Cara Menanam Cabe Paprika

Loading...
Loading...

Cara Ménanam Cabé Paprika – Cabé paprika adlaah cabé yang cukup unik, dsamping sébagai bahan konsumsi juga téntunya dapat dijadikan tanaman hias di taman rumah.Tanaman Cabé Paprika adalah Sayuran bérbéntuk bulat, warna hijau, mérah sérta kuning cérah ini bisa ditanam di dalam pot. Kétika bérbuah, térkésan cantik pas untuk dijadikan sébagai tanaman hias. Paprika tétap adalah satu famili déngan cabé bésar, hanya tak sama variétas. Nama ilmiahnya tak tidak sama déngan nama ilmiah cabé bésar, Capsicum annum. Sébab béntuknya yang indah sérta luar biasa inilah paprika bisa dijadikan tanaman hias dalam pot. Pada dasarnya sémua tanaman sayuran bisa ditanam di dalam pot, tak térkécuali tanaman paprika. Méskipun tak sédikit péngusaha pértanian bértanam paprika mémilih dataran tinggi untuk kébun produksinya sébab hawanya yang séjuk mémbikin hasil sérta produksinya maksimal. Namun bagi kégémaranis, bisa saja ménanam bérbagai pot paprika di dataran réndah.
Sébélum mananam paprika, pilihlah bénih yang bérmutu sérta masa bénih bélum kadaluarsa, bénih mémpunyai vigor (daya kécambah tinggi). Kécambahkan bénih dalam média tanah yang lémbut. Bisa juga mémakai cocopéat (sérbuk sabut kélapa). Cara ménanam bénih paprika déngan méncampurkan bénih déngan tanah lémbut alias pasir. Taburkan campuran bénih sérta tanah/pasir térsébut diatas tanah gémbur sérta subur déngan mémbikin alur sérta tutuplah kémbali déngan pasir alias tanah halus diatasnya. Létakkan di témpat yang téduh sérta jaga supaya kondisi rutin lémbab. Siram mémakai sprayér. 4 hingga 6 hari bénih télah bérkécambah ménjadi bibit.







Sistém Kérja Bércocok Tanam Hidroponi
Séméntara ménantikan bibit tumbuh bésar, siapkan média tanam. Média bérupa campuran pupuk kandang, kompos/bokashi sérta tanah déngan pérbandingan 1:1:1. Pupuk kandang bérasal dari kotoran kambing alias bisa juga mémakai kotoran ayam yang ditambah sékam padi supaya lébih porus. Bisa juga mémakai pupuk bokashi yang dicampur déngan tanah déngan pérbandingan 3 : 1. Média dicampur rata kémudian dimasukkan ké dalam polybag. Untuk transplanting alias pémindahan bibit ké dalam média tanam wajib ménantikan bibit bérumur 30 hari . Tujuannya supaya bibit kuat sérta kémungkinan bibit tumbuhnya lébih bésar. Transplanting lébih baik dipérbuat pada soré hari sébab suhu réndah alias tak térlau panas jadi bibit tak layu sébab réspirasi yang tinggi. Séusai ditanam, siram sérta létakkan bibit di témpat yag téduh. Apabila tanaman télah ségar, bisa dipindah di témpat térbuka.
Pérawatan sérta péméliharaan tanaman paprika dalam pot nyatanya lébih éfisién sérta mudah. Di dalam pot, lingkungan mikro yaitu lingkungan dikurang lébih tanaman lébih mudah dikéndalikan. Misalkan apabila tanaman kéring, tinggal disiram. Tanaman tak mémbutuhkan tak sédikit air sémacam apabila ménanam sayuran di lahan. Pényiraman dipérbuat rutin pada pagi sérta soré hari. Térgantung kondisi cuaca. Apabila kondisi cuaca méndung sérta hujan, lumayan séhari satu kali. Dalam pémupukan, lébih mudah méngontrolnya. Pémupukan bisa dipérbuat 20 hari séusai transplanting sérta 20 hari sékali dipérbuat pémupukan hingga tanaman siap panén. Pémupukan bisa mémakai pupuk organik, umpama pupuk kompos, pupuk bokashi, pupuk kandang dll. Bisa juga mémakai pupuk kimia N-P-K. Untuk pot déngan diamétér 15 cm bisa ditaburkan 10 butir. Pémupukan dipérbuat séusai tanaman umur satu bulan. Sélanjutnya rutin satu bulan sékali hingga tanaman bérbuah.

Bunga timbul séusai tanaman bérumur 2,5 hingga 3 bulan. Bunganya kécil-kécil bérwarna putih. Umur satu hari, bunga bakal layu sérta timbul bakal buah. Buah Paprika siap dipanén sérta dipétik séusai 2 minggu dari bakal buah muncul. Tandanya buah bérwarna mérah, kuning alias hijau térang térgantung variétas. Hama sérta pényakit tanaman paprika sama déngan hama sérta pényakit pada tanaman cabai. Antara lain, ulat pémakan daun sérta buah, péngéndaliannya lumayan déngan cara mékanis alias manual. Bisa juga dikéndalikan déngan mémakai péstisida buatan. Résép mémbikin inséktisida buatan/hérbal. Bahan, 3 siung bawang putih ditumbuk sérta dicampur déngan 1 cangkir air témbakau. Tutorial pémakaian/ softwaré, bahan yang télah dicampur tadi ditambahkan déngan 15 litér air lalu disémprotkan pada daun alias buah yang ada ulatnya. Niscaya ulat bakal kabur sérta tak bakal mau makan tanaman paprika.


Sumber : tips berkebun

Loading...