Cara Cepat Budidaya Jambu Air dengan Menggunakan Pot

Loading...
Loading...
Jambu air ialah salah satu jénis buah yang mémiliki rasa manis sérta mémiliki ragam jénis. Dimana pada buah ini, bisa dibudidayakan déngan mudah. Bahkan, bisa diproduksi dalam jumlah yang bérlimpah. Térlébih lagi, déngan adanya cara pénanaman yang lébih praktis yaitu déngan média pot ini, bisa lébih mudah untuk bérbudidaya. Untuk itu, Anda bisa méncoba untuk mélakukan budidaya jambu air dalam pot ini déngan cépat nan praktis.



Pada pélaksanaan pémbudidayaan jambu air di dalam pot ini, térdapat bébérapa komponén yang harus disiapkan térlébih dahulu. Sépérti halnya pada tahap pértama yaitu pémilihan bibit yang unggul, térmasuk pada bébérapa tips bérikut ini, yaitu:

Mémilih bibit untuk jambu air ini, akan lébih baik bila dari prosés cangkok, bukan dari biji.
Bibit déngan cara sték ini harus bérasal dari induk yang sudah bérbuah
Pémilihan bibit harus sudah bérumur, sétidaknya pada usia sték sélama 2 sampai 3 bulan.
Sétélah pada pémilihan bibit sélésai, sélanjutnya ialah prosés pénanaman. Pada pénanaman di dalam pot ini, harus bérisikan tanah yang subur sérta sésuai untuk tumbuhan jambu air ini. Tanah térsébut bukanlah sécara utuh 100%, tétapi juga dicampurkan déngan pupuk kandang déngan pérbandingan 

Kémudian, sétélah média pot dan tanahnya télah siap, jambu air siap untuk ditanamkan. Sélanjutnya ialah pénataan tanaman déngan jarak 2, 5 métér hingga 3 métér. Tujuan dari pémbérian jarak ini ialah untuk mémbérikan séla atas adanya sirkulasi udara dari antar pohon.

 Sétélah pénanaman ini sélésai, prosés budidaya tanaman jambu air masih tétap bérlanjut. Yaitu pada tahap pényiraman dan pémupukan. Pada fasé yang pértama ialah pényiraman déngan 2 kali di sétiap harinya. Cara pényiraman ini bisa dilakukan sétiap pagi dan soré hari déngan kran otomatis.

Karéna dapat mémudahkan prosés térsébut. Térlébih bila tabulampot jambu air ini dalam jumlah yang banyak. Bérbéda déngan pémupukan yang dilakukan séminggu dua kali ini, ménggunakan pupuk kandang. Akan tétapi, pémupukan ini bérlaku sékali dalam satu minggu bilamana tanaman térsébut sédang bérbuah.

Tahap ini térmasuk pada béntuk pérawatan tabulampot jambu air dari sérangan hama dan pényakit. Bilamana tanaman ini térsérang oléh satu hama ataupun pényakit, maka dapat ménggagalkan hasil panén. Untuk itu, dipérlukan pérlindungan bérupa pénanaman yang tértutup oléh kélambu. Cara ini juga jauh lébih éféktif untuk ménjaga kondisi tabulampot di sétiap harinya.

Sétélah sémua itu siap, tinggal ménunggu masa panén. Dimana untuk masa ini bisa dipanén sétiap saat karéna bukan buah musiman. Akan tétapi, tanaman jambu air ini sétidaknya télah bérusia 1, 5 hingga 2 tahun. Hingga pada usia térsébut, pada nantinya dapat bérbuah yang banyak dan bukan musiman.


Sumber  :  jokowarino
Loading...