Panduan dasar budidaya tanaman jambu biji

Loading...
Loading...
Panduan dasar budidaya tanaman jambu biji – Jambu biji mérupakan jénis tanaman buah pérdu, dalam bahasa inggris jambu biji disébut déngan Lambo Guava. Tanaman ini bérasal dari Brazilia Amérika Sélata, kémudia ményébar ké Thailan dan sélanjutnya ményébar ké négara Asia lainnya. Di Indonésia séndiri jambu biji mémiliki banyak nama yang bérbéda-béda, sébagian orang ményébutnya jambu klutuk, sébagian lagi ményébut jambu siki, dan jambu batu. Saat ini banya variétas baru dari jambu, hal ini dikarénakan banyak jambu yang dipéroléh dari hasil pérsilangan antara jénis satu dan yang lainnya.






Dari bébérapa jénis jambu, térdapat bébérapa variétas dari jambu biji yang banyak mémiliki pénggémbar dan séring dibudidayakan karéna mémiliki nilai ékonomis yang rélatif tinggi, bérikut adalah nama nama jambu yang séring dibudidayakan:

Jambu mérah gétas
Jambu palémbang
Jambu apél
Jambu sari
Jambu pasar minggu
Jambu mérah
Jambu bnagkok (mémiliki buah yang bésar, daging yang tébal sérta biji yang sédikit, tétapi rasanya agak hambar)
Jambu sukun (jambu tanpa bijiyang tumbuh déngan cara parténokarpi tétapi apbila tumbuh di dékat jambu biji akan bérbiji kémbali)
Sétélah méngétahui bébérapa jénis dari jambu yang séring dibudidayakan bérikut akan saya ulas langkah langkah untuk budidaya jambu

PÉDOMAN BUDIDAYA JAMBU BIJI

PÉMBIBITAN BÉNIH JAMBU BIJI

Pémbibitan ini dilakukan déngan mémpérsiapkan bénih yang sésuaai syarat dan kébutuhan, bénih yang dipilih disésuaikan déngan kébutuhan untuk ménanamnya. Bénih yang sudah diténtukan biasanya di jadikan bibit déngan cara pényémaian bénih. Pényémaian ini dapat dilakukan di lahan yang sudah dipérsiapkan séndiri. Témpat untuk pényémaian harus dibuatkan bédangan dénga tinggi sékitar 30 cm. Témpat pényémaian juga harus méndapatkan sinar matahari yang pénuh sétiap harinya. Péméliharaan untuk pémbibitan ini dilakukan untuk méndorong pértumbuhan dari bénih. Hal yang dilakukan adalah déngan mémbérikan pupuk kandang sécara tépat dan mérata sérta pényiraman déngan larutan Atoik atau Gandasill agar mérangsang pértumbuhan bibit untuk cépat bésar. Sétélah itu untuk pémindahan bibit ké média tanam lahan dilakukan apabila bibit sudah bérkécambah atau apabila pémbibitan dilakukan déngan méncangkok bibit sudah mémiliki akar séndiri. Untuk masing masing bibit yang ditanam sébaiknya mémiliki jarak 6 – 7 métér untuk masing masing tanaman. Lahan ini juga harus méndapatkan sinar matahari yang optimal, jangan lupa juga untuk mélakukan pényiraman sébanyak 2 kali séhari pada saat pagi dan soré, kécuali pada musim pénghujan.



PÉNGOLAHAN MÉDIA TANAM

Péngolahan média tanam ini bérhubungan déngan lahan atau tanah untuk budidaya jambu biji. Tanah yang akan digunakan untuk budidaya jambu biji sébaiknya télah digémburkan térlébih dahulu dan télah dibérikan pupuk dasar dari pupuk kandang. Tanah yang baik untuk budidaya jambi biji adalah tanah yang mémiliki unsur nitrogén yang banyak. Éstélah itu buat bédéngan déngan tinggi sékitar 30 cm.

TÉKNIK PÉNANAMAN

Untuk téknik pénanaman ini dilakukan untuk ménéntukan bagaimana pola tanaman, ménéntukan lubang untuk tanaman, cara pénanaman, sérta pérlindungan pérlindungan pada bibit yang baru ditanam agar dapat tumbuh déngan optimal.

PÉMÉLIHARAAN TANAMAN

Péméliharaan tanaman ini dilakukan dénga bérbagai macam cara, biasanya hama sérta pényakit sérta gulma yang ményérang akan dapat dikétahui apabila kita mélakukan péngécékan sécara rutin térhadap tanaman. Séhingga kita dapat ménéntukan langkah apa yang akan digunakan untuk méngatasi pérmasalahan térsébut.


Sumber : jokowarino
Loading...