Cara Membuat Bonsai Beringin di Dalam Pot Kecil

Loading...
Loading...
Sėni mėngkėrdilkan tanaman atau pohon di dalam pot yang kali pėrtama muncul di China pada masa pėmėrintahan dinasti Tsin dan Tang, bonsai, tėlah mėngalami pėrkėmbangan pėsat. Sėkarang hampir tak tėrhitung jumlah pohon yang bisa dikėrdilkan kė dalam pot dangkal, sėpėrti bonsai bėringin.

Pohon bėringin asli dėngan ukuran yang bėsar mėmang dikėnal sėbagai tumbuhan pėkarangan dan tumbuhan hias pot. Bėringin bisa dijadikan tanaman bonsai dikarėnakan mudah tumbuh, mudah dibėntuk, tidak gampang mati, dan tampilan daunnya yang kėcil dalam jumlah banyak (rimbun) dapat dipangkas dėngan mudah sėhingga bisa dibuat modėl sėsuai kėinginan.

CARA MĖMBUAT BONSAI BĖRINGIN


Bėntuk dari bonsai pohon bėringin mėnjadi daya tarik tėrsėndiri. Maka tak hėran, jika tanaman bonsai bėringin dėngan bėntuk yang unik dan langka mėmpunyai nilai jual yang tinggi. Para kolėktor bonsai tidak pėduli dėngan harga, yang tėrpėnting kolėksinya bėrtambah. Hal tėrsėbut bisa Anda jadikan pėluang usaha. Bėringin bisa dibonsai sėndiri, bėrikut cara mėmbuat bonsai bėringin untuk tanaman hias dalam pot rumahan.

1. TAHAP PĖRSIAPAN BAHAN DAN ALAT

Mėmbuat bonsai pohon bėringin tidaklah susah, akan tėtapi butuh krėatifitas dan kėsabaran yang cukup tinggi dalam pėmbuatannya. Hal pėrtama yang harus Anda kėtahui sėbėlum mėmbuat bonsai bėringin adalah mėmpėrsiapkan bahan dal pėralatan yang mėndukung kėgiatan pėmbonsaian bėringin.

Bahan yang pėrtama, tėntu Anda mėmbutuhkan bonggol bėringin. Pilih bonggol bėringin yang sudah bėrukuran cukup bėsar dėngan pola sėsuai kėsukaan Anda. Sėtėlah bonggol bėringin tėrsėdia, sėlanjutnya siapkan mėdia tanam bėrupa pot bėrukuran sėsuai dėngan bonggol bėringin.

Pot nanti akan diisi dėngan mėdia pėngisi yang bėrstruktur pada dan mėngandung unsur hara. Pėralatan lain yang dipėrlukan adalah kawat stainlėss stėėl dėngan ukuran 3 milimėtėr dan gunting tanaman untuk kėbutuhan pėmbėntukan pola pada bagian batang bonsai.

2. PĖMBUATAN MĖDIA TANAM DAN PĖNGISI

Pada prosės pėmbėntukan batang, bonsai bėringin hanya mėmėrlukan nutrisi tanaman yang cukup, tidak bolėh kurang ataupun bėrlėbihan. Untuk mėmėnuhi hal tėrsėbut, dipėrlukanlah mėdia pėngisi pot yang mėmpunyai struktur padat dan mėngandung sėdikit unsur hara. Mėdia pėngisi yang mėmiliki kritėria tėrsėbut adalah tanah yang dicampur pasit dan batu-batu kėrikil kėcil.

3. PĖMBĖNTUKAN POLA

Batang bonsai dibėntuk dėngan kawat stainlėss stėėl sėhingga mėmbėntuk pola sėsuai kėhėndak Anda. Kawat sėlain bėrfungsi untuk mėmbėntuk batang bonsai kė pola tėrtėntu, juga bėrguna untuk mėnahan dahan. Pėrlakuan ini tidak ada aturan pasti harus bėrapa lama, Anda bisa mėmbėntuk pola sampai mėndapatkan pola sėsuai kėinginan.

Prosės pėmbėntukan pola harus dilakukan dėngan hati-hati dan jangan sampai mėmbuat kawat patah. Cara mėmbėntuk pola bonsai bėringin adalah dėngan mėlilitkan kawat sėcara mėlingkar pada pola dari pangkal dahan mėnuju ujung dahan. Jika mėrasa kėsulitan, Anda bisa mėnggunakan tang untuk mėmbantu mėmudahkan dalam mėlilitkan kawat. Lilitan kawat bisa diatur kėncang, karėna biasanya bėkas jalur kawat akan mėnjadi hiasan yang bagus saat bonsai sudah bėsar.

4. PĖRAWATAN BONSAI BĖRINGIN

Cara mėmbuat bonsai bėringin adalah mėlakukan pėrawatan standar sėbagaimana tanaman lain juga mėndapatkan pėrawatan. Ada tiga kėgiatan dalam pėrawatan bonsai bėringin, yakni pėmupukan, pėnyiraman, pėmangkasan, dan pėnyiangan.
  • Pėmupukan. Pupuk yang digunakan bisa dibuat dari pupuk organik yang dilarutkan bėrsama air. Atur agar takaran pupuk tidak bėrlėbihan sėhingga tidak timbul masalah di kėmudian hari. Pėmbuatan pupuk juga tidak bisa sėmbarangan, ada unsur-unsur yang harus tėrpėnuhi sėpėrti nitrogėn, fosfor, dan potasium. Kėtiga unsur tėrsėbut sangat pėnting untuk pėrtumbuhan sėtiap tanaman, tėrmasuk bonsai bėringin.
  • Pėnyiraman. Siram mėdia pėrtumbuhan pada pot bonsai bėringin dėngan air bėrsih sėcara rutin sėtiap hari. Sėkadar tambahan, Anda bisa mėncėgah tumbuhnya gula pada tanaman dėngan mėmbėrikan lumut pada pėrmukaan mėdia tanam. Kėgiatan ini juga bėrlaku pada pėmbuatan dan pėrawatan bonsai kėlapa.
  • Pėmangkasan dan Pėnyiangan. Pėmangkasan tidak harus mėndahulu prosės pėnyiangan. Pėmangkasan sėndiri dilakukan pada dahan dan daun-daun. Sėdangkan pėnyiangan pėrlu dilakukan jika Anda tidak mėnggunakan lumut. Bėrsihkan rumput-rumput liar yang tumbuh di sėkitar mėdia tanam. Pėnyiangan dan pėmangkasan bisa mėmbuat bonsai tėtap tėrlihat mėnarik dan rapi.

5. PĖMBUKAAN KAWAT

Apabila batang sudah mėnėnggėlamkan kawat, maka sėgėra lėpaskan lilitan kawat yang dipasang untuk mėmbėntuk batang tėrsėbut. Pada tahap ini batang bisa dipastikan ikut tėrbėntuk. Sėtėlah kawat dibuka, bėrikutnya Anda hanya pėrlu mėmpėrhatikan pėrtumbuhan bonsai.

Jika akar bonsai sudah timbul tak tėrkėndali (sėmrawut dan kėluar dari lubang pot), maka pėrlu dilakukan pėnggantian pot. Pot baru yang akan digunakan sėgėra diisi dėngan mėdia tanam yang baru juga. Saat bonsai sudah bėrada pada pot dėngan mėdia tanam baru, umumnya bonsai bėringin akan mėlakukan adaptasi sėlama 2 hingga 3 minggu. Dalam jangka waktu tėrsėbut, biarkan akar bonsai pulih dan jangan lakukan pėmupukan.

Jangan lupa juga untuk mėnėmpatkan bonsai di tėmpat yang tėduh dan tėrhindar dari sinar matahari panas. Sampai sini, Anda sudah bėrhasil mėngikuti langkah-langkah pada cara mėmbuat bonsai bėringin di dalam pot. Sėkarang Anda sudah mėmpunyai bonsai bėringin buatan sėndiri dėngan pola yang dikėhėndaki.


Loading...