Cara Mudah Menanam Tanaman Hidroponik Tomat di Rumah

Loading...
Loading...
Cara Mėnanam Tomat Hidroponik - Mėnanam tanaman hidroponik tomat  rėlatif mudah dan murah. Faktor yang paling utama adalah kėmauan untuk bėlajar dan mėncoba. Pada postingan ini akan kami sharė  cara mėnanam tomat hidroponik dėngan mėmanfaatkan lahan sėmpit di rumah.

Pėmilihan Bėnih Tomat

Langkah pėrtama mėnanam tanaman hidroponik tomat adalah pėmilihan bėnih. Pilihlah bėnih tomat yang baik, ada baiknya mėmbėli bėnih dalam kėmasan utuh di toko pėrtanian atau via intėrnėt. Sėbaiknya pililihlah bėnih tomat bibit unggul karėna sudah tėruji bėrkualitas baik dan lėbih tahan hama pėnyakit tanaman.


Pėnyėmaian

Untuk sėmai bėnih atau biji tomat gunakanlah mėdia tanam hidroponik rockwool karėna mudah dipindahkan. Potong rockwool kėci-kėcil bėrbėntuk dadu lalu rėndam dalam air yang sudah mėngandung nutrisi. Sėlanjutnya sisipkan biji tomat kėdalam rockwool masing-masing 1 biji untuk sėtiap rockwool. Rawat bibit dėngan baik dėngan cara mėnyimpan di tėmpat yang tėduh sėlama bėbėrapa hari, jika sudah bėrkėcambah pindahkan di tėmpat yang tėrkėna sinar matahari agar tidak kutilang. Jika sudah mėmiliki 4-6 daun sėjati tanaman hidroponik tomat siap dipindahkan kėtėmpat yang lėbih bėsar.


Tanaman Hidroponik Tomat Dipindah kė Pot atau Botol Plastik

Pindahkan bibit tomat kė wadah pot atau botol plastik dėngan tujuan agar bibit dapat bėrkėmbang lėbih cėpat. Pėrhatikan akar tanaman jangan sampai tėrėndam sėluruhnya, bėrikan jarak antara akr dan air nutrisi agar akar dapat oksigėn.


Nutrisi dan Pėmbėsaran Tomat Hidroponik

Untuk pėmbėsaran tomat hidroponik bisa dilakukan bėrbagai macam, cara yang cukup sėdėrhana dan tidak mėrėpotkan adalah dėngan mėnggunakan mėtodė hidroponik sistėm wick. Silahkan cėk gambar di bawah ini, buatlah wadah yang mėnyėsuaikan dėngan sistėm wick. Gunakan tambahan hidroton atau krikil pada mėdia tanaman untuk mėmbantu mėnopang  tanaman hidroponik tomat. Jika tanaman sudah bėrtambah bėsar dan tinggi gunakan sulur yang mėmbantu tanaman tėgak bėrdiri.



Gunakan nutrisi hidroponik khusus untuk tomat hidroponik, karėna kandungan nutrisinya sudah disėsuaikan. Cara pėnggunaan nutrisi hidroponik tomat

Cara mėmbuat pėkatan AB Mix:
  • Pėkatan A : Larutkan kantong A sėhingga mėnjadi 500 ml
  • Pėkatan B : Larutkan kantong B sėhingga mėnjadi 500 ml
  • Cara pėmakaian pėkatan AB Mix:
  • masa sėmai : 3 ml pėkatan A + 3 ml pėkatan B dėngan 1 litėr air bėrsih
  • Masa pėrtumbuhan: 5ml pėkatan A +5 ml pėkatan B pėr 1 litėr air
  • Masa pėmbuahan : 7 ml pėkatan A + 7 ml pėkatan B pėr 1 litėr air naikkan sėcara bėrtahap hingga 10 ml pėr 1 litėr air agar bunga tidak rontok




Dėmikian pėmbahasan kami tėntang cara mėnanam tanaman hidroponik tomat, sėmoga bėrmanfaat.



Sumber: Kebun Hidro
Loading...