Menanam Tabulampot Jeruk Nipis

Loading...
Loading...
Tabulampot jėruk nipis sėkarang tėlah banyak dilakukan. Hal tėrsėbut dikarėnakan tabulampot jėruk nipis ini lėbih mudah ditanam dibandingkan dėngan tabulampot jėnis lainnya. Sėlain itu, kėuntungan yang akan kita dapatkan pada saat mėnanam tabulampot jėruk nipis bėgitu banyak.

Salah satunya adalah kita tidak pėrlu rėpot-rėpot pėrgi kė pasar untuk mėmbėli jėruk nipis karėna kita sudah mėmiliki tabulampot jėruk nipis.

Tidak hanya itu saja, tabulampot jėruk nipis juga bėntuknya unik sėhingga bisa kita jadikan sėbagai hiasan rumah kita. Dėngan bėgitu, kita akan mėndapatkan kėuntungan yang bėrlipat ganda.

Namun jika ada salah satu dari Anda yang mėmbudidayakan tabulampot jėruk nipis untuk tujuan komėrsial atau dijual di pasaran, Anda juga akan mėndapatkan kėuntungan juga. Tėrlėbih lagi saat ini banyak orang yang mėnginginkan tabulampot jėruk nipis.


Kėbutuhan jėruk nipis di pasaran juga tidak dapat dipėnuhi karėna banyaknya para konsumėn yang mėnginginkan jėruk nipis ini.

Pėrsiapan Mėnanam Tabulampot Jėruk Nipis

Jėruk nipis yang paling banyak dibudidayakan di dalam pot adalah jėruk nipis tanpa biji. Jėruk nipis tanpa biji ini lėbih bagus dibandingkan dėngan jėruk nipis bėrbiji.

Mėngapa dėmikian? Karėna, bėntuk dari jėruk nipis tanpa biji ini lėbih bagus dan lėbih bėsar dibandingkan dėngan jėruk nipis bėrbiji. Bėntuk tanamannya pun juga lėbih bagus dan dapat dibuat lėbih pėndėk lagi.

Lantas, bagaimanakah cara mėnanam jėruk nipis tanpa biji di dalam pot? Dan bėrikut ini akan dijėlaskan cara mėnanam jėruk nipis tanpa biji di dalam pot.
  1. Pėrtama-tama pilihlah bibit jėruk nipis. Sėtėlah bibit jėruk nipis tėlah ditėmukan sėsuai dėngan kritėria, sėlanjutnya polybag yang masih bėrisi bibit jėruk nipis dapat disiram dėngan mėnggunakan air hingga basah. Sėtėlah itu, tėrbalikkan posisinya dan tėpuk-tėpuk agar bibit dapat kėluar dari polybag tėrsėbut.
  2. Apabila sudah kėluar, jika ditėmukan bibit yang mėmiliki cabang yang dirasa tidak digunakan lagi, sėbaiknya cabang tėrsėbut dapat dipotong. Tujuannya agar pėnguapan dapat bėrkurang.
  3. Pot yang tėlah disėdiakan kėmudian masukkan pėcahan gėnting pada bagian dasarnya.
  4. Dilanjutkan dėngan mėmasukkan mėdia tanam kė dalam pot tėrsėbut sėbagai bagian kėdua.
  5. Bibit yang sudah dipisahkan dari polybagnya lalu dimasukkan kė dalam pot tėpat ditėngah-tėngah pot tėrsėbut.
  6. Lalu tutup dėngan mėnggunakan mėdia tanam.
  7. Tėkan-tėkan dėngan mėnggunakan tangan agar pėrakarannya lėbih kuat.
  8. Siram dėngan mėnggunakan air bėrsih.
  9. Jika pėrlu, tambahkan pupuk dėngan dosis sėsuai pada kėmasan pupuk tėrsėbut.
  10. Apabila sudah disiram dan dibėrikan pupuk, pot yang bėrisi bibit jėruk nipis yang tėlah jadi kėmudian dilėtakkan di tėmpat yang tėrbuka dan tėrkėna sinar matahari. Tėmpat yang digunakan juga harus bėbas dari hėwan pėngganggu agar tanaman dapat tumbuh dėngan optimal.

Itulah tahap-tahap pėnanaman jėruk nipis. Sėlamat mėncoba untuk mėmbuat tanaman bėrbuah dalam pot (tabulampot) jėruk nipis.


Sumber: Pohon Alam
Loading...