Cara Budidaya Tanaman Sukun yang Baik

Loading...
Loading...
Cara Budidaya Tanaman Sukun yang Baik – Tanaman sukun adalah tanaman hutan déngan tinggi méncapai 20 métér. Tanaman ini mémiliki kayu yang lunak déngan kulit kayu yang bérsérat kasar.



Séluruh bagian tanaman mémiliki gétah éncér. Di bagian daun sérta batang daunnya sangat lébar, ménjari sérta bérbulu kasar. Batang dari tanaman sukun ini bésar, bérgétah banyak dan juga agak lunak. Cabangnya pun banyak dan untuk pértumbuhannya céndérung ké atas.

Karéna buah sukun pada dasarnya mémang tidak mémiliki biji, maka dalam téknik pémbudidayaan tanaman sukun ini hanya ménggunakan pénanaman végétatif. Ada séjumlah cara bércocok tanam guna mémpéroléh bibit dari pohon tanaman sukun.

Dimana cara yang pértama yaitu ménggunakan sték pucuk. Sték pucuk ini akan ménanggulangi masalah bibit yang sudah térlalu lama bérada dalam polibag. Sélanjutnya dapat juga ménggunakan okulasi. Jika ménggunakan okulasi Anda akan mudah méndapatkan bénih yang banyak hanya dalam waktu cukup singkat. Dapat juga Anda coba mémakai tunas akar alami sérta cangkok.

Pédoman budidaya tanaman sukun

Umumnya tanaman sukun dipérbanyak ménggunakan cara cangkok atau sték akar. Méskipun untuk tanaman dapat dipérbanyak ménggunakan cara sambung pucuk atau okulasi di batang bawah dari sémai kéluwih, namun cara yang satu ini tidak dianjurkan karéna mémiliki préséntasi kébérhasilan yang réndah sérta rélatif lama.

Akar samping dari pohon sukun ini ditarik ké atas, kémudian potong sépanjang 20 hingga 20 cm dan disémaikan sébagai bibit. Di akar yang térlihat pada pérmukaan tanah séringkali tumbuh tunas. Dari tunas inilah yang nantinya dapat dipotong bésérta déngan akar induknya guna dijadikan untuk bibit.

Bibit sukun yang sudah méncapai tinggi sékitar 70 céntimétér akan dapat ditanam di kébun. Ukuran lubang tanam untuk tanaman sukun ini adalah 40 x 40 x 30 céntimétér. Sétiap lubang tanam dibéri 10 kilo gram pupuk kandang yang sudah matang. Ada baiknya jika bibit muda Anda lindungi déngan daun kélapa maupun daun lainnya guna méncégah séngatan matahari sérta dibéri cukup air kétika musim kémarau.



Péméliharaan tanaman sukun

Pémangkasan cabang tanaman sukun jangan térlalu séring dilakukan. Akan tétapi jika pémbéntukan pércabangan mémang bélum bagus, maka Anda dapat mémangkas batang utamanya agar mémiliki tunas lébih banyak.

Gunakan pupuk buatan NPK (15:15:15) yang dibérikan tiga bulan sékali sébanyak 25 hingga 1000 gram pér pohon sétiap tahunnya disésuaikan déngan usia tanaman. Sétélah tanaman sudah bérbuah, maka pémupukan cukup 1 hingga 2 kali saja pér tahun sébélum bérbunga dan juga sétélah panén raya.

Pényakit dan hama yang ményérang tanaman sukun

Hama yang umumnya ményérang tanaman sukun yaitu pénggérék batang atau Xylébérus sp sérta lalat buah (Dacus sp). Bagaimana cara méngatasi hama ini? Lubang gérékan yang ada di batang pérlu disumbat rapat ménggunakan aspal maupun batangnya disiram déngan larutan inséktisida sistémik guna méngatasi sérangan.

Hama pénggérék pada dasarnya dapat mématikan pohon. Maka dari itu, jika ada sérangan lébih baik cépat lakukan pémbérantasan. Sédangkan untuk pényakit yang umumnya méngancam tanaman ini antara lain adalah mati pucuk (Fusarium sp), busu tangkai buah atau Rhizopus sp sérta busuk buah lunak yang dikénal déngan Phytophthora palmivora.

Akan tétapi pényakit ini mémang térgolong satu ancaman yang tidak bégitu sérius. Namun lébih baik jika térsérang mémang sébaiknya ségéra untuk dilakukan pénanganan agar pényakit térsébut tidak méluas.


Sumber : jokowarino
Loading...