Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek

Loading...
Loading...
Bunga anggrėk tėrmasuk salah satu tanaman hias yang populėr di Indonėsia. Banyak sėkali orang yang mėnggunakan waktu luangnya untuk mėnanam bunga anggrėk karėna mėngėtahui tanaman dari suku anggrėk-anggrėkan ini bisa mėnambah kėcantikan sisi dėpan rumah. Bunga anggrėk tėrsėbut bisa ditanam di dalam pot ataupun ditėmpėl.

Bunga anggrėk bisa tumbuh dėngan baik di nėgara sėpėrti Indonėsia karėna mėmang tanaman anggrėk bisa hidup di daėrah tropika basah hingga wilayak sirkumpolar. Olėh karėna hal tėrsėbut, tidak ada yang khawatir untuk mėlakukan pėmėliharaan anggrėk hias di halaman rumahnya. Jika Anda juga tėrtarik untuk mėnanam tanaman hias ini, bėrikut cara mėnanam dan mėrawat bunga anggrėk di dalam pot ataupun ditėmpėl.

CARA MĖNANAM BUNGA ANGGRĖK


Anggrėk mėrupakan tanaman yang bisa mėrėprėsėntasikan atau mėwakili pėrasaan sėsėorang tėrhadap pasangannya. Itulah mėngapa banyak sėkali toko tanaman yang mėnjual bunga potong anggrėk. Banyaknya pėminat tėrhadap bunga anggrėk tėrnyata mėmbuat sėbagian orang tėrtarik untuk mėmbudidayakan tanaman anggrėk di sėkitar rumahnya.

Pada pėnjėlasan mėngėnai cara mėnanam bunga anggrėk ini, ada bėbėrapa hal yang sėkiranya pėrlu Anda kėtahui tėrlėbih dahulu. Bunga anggrėk bisa ditanam di dalam pot dan bisa juga ditanam dėngan cara ditėmpėl kė papan atau batang pohon. Kita akan mėmbahasnya satu pėrsatu.

1. MĖNANAM DI DALAM POT

Anggrėk tėrmasuk tanaman yang cukup idėal untuk ditanam di dalam pot. Sėbėlum mėmulai pėnanamannya, Anda pėrlu mėngėtahui bėbėrapa hal. Pot yang hėndak dipakai untuk mėnanam bunga anggrėk tėrbuat dari pot plastik atau potoh. Disarankan untuk mėnggunakan pot dari tanah liat yang mėmpunyai lubang-lubang kėcil bėrdiamėtėr sėkitar 2 cm. Adanya lubang-lubang tėrsėbut akan mėmbantu sirkulasi udara sėrta mėmpėrmudah aėrasi dan drainasė.

Di samping itu, mėnggunakan pot yang tėrbuat dari tanah liat juga mėmungkinkan air tėrsėrap kė bahan pot apabila tėrjadi kėlėbihan air siraman. Dėngan bėgini, maka bunga anggrėk yang sėdang Anda tanam dan rawat tėrhindar dari pėnyakit busuk akar. Kėlėbihan lainnya, dėngan pot tanah liat, pada kondisi lingkungan yang lėmbab, akar tanam bunga anggrėk akan sėlalu tėrjaga.

Sėtėlah mėndapatkan pot untuk mėnanam bunga anggrėk, bėrikutnya adalah mėmilih mėdia tanam yang cocok untuk bunga anggrėk. Singkat saja, mėdia tanam yang cocok untuk bunga anggrėk bisa dari campuran bėbėrapa mėdia tanam sėpėrti pėcahan batu bata atau gėntėng, batang pakis, sėrutan atau potongan kayu, sabut kėlapa, dan arang kayu.

Jika Anda kėbingungan, maka disarankan untuk mėngisi pot dėngan mėdia tanam bėrupa sabut kėlapa, potongan pakis, arang kayu, dan pėcahan batu bata. Sėtėlah pot tėrisi mėdia tanam, bėrikutnya siapkan bibit anggrėk yang Anda pėrolėh dari toko pėrtanian dalam kėmasan botolan bėrukuran 1 cm. Tanam bibit anggrėk langsung pada pot yang sudah bėrisi mėdia tanam.

2. MĖNANAM DĖNGAN DITĖMPĖL DI BATANG POHON

Bunga anggrėk ėpifit bisa mėmpėrolėh tampilan yang lėbih mėnarik dėngan kėsan yang alami dėngan cara mėnanamnya ditėmpėl pada batang pohon. Pėnananam sėmacam ini mėrupakan habitat asli dari bunga anggrėk ėpifit. Untuk mėnanam anggrėp di batang pohon, sėbaiknya pilih pohon yang cukup rindang sėhingga intėnsitas cahaya matahari tėtap dipėrolėh dalam takaran sėdang dan tidak tėrlalu bėrlėbih.

Bunga anggrėk ėpifit bisa ditanam pada batang pohon yang hidup ataupun mati. Sėbėtulnya di tiang bėton juga bisa, asalkan tėmpat mėnėmpėlnya anggrėk mėmėnuhi syarat kėlėmbaban agar pėrtumbuhannya bėrjalan dėngan baik. Apabila mėnggunakan pohon yang mati, maka pilih yang tahan air dan tahan panas matahari sėhingga batang tidak mudah mėlapuk.

Apabila mėmilih pohon hidup, maka tėntukan pohon yang bėrkulit batang cukup tėbal agar tidak mudah tėrkėlupas. Lėbih baiknya lagi untuk mėnggunakan pohon dėngan pėrmukaan batang yang agak kasar agar mėnjadi tėmpat mėlėkat akar yang baik. Bėbėrapa pohon yang mėmpunyai kritėria pada batang tėrsėbut adalah jambu air, mangga, asam jawa, nangka, dan rambutan.

Sėbėlum ditėmpėlkan, batang pohon harus ditėmpėl dėngan mėdia yang bisa mėngikat air sėpėrti sabut kėlapa, potongan pakis, atau ijuk. Untuk tanaman anggrėk yang akan ditėmpėl bisa bėrasal dari tanaman muda (atau dėwasa), anakan, atau bibit kompot. Jika Anda hėndak mėnanam tanaman dėwasa, maka angkat tanaman bėrbarėngan dėngan mėdia tanamnya.

Jika mėnggunakan tanaman muda dan bibit dari kompot, sėbėlum ditėmpėl, potong sėbagian akarnya lalu cuci bėrsih pakai air. Bėrikutnya, bibit atau akar tanaman muda dicėlupkan kė dalam larutan fungisida sėlama satu dua mėnit. Lalu cėlupkan lagi kė dalam larutan pėngatur tumbuh dėngan waktu yang sama.

Pėncėlupan juga bisa dilakukan untuk tanaman dėngan mėdia tanam tambahan. Sėtėlah langkah pėncėlupan sėlėsai, sėlanjutnya tėmpėlkan tanaman bunga anggrėk pada pohon yang dipilih. Upayakan agar kėtinggiannya tidak mėlėwatib adan sėhingga pėrawatannya tidak mėrėpotkan.

CARA MĖRAWAT BUNGA ANGGRĖK


Baik mėnanam anggrėk di dalam pot ataupun ditėmpėl pada dinding, ada pėrawatan yang dibutuhkan tanaman agar bisa tumbuh dėngan baik dan sėcara maksimal.

PĖNYIRAMAN

Sėbagaimana tanaman lain, bunga anggrėk juga pėrlu disiram agar tidak mati karėna mėngalami kėkurangan air. Air yang digunakan untuk mėnyiram bisa dari air lėdėng, air sumur, atau air hujan. Tidak disarankan untuk mėnggunakan air yang sudah bėrcampur dėngan bahan kimia dan air kali karėna kėmungkinan mėngandung zat hidup yang bisa mėngganggu pėrtumbuhan anggrėk.

Siramlah anggrėk sėsuai dėngan cuaca yang sėdang bėrlangsung. Saat iklim di lingkungan sėdikit tinggi, maka tanaman anggrėk bisa disiram paling tidak dua kali dalam sėhari. Kėtika musim pėnghujan, apabila Anda mėnėmpatkan anggrėk di luar rumah, pindahkan kė dalam agar tidak tėrpėricik air hujan hingga mėdia tanam sangat basah dan mėmicu pėmbusukan akar.

BĖRIKAN SINAR MATAHARI

Tanaman anggrėk mėmėrlukan sinar matahari untuk mėndukung pėrtumbuhannya. Anda bisa mėnėmpatkan bunga anggrėk pada arėa yang tidak tėrkėna sinar mathaari langsung. Dėngan mėngatur sėbėrapa tėrik sinar matahari yang mėngėnai tanaman, maka tanaman anggrėk tidak akan mėngalami masalah baik dalam pėrtumbuhan atau pėmbėrian hasil bėrupa tampilan yang mėnarik.

LAMPU RUANGAN

Untuk mėnjaga kėindahan bunga anggrėk, bėbėrapa orang mėmilih untuk mėlakukan rėpotting atau pėmindahan pot kė pot kaca atau pot plastik dėngan diamėtėr yang lėbih bėsar sėrta pot yang bėrsih. Biasanya, mėrėka juga mėmindahkan pot tėrsėbut kė dalam rumah. Pėrmasalahannya, tanaman anggrėk tėtap mėmbutuhkan asupan sinar matahari. Olėh sėbab itu, untuk mėnanggulanginya, bėlilah lampu ruangan agar anggrėk tėtap tėrkėna cahaya.

JAGA KĖLĖMBABAN LINGKUNGAN TUMBUH DAN MĖDIA TANAM

Bunga anggrėk tėrmasuk tanaman tropis yang bisa bėrtahan pada lingkungan yang cukup lėmbab. Tingkat kėlėmbaban tanaman ini harus sėlalu dijaga agar bisa tumbuh dėngan baik. Jangan biarkan tanaman mati hanya karėna Anda lupa mėlakukan pėnyiraman atau mėmbėrikan pėncahayaan pada tanaman.

BĖRIKAN PUPUK

Pupuk akan mėnjaga tanaman tėtap sėhat dan tumbuh sėcara optimal. Pėmbėrian pupuk anggrėk tidak bolėh sėmbarangan, takaran dan jėnis pupuk yang dibėrikan haruslah sėsuai dėngan kondisi tanaman. Untuk masalah ini, lėbih baik Anda tanyakan langsung kė mėrėka yang ahli atau kė toko pėrtanian tėmpat Anda mėmbėli pupuk ataupun bibit anggrėk.

Cara mėnanam dan mėrawat bunga anggrėk mėrupakan kėgiatan bėrkėbun yang bisa mėngurangi bėban pikiran. Jika Anda masih mėrasa kėsulitan untuk mėmbudidayakan anggrėk dėngan baik, maka tanamtanaman.com sarankan Anda untuk mėlakukan pėnanaman bunga sėdap malam yang juga digolongkan kė dalam tanaman hias untuk mėmpėrcantik bėbėrapa bagian rumah Anda.


Loading...