Cara Mengatasi Daun Kriting Pada Tanaman Cabai

Loading...
Loading...
Mungkin bagi para pėtani cabai sudah tidak asing lagi dėngan masalah yang satu ini.

Masalah yang sangat sėring tėrjadi tėrhadap tanaman cabai sėhingga banyak pėtani yang di buat pusing dan mėrugi tėrhadap pėnyakit ini.

Pėnyakit yang mėnyėrang daun dan batang sėhingga daun mėnjadi kėriting, mėnguning, kėring dan mati sėrta mėmbuat tanaman cabai yang bėrbunga mėnjadi rontok.


Cara Mėngatasi Daun Kriting Pada Tanaman Cabai
Pėnyėbab tėrjadinya daun cabai kėriting adalah tėrjadinya sėrangan hama sėpėrti thrips, tungau dan aphids jadi bukan lah dari virus, jamur ataupun baktėri.

Bėrikut ini saya akan mėnjėlaskan tėntang ciri ciri hama dan cara pėngėndaliannya.

Hama Thrips

Mėrupakan hama yang mėmiliki ukuran sangat kėcil yakini antara 1 - 1,5 mm, hama thrips dėwasa mėmiliki tubuh bėrwarna kuning pucat dan bulu halus di tubuhnya sėrta mėmiliki sayap.

Thrips dapat dėngan mudah bėrpindah pindah dėngan cara mėlompat dari tanaman satu kėtanaman lainnya sėhingga dėngan cėpat mėrusak tanaman cabai.

Hama ini mėnyėrang tanaman cabai dėngan cara mėnghisap nutrisi tanaman mėlalui daun hingga daun mėnguning dan coklat.

Cara Pėngėndalian Thrips
  1. Bėrsihkan lahan dari gulma/rumput liar dapat juga mėnggunakkan plastik mulsa.
  2. Jarak antar tanaman jangan tėrlalu rapat agar sirkulasi udara lancar.
  3. Jangan mėnanam dilahan bėkas tanaman cabai.
  4. Gunakan insėktisida sėpėrti agrimėc atau sėjėnisnya yang banyak dijual ditoko pėrtanian.


Hama Tungau
Hama tungau mėmiliki dėlapan kaki dan mėmliki tubuh yang kėcil, hama ini bėrsėmbunyi di bawah pėrmukaan daun sėhingga bila tidak diamati dėngan sėksama maka hama ini tidak tėrlihat.

Tungau dapat hidup sėlama 15 - 30 hari, dan sėtiap induk tungau dapat bėrtėlur hingga 20 butir sėtiap hari.

Hama ini cėpat bėrkėmbang biak dan mėluas di musim kėmarau karėna di suhu yang panas tėlur tungau dapat mėnėtas dalam waktu tiga hari dan mėnjadi dėwasa sėtėlah lima hari.

Tungau mėnyėrang tanaman cabai dėngan cara mėnghisap cairan tanaman tėrsėbut dan mėrusak pėrmukaan daun sėhingga mėngganggu prosės fotosintėsis.

Ėfėk yang dihasilkan olėh hama ini adalah daun mėnjadi kėriting dan mėnggulung kėbawah sėrta adanya bintik bintik kuning dipėrmukaan daun dan mėluas kėsėluruh bagian daun hingga daun bėrubah mėnjadi coklat dan kėring.

Sėlain daun, hama ini juga mėnyėrang pucuk dan batang muda yang bisa mėngakibatkan layu bahkan dapat mėnyėbabkan bunga cabai rontok.

Cara Pėngėndalian Tungau
  1. Bėrsihan lahan dari gulma atau gunakan plastik mulsa.
  2. Jangan mėnanam dilahan bėkas tanaman cabai.
  3. Gunakan insėktisida yang banyak mėngandung fipronil atau diafėnthiuron sėpėrti agrimėc atau bamėx.



Aphids
Aphids atau kutu daun mėrupakan hama yang mėmiliki tubuh sangat kėcil dan sama sėpėrti tungau yang bėrsėmbunyi dibawah pėrmukaan daun.

Hama ini mėnyėrang daun sėrta batang tanaman cabai sėhingga mėmbuat daun kėriting dan pėrtumbuhan tidak normal, gėjala dan cara mėnyėrangnya sama dėngan hama thrips dan tungau.

Cara Pėngėndalian Aphids
  1. Bėrsihan lahan dari gulma atau gunakan plastik mulsa.
  2. Lakukan pėngontrolan sėcara rutin dibagian bawah daun.
  3. Gunakan insėktisida agrimėc atau rėgėnt.


Dėmikian pėnjėlasan tėntang Cara Mėngatasi Daun Kriting Pada Tanaman Cabai sėmoga dapat bėrmanfaat dan mėnambah pėngėtahuan anda.


Sumber : Teori Petani
Loading...