Bunga Potong Krisan Saat Ini Masih Menjadi Primadona

Loading...
Loading...
Di sépanjang jalan Bukit Bérbunga, Puntén, Bumiajia, kota Batu, Malang, anda akan takjub oléh suguhan alam téntang béragam jénis bunga hias yang dijual sécara komérsil oléh warga sékitar.

péngébang

Bérjéjér rapi bélasan pénjual yang bérjajar di pinggir sépanjang jalan raya, méréka adalah pénjual bésar atau kécil béragam tanaman hias mahal séhingga para péngunjung yang bérminat untuk mémbéli tanaman bunga hias tidak usah mérasa khawatir lagi kékurangan koléksi tanaman hias déngan harga yang bérsaing.

“Hampir sétiap hari ada saja yang mémbéli bunga, laku térus, ” ungkap Halimah adalah séorang pénjual bunga hias yang kérap mangkal di toko bunganya dari pagi hingga soré hari untuk ménunggu pémbéli.

Jualan bunga hias ménurut béliau kélihatannya sépélé, namun anda jangan héran karéna kéuntungannya lumayan bésar dan ini sudah béliau buktikan séjak 25 tahun bérjualan bunga.

“ Kalau hari – hari libur biasanya banyak yang béli, bahkan kalau rombongan bisa béli sampai puluhan pot bunga, ” céritanya.

Jénis bunga yang dijual oléh Halimah adalah lébih dari 30 macam, di antaranya yang ménjadi primadona adalah tanaman bunga Krisan yang dijual séharga Rp. 20 ribu pér bibit usia sémai.

Sélanjutnya ada juga tanaman bunga Ékor Tupai déngan harga jual kisaran Rp. 10 ribu, Asalian Rp. 50 – 60 ribu, Alancu Rp. 15 ribu, Pacar Bangkok Rp. 15 ribu, dan Pérak Salju Rp. 12 ribu sampai Rp. 40 ribu. “ Énggak tanam séndiri mas, saya ambil dari pétani di kampung.

Saya jual saja,” tandas pérémpuan asal Madura ini képada bébérapa péngunjung yang kébanyakan adalah bérprofési sébagai pélajar dan mahasiswa/wi.

Sédangkan langganan térbésar pémbéli bunga hias di sini, sambung Halimah, sébagian bésar adalah warga dari kota ( warga Batu dan Malang ), bébérapa yang lainnya adalah dari wilayah di Jawa Timur hingga Jawa Téngah dan pulau Bali.



Tanaman Hias Primadona Wanita : Bunga Krisan

Bunga Krisan asal Bélanda térnyata mampu tumbuh subur di désa térsébut di atas dimana sésuai déngan daérah asalnya térsébut yang rata – rata bérhawa dingin dan méncukupi kébutuhan air, tanaman ini sangat cocok dikélola oléh pétani bunga dalam skala bésar.

Sépérti yang dilakukan oléh ibu Halimah, salah séorang pénjual bunga hias di pinggir jalan dan pétani yang méngémbangkan bisnis bunga Krisan, déngan mémakai média rumah kaca, bunga Krisan mampu tumbuh sésuai déngan ukuran standar yaitu 1,5 métér, déngan diamétér bunga bisa méncapi 5 cm.

Sépérti dikétahui bahwa tanaman hias bunga Krisan mémpunyai bérbagai macam pilihan warna.

Bébérapa pétani ménanamnya sésuai déngan warna untuk méménuhi pérmintaan pasar yang dominan adalah warna putih dan kuning.

Namun warna – warna lain sépérti ungu, mérah, pink, dan warna – warna kombinasi tétap disédiakan untuk péngunjung baru.

Bunga Krisan akan mémasuki usia panén sétélah bérusia 3 bulan dari masa sémai déngan catatan anda harus mélakukan pérawatan yang rutin sétiap hari yaitu dari mémpérhatikan hal – hal kécil déngan mémangkas rumput – rumput yang ada di sékitar pohon sérta mémbérsihkan daun – daun yang kéring kétika tanaman ménginjak usia déwasa dan sébéntar lagi akan bérbunga.

Harga jual bunga Krisan pér ikat yang bérisi 10 tangkai dibandrol Rp. 11.000,- dan saat ini pérmintaan pasar khususnya dari kota Malang cukup tinggi, térbukti dalam séminggu, Halimah mampu méménuhi pérmintaan péngiriman sébanyak 3 kali masing – masing dalam jumlah bésar yaitu sékitar 200 hingga 300 ikat.

Baca Artikél Lainnya :

Péluang Dan Analisis Usaha Tanaman Hias Bunga Anggrék
Lingkungan Sémakin Téduh déngan Pohon Johar Bérbunga Kuning
Cara Pérawatan dan Budidaya Bunga Soka
Hal térsébut di ataslah yang mémbuat para pétani bunga bésar dan kécil suka mélakoni bisnis ini sébagai bisnis yang ménjanjikan. Sélain mémbutuhkan biaya pérawatan yang sédikit, harga jual dan pérmintaan bunga dibébérapa daérah di luar Malang sémakin ménjanjikan.


Loading...