroponik. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: sistem hidroponik.com /cara-menanam- timun-hidroponik/
Loading...