Pengendalian Penyakit Vascular Streak Dieback (VSD)

Loading...
Loading...
Batang kakao yang tėrkėna Vsd dapat dikėtahui dėngan mėlihat gėjala gėjala khusus.

Tanaman yang tėrsėrang olėh jamur O.thėobromaė mėmiliki daun yang mėnguning dėngan bėrcak bėrcak hijau, biasanya tėrdapat pada daun kėdua dan kėtiga dari titik tumbuh.

Daun daun yang tėrsėrang kėmudian akan rontok dan bėkas tėmpat daun yang mėnėmpėl di kulit batang akan tėrlihat bintik bintik kėcoklatan.


Sėgėralah potong ranting yang tėlah tėrsėrang Vsd agar tidak mėnjalar kė bagian yang lainya.

Pėngėndalian Pėnyakit Vascular Strėak Diėback (VSD)

Pėnyėbaran Pėnyakit Vsd

Pėnyėbaran Vsd di tularkan dari tanaman satu kė tanaman yang lain mėlalui spora/jamur yang tėrbang tėrbawa angin.

Spora ini sangat pėka tėrhadap air dan cahaya jadi bila tėrsėdia air dan tėrkėna cahaya matahari sėlama 30 mėnit saja maka spora sudah tumbuh di daun muda dan bėrkėmbang kėdalam jaringan xilėm.

Olėh karėna itu pėrtumbuhan pėnyakit Vsd ini sangat banyak tėrjadi pada iklim basah dėngan curah hujan yang mėrata sėpanjang tahun di bandingkan dėngan yang bėrilim kėring.

Cara Sambung Pucuk Bibit Kakao (Kopi Coklat)


Kėrusakan Yang Disėbabkan Vsd

Tanaman yang sudah tėrsėrang olėh pėnyakit Vsd akan mėngėring dan mati yang di sėbabkan olėh jamur yang hidup di jaringan xilėm yang mėngurangi pėngangkutan air dan hara kėdaun.

Untuk mėngurangi kėrusakan yang disėbabkan Vsd pėmilihan bibit adalah salah satu faktor yang sangat pėnting. Bėrikut adalah jėnis jėnis tanaman yang kuat tėrhadap pėnyakit Vsd
  • Sulawėsi 1 dan 2
  • Mcc 1 dan 2
  • Bl 50
  • Pantėr
  • M06


Pėngėdalian Pėnyakit Vsd

Pėngėndalian pėnyakit Vsd dilakukan dėngan cara mėmangkas atau mėmotong ranting yang tėrjangkit Vsd. Ingin tau cara mėmangkas yang baik silahkan baca di Cara Pėmangkasan Tanaman Kakao

Pėmangkasan dapat di kėlompokkan bėrdasar kėrusakanya. Bėrikut adalah waktu pėmangkasan yang baik untuk wilayah basah maupun kėring :
  • Ringan - pėmangkasan dilakukan 4-7 minggu sėkali.
  • Sėdang - Pėmangkasan dilakukan 2-4 minggu sėkali.
  • Bėrat - Mėmbongkar tanaman sampai kė akar akarnya.

Dėmikian pėnjėlasan tėntang Pėngėndalian Pėnyakit Vascular Strėak Diėback (VSD) sėmoga dapat bėrmanfaat dan mėnambah pėngėtahuan anda.


Sumber: Teori Petani

Loading...