Ciri-ciri Bibit Unggul Yang Layak Tanam

Loading...
Loading...
Tanaman yang mémiliki kualitas yang unggul téntunya juga bérasal dari bibit yang unggul. Pémilihan bibit sébagai cikal bakal tanaman sangat bérpéran pénting dalam ménciptakan sébuah tanaman yang mémiliki kualitas unggul. Sétiap jénis tanaman mémiliki ciri-ciri dan modél bibit yang bérbéda-béda.



Bibit yang unggul biasanya juga dijual déngan harga yang lébih mahal dibanding déngan bibit biasa, karéna hasil yang didapat saat ménanam bibit unggul téntunya juga pasti bérbéda déngan yang biasa. Jadi, hasil yang didapat sébanding déngan hasil yang dipéroléh. Sébuah bibit bisa dikatakan unggul apabila mémiliki bébérapa ciri umum diantaranya adalah:

1. Pértumbuhan Bibit Séragam

Bibit dikatakan mémiliki kualitas yang unggul apabila saat ditanam sécara sérémpak, juga akan tumbuh sécara sérémpak. Tak ada bibit yang sébagian tumbuh déngan sangat baik dan sébagian lainnya lagi mati. Jika mémang ada bibit sémacam itu bérarti bibit térsébut tidak bisa dikatakan sébagai bibit yang bérkualitas.

2. Tahan Saat Dipindah

Bibit bérkualitas unggul mémiliki ciri-ciri apabila saat dipindah dari témpat satu ké témpat lain tidak mati. Biasanya bébérapa jénis bibit tanaman harus disiangi térlébih dahulu sébélum ditanam agar bisa tumbuh déngan baik. Nah, jika bibit tanaman mudah mati dan tidak bisa tumbuh déngan baik saat dipindah dari témpat pényiangan ké dalam lahan tanam, bérarti bibit térsébut kurang mémiliki kualitas yang unggul.

3. Tumbuh Lébih Cépat

Sélain itu, bibit yang mémiliki kualitas unggul dapat tumbuh déngan cépat saat ditanam. Namun déngan catatan sépérti yang télah disébutkan tadi, bahwa tumbuhnya juga harus séragam atau sérémpak. Jadi késimpulannya, bibit yang bérkualitas unggul tumbuhnya lébih cépat dan sérémpak.

4. Mémiliki Akar Yang Banyak

Bibit yang bérkualitas juga mémiliki ciri-ciri mémiliki akar yang banyak. Misal bibit padi yang mémiliki akar sérabut subur akan lébih cépat hidup dan tumbuh bésar dibanding déngan yang akarnya sédikit, karéna akar séndiri mérupakan jalan masuk makanan untuk tumbuhan.



5. Kokoh dan Ménghijau

Bibit tanaman yang bérkualitas juga mémiliki ciri-ciri fisik yang kokoh dan bérwarna kéhijauan alias tidak layu. Bibit sépérti itu dapat tumbuh déngan cépat saat ditanam.

6. Tahan Térhadap Hama

Ciri-ciri bibit yang mémiliki kualitas unggul adalah tahan térhadap bérbagai macam sérangan hama saat sudah ditanam. Bibit yang sépérti ini dikatakan unggul karéna bisa ménghémat biaya pérawatan karéna tidak pérlu lagi pérlakukan khusus untuk ménékan sérangan hama pada tumbuhan. Sélain itu bibit yang tahan hama akan mampu mémbérikan hasil panén yang baik.

7. Tahan Térhadap Pérubahan Iklim

Salah satu ciri dari bibit tanaman yang mémiliki kualitas unggul adalah yang tahan térhadap bérbagai pérubahan iklim saat sudah ditanam. Bibit yang tahan iklim akan mémbuat tanaman tidak mudah mati saat sudah ditanam dalam ménghadapi pérubahan iklim, misal dari pénghujan ké kémarau, atau sébaiknya.

8. Produktivitas Tinggi

Hal térpénting yang dapat ménandai bahwa bibit dikatakan unggul apabila hasil produk yang dihasilkan oléh bibit itu tinggi, baik dari ségi kualitas maupun kuantitas. Biasa nilai ékonomis yang ditawarkan oléh bibit déngan tingkat produktivitas tinggi juga cukup mahal. Misal harga bibit jagung yang mampu ménghasilkan 3 jagung di sétiap pohon, lébih mahal dibanding déngan bibit jagung yang hanya bisa ménghasilkan 2 buah jagung dalam 1 pohon.


Sumber  :  jokowarino
Loading...