Cara Menanam Tanaman Buah dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Loading...
Loading...
Proses penanaman buah dalam sebuah pot ialah sebuah metode penanaman yang sangat di gandrungi kebanyakan pecinta tanaman buah selain meghemat tempat pemetikan buah juga tidak di repotkan oleh tinginya pohon tanaman yang akibatnya sulit untuk mengambil, dalam proses penanaman ini di butuhkan metode khusus yang meski di punyai sebelum Sahabat Inspirasi Berkebun untuk memulai proses menanam tanaman buah dalam pot agar cepat berbuah.

Dari segi perawatan, tanaman buah dalam pot tergolong tidak begitu sulit. Sama halnya dengan tanaman tanpa menggunakan media pot, harus di beri pupuk dan di beri air. Akan tetapi, ada beberapa trik supaya media potnya tidak menghalang pertumbuhan tanaman.

Secara spesifik, tanaman buah dalam pot harus memperhatikan beberapa factor agar tanaman buah cepat berbuah lebat. Seperti untuk penyiraman pada saat musim kemarau sangat diperlukan. Apabila menggunakan air PAM, yang biasanya air PAM mengandung kaporit, sebaiknya endapkan dulu air tersebut selama semalam dan esoknya baru disiramkan pada tanaman. Akan tetapi, Sahabat Inspirasi Berkebun harus mengusahakan jangan sampai air siraman menggenang lebih dari 12 jam.
Cara Menanam Tanaman Buah dalam Pot Agar Cepat Berbuah
Pada pembahasan kali ini kami akan membahas untuk Sahabat Inspirasi berkebun dan para pembaca setia blog ini bagaimana cara menanam tanaman buah dalam pot agar cepat berbuah lebat. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun Perhatikan tips dan triknya dibawah ini agar tanaman di pot cepat berbuah lebat.

Penyiraman
Genangan air dapat merangsang timbulnya penyakit busuk pada akar. Penyiraman pada tanaman juga tergantung musim, pada saat musim panas lakukan penyiraman sehari sekali. Waktu untuk penyiraman bisa dilakukan pada sebelum jam 09.00 dan sore sesudah pukul 16.00.

Penggemburan
Pada tahap Penggemburan usahakan media tanam untuk bibit tanam tidak memadat. Pemadatan media biasanya terjadi karena penyiraman yang berlebihan, dengan penyiraman yang berlebihan akan membuat media tanam jadi keras atau padat. Apabila telah tejadi pemadatan pada media tanam, lakukan penggemburan dengan menggunakan sekop kecil. Hati-hati pada saat melakukan penggemburan media tanam, jangan sampai Sahabat Inspirasi Berkebun merusak akarnya.

Pemupukan
Meskipun media tanam telah menggunakan pupuk kandang, pupuk organik masih tetap dibutuhkan dalam menanam bibit tanaman buah ini, hingga tanaman berumur 2 tahun, pada setiap 4 bulan sekali tambahkan pupuk NPK (15:15:15) dengan dosis 25 gram per drum. Sejak tanaman berumur 3 tahun dan seterusnya, setiap drum diberi dosis 100 gram NPK (15:15:15). Cara pemupukannya, benamkan pupuk NPK sedalam 10 cm, kemudian siram sampai cukup basah.

Penggantian Tanah
Mengganti media tanah pada tanaman dalam setahun dilakukan sebanyak satu kali saja sudah cukup . Akan tetapi, akan lebih baik lagi apabila dalam setahun dilakukan dua kali. Terlebih apabila akar tanaman sudah menjebol media pot, maka media pot harus segera diganti.
Tabulampot Semangka
Pemangkasan
Pemangkasan harus dilakukan contohnya pada tanaman rambutan, di samping untuk membentuk habitus atau kanopi pada tanaman supaya terlihat pendek serta supaya cabang dan pertumbuhannya seimbang. Pemangkasan perdana dilakukan pada saat tanaman sudah mencapai umur kurang dari satu tahun atau dengan tinggi batang sekitar 75 cm hingga 100 cm dari permukaan drum atau pot.

Cara pemangkasannya ialah untuk pemangkasan pertama, pilih tiga cabang primer. Jika panjang cabang primer mencapai 50 cm, pangkas ujung cabang sampai tumbuh cabang-cabang sekunder.

Pilih hanya 3 cabang sekunder untuk setiap cabang primer. Selanjutnya lakukan pemangkasana pada ujung cabang sekunder hingga tumbuh cabang tersier dan pilih hanya 3 cabang tersier. Dari ketiga cabang tersier inilah akan terjadi pembungaan dan pembuahan.

Diharapkan untuk tanaman buah dalam pot tetap harus dilakukan perawatan supaya hasil yang diinginkan juga maksimal dan tanaman yang dirawat produktif. Karena tanaman juga termasuk makhluk hidup yang butuh dirawat dan tidak jarang para penanam dalam pot sering bosan akibatnya tanaman mengalami kematian.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara menanam tanaman buah dalam pot agar cepat berbuah lebat. Semoga tulisan kami dapat menginspirasi Sahabat Inspirasi Berkebun dalam bertabulampot. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: inspirasi pertanian.com /2016 /01/cara-p enanaman-tanaman-buah-dalam-pot.html
Loading...