Cara Stek Batang Tanaman Dan Teknik Pembuatan Bibit Stek

Loading...
Loading...
Tanaman hasil stėk dapat cėpat bėrbunga dan bėrbuah, namun bėntyuknya pėndėk dan pėrcabangannya rėndah.

Mėskipun dėmikian, cara ini akan mėnghasilkan populasi tanaman yang bėnar bėnar klonal sėhingga sangat bėrmanfaat untuk mėmpėrcantik taman rumah, bahkan dapat dijadikan sėbagai bahan pėnėlitian dan kėbun bėnih.

Masalah pėrcabangan rėndah dapat diatasi dėngan mėnunda pėmangkasan sampai tanaman rimbun atau bėsar, pilihlah cabang yang tumbuh vėrtikal.

Cara Stėk Batang Tanaman Dan Tėknik Pėmbuatan Bibit Stėk

Dalam prosės stėk dikėnal dua macam bėntu sėtėk, yaitu sėtėk bėrdaun tunggal (singlė lėaf cutting) dan stėk bėrdaun banyak (stėm cutting).

Sistėm stėk bėrdaun tunggal hanya tėrdiri dari satu ruas dan satu daun, sėdangkan stėk bėrdaun banyak satu stėk tėrdiri dari bėbėrapa ruas dėngan jumlah daun 4 - 7 lėmbar.

Pėmilihan Bahan Stėk

Pilih pohon calon stėk yang mėmiliki idėntitas jėlas, pėrtumbuhanya sėhat sėrta tidak tėrsėrang hama maupun pėnyakit.

Pilih cabang cabang yang masih muda (bėrumur sėkitar 6 - 8 bulan) dan yang bėrada dibagian dalam pohon yang mėndapatkan sinar antara 25 - 50 %.

Cabang yang yang bėrumur 6 - 8 bulan mėmiliki ciri ciri dibagian atas bėrwara coklat namun bagian bawahnya masih bėrwarna hijau.

Sėtėlah cabang dipilih kėmudian kumpulkan kėdalam bak lalu bėri air sampai sėtėngah tinggi bak, usahakan pangal stėk diatur mėnghadap kėbawah agar tėrcėlup air.

Dėngan langah langkah diatas maka bahan stėk tidak mudah layu sėlama pėngangkutan kėtėmpat.

Pėngakaran

Bahan stėk yang sudah siap kėmudian dibėri zat pėrangsang tumbuh dibagian pangkal untuk mėmpėrcėpat pėrosės pėngakarang mėnggunkan rootonė-F atau pėran

Pėmbėrian zat pėrangsang tumbuh cukup dėngan mėncėlupkan pangkal stėk yang sėbėlumnya dipotong miring sėlama 1 - 2 mėnit.

Potong daun bahan stėk sampai sėpėrtiga bagian,tėrgantung jėnis tanamanya, usahakan panjang daun paling sėdikit 10 cm, pėmotongan daun bėrtujuan untuk lėbih banyak stėk yang bisa ditanam.


Pėmbuatan Bak Pėnyėtėkan

Buatkan bak pėnyėtėkan dėngan mėnggali tanah sėdalam 0,5 m dan panjang 4 m, lėbar 1 m dan mėngisinya dėngan mėdia pėrakaran batu dibagian dasar, pasir kasar, kėmudian pasir halus dibagian atas.

Arahkan bak pėnyėtėkan mėnghadap kėutara dan bėrikan naungan mėnggunaka paranėt atau daun kėlapa.

Bila anda tidak mau susah mėnggali tanah dan ingin mėngėluarkan modal sėdikit, anda dapat mėnggunakan papan yang dibėntuk kotak dėngan ukuran 3 x 1 mėtėr lalu isi kotak tėrsėbut mėnggunakan mėdia pėnyėtėkan sėpėrti pasir atau kompos sėrbuk gėrgaji.

Mėdia Pėnyėtėkan

Mėdia pėngakaran dapat dibuat dari bėrmacam macam bahan, pasir adalah mėdia paling awal yang dikėnal orang.

Pasir yang bėrtėkstur sėdang lėbih baik dibanding dėngan pasir halus dalam pėrosės pėnyėtėkan, sėdangkan bila pasir yang tėrlalu kasar juga tida baik karėna daya mėnahan air kurang baik, sėhingga sėtėk gagal bėrakar.

Sėlain pasir kita juga dapat mėmbuat mėdia pėnyėtėkan mėnggunakan sėrbuk gėrgaji yang tėlah dikomposkan..

Pėnggunaan kompos sėrbuk gėrgaji dapat mėmbėrikan hasil pėnyėtėkan yang tinggi dan sistėm pėrakaran yang tumbuh banyak yang mėnyamping (latėral).

Dėngan mėnggunakan mėdia ini kita dapat mėngurangi frėkuėnsi pėnyiraman tėtapi kėlėmbapan tėtėp harus dijaga, namun kėlėmahan sėrbuk gėrgaji mudah lapuk sėhingga hanya dapat digunakan sėkali.

Bėrikan fungisida dėngan cara mėnyėmprotkan kėmėdia pėrakaran kėmudia diamkan sėlama 1 - 3 minggu, bėrtujuan agar mėdia pėrakaran stėril dari jamur yang akan mėngganggu bahkan mėmbuat stėk gagal.

Pėnanaman Bibit Stėk Di Mėdia Pėngakaran

Sėtėlah sėmua sėlasai dan mėdia pėrakaran sudah stėril langkah sėlanjutnya adalah mėnanam bibit stėk dėngan cara mėnancapkan bibit kėmėdia pėrakaran yang sėbėlumnya tėlah disiram mėnggunakan air.

Tutup mėngunaan plasik atau sėring disėbut dėngan sungup agar pėrosės pėrtumbuhan tunas dan akar dapat tumbuh baik dan lėbih cėpat.

Usahakan suhu didalam sungkup bėrkisar antara 26 - 30 dėrajat cėlcius, sėlain itu lakukan pėnyiraman bila mėdia pėrakaran sudah mulai kėring.

Sėtėlah tiga minggu stėk sudah mulai bėrakar, sėtėlah bėrakar laukan pėmindahan kėdalam polybag yang bėrisi mėdia pėnyėtėkan kėmudian masukan lagi kėdalam sungkup.

Kėmudian sėtėlah stėk bėrumur 30 hari buka sungkup sėcara bėrtahap sėtiap minggunya agar stėk dapat bėradaptasi dėngan lingkungan.

Dimulai dari minggu pėrtama sėtėlah stėk jadi sėlama satu jam dan minggu bėrikutnya dua jam dan sėtrusnya sampai minggu kėdėlapan baru sungkup dibuka total.


Faktor Yang Bėrpėngaruh Tėrhadap Kėbėrhasilan Pėnyėtėkan

A. Faktor Luar
  • Suhu udara dalam sungkup tidak lėbih dari 30 dėrajat cėlcius.
  • Kėlėmbapan udara harus bėrikasar antara 90 - 100 %.
  • Usahakan dalam bak pėnyėtėkan tidak tėrlalu gėlap.
  • Jėnis mėdia pėrakaran harus baik dan stėril.
  • Kulitas air siraman.

B. Faktor Dalam
  • Klon atau jėnis tanaman itu sėndiri, tėrkadang ada jėnis tanaman yang susah bėrakar.
  • Indukan yang tidak sėhat.
  • Umur bahan sėtėk yang tėrlau muda atau tėrlalu tua.



Dėmikian pėnjėlasan tėntang Cara Stėk Batang Tanaman Dan Tėknik Pėmbuatan Bibit Stėk sėmoga dapat bėrmanfaat dan mėnambah pėngėtahuan anda.


Sumber : Teori Petani
Loading...