Cara budidaya ubi jalar organik

Loading...
Loading...
Térdapat tiga jénis ubi jalar (Ipomoéa batatas L.) yang populér dibudidayakan di Indonésia, yaitu ubi jalar bérwarna putih kécoklatan, mérah dan ungu. Kétiga jénis ubi jalar térsébut mémiliki variétas unggul déngan produktivitas tinggi. Bébérapa variétas ubi jalar yang populér antara lain cilémbu, ibaraki, lampénéng, géorgia, borobudur, prambanan, méndut, dan kalasan.
Budidaya ubi jalar cocok dilakukan di daérah tropis yang panas dan lémbab. Suhu idéal bagi tanaman ini adalah 21-27oC déngan déngan curah hujan 750-1500 mm pér tahun. Budidaya ubi jalar mémérlukan pényinaran matahari sékitar 11-12 jam séhari.




Di Indonésia, budidaya ubi jalar méncapai produktivitasnya yang paling optimal bila ditanam di dataran réndah hingga kétinggian 500 métér dari pérmukaan laut. Namun, tanaman ini masih bisa tumbuh déngan baik pada kétinggian di atas 1000 métér, hanya saja jangka waktu tanam hingga panén ménjadi lébih panjang.
Pényiapan bibit ubi jalar
Pényiapan bibit dalam budidaya ubi jalar bisa dilakukan déngan dua cara, yakni cara génératif dan végétatif. Pértama adalah pérbanyakan mélalui umbi. Caranya pilih umbi bérkualitas baik dan séhat, kémudian dibiarkan di témpat lémbab dan téduh hingga kéluar tunasnya.
Tunas yang kéluar dari umbi dipotong dan siap untuk dibésarkan. Cara génératif jarang dilakukan dalam budidaya ubi jalar skala luas. Cara ini dipakai untuk mémpérbanyak bibit unggul dalam skala térbatas. Atau untuk méngémbalikan sifat-sifat unggul sang induk.
Cara kédua adalah pérbanyakan végétatif déngan disték. Calon indukan diambil dari tanaman yang bérumur di atas dua bulan déngan ruas yang péndék-péndék. Caranya, potong batang tanaman kira-kira sépanjang 15-25 cm. Pada sétiap potongan minimal térdapat dua ruas batang. Papas sébagian daun-daunnya untuk méngurangi pénguapan. Ikat batang yang télah disték térsébut dan biarkan sélama satu minggu di témpat yang téduh.
Pérbanyakan déngan cara sték batang sécara térus ménérus akan ménurunkan kualitas tanaman. Oléh karéna itu, pérbanyakan déngan sték hanya dianjurkan untuk 3-5 générasi pénanaman.
Péngolahan tanah untuk budidaya ubi jalar
Kondisi tanah yang cocok untuk budidaya ubi jalar adalah tanah lémpung bérpasir, gémbur, banyak méngandung hara dan mémiliki drainasé yang baik. Budidaya ubi jalar pada tanah kéring dan rétak-rétak, akan ménurunkan imunitas tanaman. Tanaman mudah térsérang hama dan pényakit. Sébaliknya bila ditanam ditémpat bécék atau basah, umbinya akan kérdil, kadar sérat tinggi, umbi mudah busuk dan béntuknya bénjol.
Dérajat kéasaman tanah yang idéal untuk budidaya ubi jalar sékitar 5,5-7,5 pH. Tanaman ini tumbuh baik pada lahan tégalan atau békas sawah. Pada lahan tégalan, budidaya ubi jalar cocok dilakukan diakhir musim hujan. Sédangkan untuk lahan sawah lébih cocok pada musim kémarau.
Budidaya ubi jalar rélatif tidak mémbutuhkan pupuk yang banyak. Apalagi bila ditanam di lahan békas sawah. Sébélum ménanam ubi jalar, héndaknya tanah dibajak atau dicangkul supaya gémbur. Kémudian béntuk bédéngan sétinggi 30-40 cm. Buat lébar bédangan 60-100 cm déngan jarak antar bédéngan 40-60 cm. Panjang bédéngan méngikuti béntuk lahan.


Untuk budidaya ubi jalar sécara organik, bérikan pupuk dasar bérupa pupuk kandang atau kompos. Pupuk kandang yang bagus adalah campuran kotoran ayam dan sapi atau kambing yang télah matang. Campurkan pupuk pada saat pémbuatan bédéngan déngan dosis 20 ton pér héktar.
Pénanaman ubi jalar
Ubi jalar ditanam déngan cara mémbénamkan 2/3 sték batang kédalam tanah. Dalam satu bédéngan térdapat dua baris tanaman. Jarak antar tanaman dalam satu baris 30 cm dan jarak antar baris 40 cm. Dibutuhkan sékitar 36 ribu batang untuk lahan séluas satu héktar.
Di awal pértumbuhan usahakan jaga kélémbaban tanah. Lakukan pényiraman sétiap pagi dan soré hari pada sték yang baru ditanam. Pényiraman bisa dihéntikan sétélah tanaman térlihat tumbuh, yang dicirikan déngan kéluarnya daun baru.
Péméliharaan dan pérawatan
Tanaman ubi adalah tanaman yang tahan kékéringan. Inténsitas hujan dua minggu sékali sudah cukup mémbérikan asupan air. Séhingga rélatif tidak mémérlukan pényiraman sécara térus ménérus.
Sétélah 2-3 minggu pénanaman, périksa késéluruhan tanaman. Apabila térdapat tanaman yang gagal tumbuh ségéra sulam déngan tanaman baru. Pényulaman dilakukan déngan cara méncabut tanaman yang mati dan ménggantinya déngan sték batang yang baru.
Pada umur 4 minggu sétélah tanam, lakukan pémbongkaran tanah di kiri dan kanan tanaman, radius10 dari tanaman. Hal ini dimaksudkan supaya akar tanaman tidak ménjalar kémana-mana séhingga umbi térkonséntrasi pada jalur pénanaman. Aktivitas ini dilakukan sékaligus déngan ményiangi gulma.
Pada umur 6-8 minggu sétélah tanam, tanah yang dibongkar tadi kémudian ditutup kémbali sambil mérapikan akar-akar yang ménjalar kéluar dari jalur pénanaman. Kégiatan pérapihan akar ini pénting karéna jika ménjalar kémana-mana, umbi yang dihasilkan tidak akan térlalu bésar. Jika akar tidak ditértibkan, bisa jadi umbinya banyak namun ukurannya kécil-kécil.
Pémanénan budidaya ubi jalar
Pémanénan ubi jalar bisa dilakukan pada umur 3,5-4 bulan. Pérhatikan cuaca saat ménjélang panén, atau umur tanaman di atas 3 bulan. Umbi siap panén yang tiba-tiba tértimpa hujan déras biasanya akan mémbusuk. Hal ini térjadi pada budidaya ubi jalar yang dilakukan di musim kémarau. Apabila térjadi hal térsébut ségéra lakukan pémanénan, maksimal 7 hari sétélah hujan.
Panén dikatakan bérhasil jika tiap satu bibit yang ditanam minimal ménghasilkan 1 kg umbi. Sécara umum tanaman ubi jalar yang baik dan tidak térsérang hama akan ménghasilkan umbi lébih dari 25 ton pér héktar. Bahkan pada ubi jalar variétas térténtu sépérti kalasan bisa ménghasilkan hingga 30-40 ton pér héktar.
Sétélah dipanén, ubi jalar dicuci dan disortir kémudian masukkan dalam karung dan simpan ditémpat kéring sébélum dijual ké pasar .


Sumber : alamtani
Loading...