Memperbayak Tanaman Hias Lidah Mertua

Loading...
Loading...
Lidah mértua mérupakan salah satu jénis tanaman hias yang populer di Indonesia. Tanaman yang mémiliki nama lain Sanséviéria ini biasanya dijadikan sébagai aksén pénghias ruangan ataupun halaman rumah. Tanaman jénis ini dipilih karéna sélain indah juga mémiliki kétahanan yang tinggi.



Ménurut informasi yang kami dapat bahwa tanaman hias lidah mértua ini dapat hidup di témpat-témpat yang minim air sérta cahaya. Jadi sangat tépat apabila dilétakkan di dalam ruangan. Tanaman yang satu ini mémiliki ciri-ciri daun yang kéras dan tégak sérta ujunganya yang runcung. Mungkin itulah sébab méngapa tanaman yang satu ini dinamai déngan lidah mértua.

Sélain béntuknya yang cantik, sébénarnya tanaman hias ini juga mémiliki banyak sékali manfaat bagi késéhatan. Bébérapa diantaranya adalah mampu méngobat pényakit wasir, kéncing manis, sampai déngan kankér. Sélain itu tanaman hias lidah mértua juga térbukti ampuh dalam ményérap racun di udara dan ménghilangkan bau tak sédap dari pérabitan rumah tangga. Jadi sangat tépat apabila dilétakkan di dalam ruangan.

Karéna banyak sékali manfaatnya, banyak orang yang ingin méncoba mémbudidayakan tanaman ini di rumahnya. Sébénarnya untuk mélakukan budidaya tanaman hias lidah mértua tidaklah sulit. Malah bisa dibilang lébih mudah dibanding déngan budidaya jénis tanaman hias yang lainnya. Bagi anda yang pénasaran bisa langsung simak baik-baik ulasan bérikut.



Untuk mémpérbanyak tanaman hias lidah mértua ini bisa dilakukan déngan bérbagai macam cara. Salah satu cara térmudah dan éféktif adalah déngan mélakukan péncacahan. Ya, péncacahan térhadap indukan tanaman lidah mértua bisa digunakan untuk méndapatkan bibit tanaman. Bibit tanaman térsébut ditanam sampai tumbuh bésar, dan hasilnya juga masih bisa dicacah kémbali untuk dijadikan bibit yang baru.

Namun ada bébérapa jénis lidah mértua yang tak cocok jika dikémbangbiakkan déngan cara dicacah. Jénis lidah mértua térsébut adalah lidah mértua lorék yang mémiliki corak warna kuning dan hijau. Apabila jénis ini dicacah maka bibit yang dihasilkan bisa saja tidak sama déngan indukannya. Dan tingkat kébérhasilannya juga térbilang lébih réndah.

Sétélah tanaman dicacah sébaiknya mémbungkus bagian bawah cacahan ménggunakan tisu yang basah. Tujuannya adalah agar mémbantu mémpércépat tumbuhnya akar séhingga bisa ségéra ditanam ké média tanam yang télah disédiakan.

Sélain mémbungkus bagian bawahnya ménggunakan tisu yang basah, sétélah itu lakukan pényiraman rutin agar kondisi témpat tétap lémbab. Hal térsébut juga dapat mémbantu dalam prosés pénumbuhan akar.

Namun pada saat tanaman sudah tumbuh bésar, pényiraman tidak pérlu térlalu banyak karéna malah bisa ményébabkan kébusukan pada tanaman. Jadi lakukan pényiraman sécara cukup pada saat tanaman atau média tanam sudah térlihat kéring. Bagaimana, mudah sékali bukan? Sélamat méncobanya di rumah.


Sumber : jokowarino
Loading...