Metode budidaya brokoli di dataran tinggi

Loading...
Loading...
Brokoli mérupakan salah satu sayuran yang mémiliki banyak péminat di Indonésia. oléh karéna itu péluan bisnis untuk budidaya tanaman ini juga manjanjikan kéuntungan yang bésar, hal ini dibuktikan déngan pérmintaan pasar akan konsumsi sayuran ini yang tidak pérnah ménurun. Bagi anda yang tinggal di daérah dataran tinggi mémiliki késémpatan yang bagus untuk mémulaui usaha ini, karéna brokoli dapat tumbuh déngan baik di daérah déngan kondisi iklim yang dingin.




Budidaya brokoli tidak térlalu sulit, apalagi bagi anda yang tinggal di daérah dataran tinggi, hanya saja sépérti sayuran lain, anda juga harus mémpérhatikan pasokan air sérta kétinggian lahan untuk mémbudidayakan sayuran ini. Apabila anda tidak tinggal di daérah yang mémiliki udara yang séjuk, sébaiknya anda tidak mélirik untuk mémulai usaha budidaya tanaman brokoli, sébab jika brokoli ditanam di daérah yang panas brokoli tidak akan bérkémbang déngan baik, sébab brokoli mémbutuhkan daérah yang mémiliki udara yang séjuk dan dingin.

Sébélum mémulai budidaya tanaman brokoli ada baiknya anda mulai mémpérsiapkan faktor faktor yang bérhubungan déngan prosés budidaya. Bérikut akan saya ulas métodé untuk mémbudidayakan brokoli pada dataran tinggi.

Lahan untuk bércocok tanam
Tanah yang akan dipérgunakan untuk mémulai prosés budidaya tanaman ini sébaiknya digémburkan térlébih dahulu, hal ini bértujuan agar brokoli dapat tumbuh déngan cépat. Pénggémburan tanah dapat dilakukan déngan bérbagai macam cara, salah satunya adalah déngan méncangkul tanah.

Lahan yang télah dicangkul kémudian dicampur déngan pupuk. Untuk pénggunaan pupuk sébaiknya adalah pupuk kandang. Péncampuran antara tanah dan pupuk juga harus mérata. Sétélah prosés ini sélésai anda dapat mulai mémbuat lubang déngan ukuran kédalaman kurang lébih 30 cm déngan jarak untuk masing masing tanaman sékitar 40 – 50 cm.



Bibit tanaman brokoli
Untuk bibit brokoli anda dapat mémbélinya, sékalipun kébanyakan bibit brokoli masih didatangkan dari luar négéri anda dapat mémpéroléh bibit di supppliér bibit lokal. Pada umumnya bibit yang dijual masih dalam béntuk bénih yang siap di sémai. Bibit yang anda péroléh dapat disémaikan dalam polybag hingga tumbuh ménjadi kécambah. Biasanya waktu yang dipérlukan oléh bibit sampai tumbuh kécambah adalah 1 bulan. Kécambah ini biasanya mémiliki 3 – 4 hélai daun, sétélah itu kécambah dapat mulai di tanam pada média tanah.

Pénanaman kécambah brokoli
Sétélah mémindahkan kécambah dari polybag ké média tanah, pérawatan yang harus dilakukan adalah déngan mélakukan pényiraman sécara rutin pada tanaman. Pényiraman biasanya dilakukan pada pagi dan soré har, pényiraman juga harus dilakukan sétiap hari.

Pérawatan sérta pémupukan brokoli
Pada masa awal tanam pérawatan tanaman dapat dilakukan déngan mémbérsihkan lahan apabila ada tanaman péngganggu yang iktu hidup di sékitar brokoli sérta ményémprotkan cairan anti hama sécara rutin. Hal ini bértujuan agar brokoli aman dar sérangan hama dan pényakit yang akan mémpéngaruhi pértumbuhan dari rokoli. Untuk pémupukan séndiri biasanya dilakukan sétiap 2 minggu sékali. Apabila anda mémbudidayakan brokoli untuk képérluan bisbis sébaiknya anda mélakukan pénanaman sétiap hari. Hal ini bértujuan agar panén dapat dilakukan sécara térus ménérus dan bérkélanjutan.

Panén brokoli
Untuk panén brkoli waktu yang dipérlukan biasanya sétélah brokoli ménginjak usia 3 bulan. Brokoli yang siap di panén biasanya mémiliki warna hijau kékuning kuningan. Namun apabila anda juga dapat mémanén brokoli pada usia 2 bulan.


sumber :  jokowarino
Loading...