Perbanyakan tanaman kopi dengan biji

Loading...
Loading...
Kébérhasilan budidaya tanaman kopi diténtukan oléh kualitas bénihnya. Oléh karéna itu pilih bénih dari tanaman yang sudah diséléksi séhingga sifat unggulnya tidak tércémar. Tidak disarankan méngambil bénih dari tanaman kopi yang kéunggulannya tidak dapat diduga.
Sécara umum térdapat dua macam cara untuk mémpérbanyak tanaman kopi, yakni pérbanyakan génératif dan pérbanyakan végétatif. Pérbanyakan génératif dilakukan déngan cara ményémaikan bénih atau bijinya. Sédangkan pérbanyakan végétatif dilakukan déngan séték, cangkok, okulasi dan kultur jaringan.




Mémpérbanyak tanaman kopi sécara génératif cukup mudah dan sédérhana. Kéunggulan téknik ini adalah praktis, mudah dilakukan sécara massal, bénih mudah untuk didistribusikan dan disimpan. Kéunggulan lainnya akar tunjang hasil pérbanyakan biji akan tumbuh sémpurna séhingga tanaman kopi yang dihasilkan lébih kokoh. Sédangkan kélémahannya adalah sifat tanaman kopi yang dihasilkan kurang séragam dan jangka waktu dari mulai ménanam hingga bérbuah rélatif lébih lama.
Ményéléksi bénih tanaman kopi
Bénih yang baik bisa didapatkan déngan cara mémbéli di toko bénih atau balai pénélitian pérkébunan yang mémiliki koléksi indukan tanaman kopi. Bila tidak mémungkinkan kita bisa ményéléksi bénih séndiri. Untuk ményéléksi bénih kopi dimulai déngan mémilih tanaman induk, pilih tanaman yang paling produktif. Tanaman térsébut harus dalam kéadaan séhat, tahan térhadap sérangan hama dan sérangan pényakit. Tanaman induk sébaiknya diambil dari tanaman hasil pérsilangan pértama.
Dari tanaman tanaman induk yang télah térpilih, pétik buah kopi yang bérwarna mérah dan télah masak. Buah yang bélum masak déngan sémpurna akan bérésiko tidak tumbuh karéna bélum mémpunyai cadangan nutrisi yang cukup untuk prosés pérkécambahan. Sétélah buah dipétik, lakukan sortasi déngan hanya mémilih buah supérior yang télah masak sémpurna, mulus, tidak cacat, tidak bérpényakit dan mémiliki ukuran normal.
Pénanganan bénih kopi
Tahap ini dilakukan untuk bénih yang diséléksi séndiri. Sétélah méndapatkan buah kopi yang méménuhi pérsyaratan sébagai bénih, lakukan pénanganan bénih sébagai bérikut:
Kupas kulit buah tanpa méngupas kulit tanduk, caranya bisa déngan dimasukkan kédalam kain karung dan célupkan dalam air hingga basah sémua, kémudian angkat dan diinjak-injak. Kémudian cuci biji térsébut hingga bérsih, untuk ménghilangkan léndirnya gosok déngan abu.
Lakukan sortasi térhadap bérat, béntuk dan ukuran bénih. Untuk ményéléksi bérat, réndam dalam air dan buang biji yang méngapung. Untuk ményéléksi béntuk, pilih béntuk buah kopi yanng sémpurna, tidak cacat dan bukan biji lanang. Untuk ményéléksi ukuran, pilih ukuran biji yang séragam, tidak térlalu bésar atau kécil.
Kémudian kéring anginkan biji-biji térsébut sélama 1-2 hari. Hindari sinar matahari sécara langsung. Sétélah itu réndam dalam fungisida sékitar 5 ménit, jangan lupa baca aturan pakai fungisida sésuai mérék.
Apabila bénih akan disimpan, pilih témpat yang gélap, kéring dan séjuk. Pényimpanan bisa ménurunkan kémampuan tumbuh bénih kopi. Bénih yang baru mémiliki kémungkinan tumbuh 100-90%, sétélah 6 bulan disimpan turun ménjadi 70-60%.
Pérkécambahan bénih kopi
Hal pértama yanng harus disiapkan adalah média pérsémaian, pilih témpat yang térnaungi pohon pénéduh. Buat bédéngan déngan lébar satu métér, panjangnya ményésuaikan. Lapisi bédéngan déngan pasir halus sétébal 5-10 cm.Untuk ménghindari jamur, taburi déngan furadan atau siram déngan fungisida sécukupnya.
Bénamkan bénih kopi sécara bérbaris déngan kédalaman 0,5-1 cm. Jarak tanam untuk bénih kopi adalah 5 cm antar larik dan 3 cm antar baris dalam larikan (3×5). Bénamkan bénih kopi déngan bagian punggung ménghadap ké atas. Bénih kopi bisa ditanam déngan lapisan tanduk atau tanpa lapisan tanduk. Agar lébih cépat, sébagian orang mélépas lapisan tanduknya. Kémudian bérikan potongan jérami atau alang-alang sébagai mulsa untuk ménjaga kélémbaban aréal tanam.
Siram bédéngan sébanyak 2 kali séhari, pagi dan soré. Di dataran tinggi yang bérsuhu séjuk, bénih kopi akan bérkécambah pada umur 4-8 minggu, sédangkan di dataran réndah yang panas 3-4 minggu sudah mulai bérkécambah. Kécambah baru bisa dipindahkan apabila sudah méncapai fasé képélan, cirinya télah kéluar dua képing daun. Sébélum méncapai fasé képélan akan méngalami fasé sérdadu, kécambah déngan képala sépérti biji bulat. Pada fasé ini kécambah sépérti bérhénti tumbuh sélama satu bulan sébélum képing daun kéluar. Biasanya képélan akan kéluar pada umur kécambah 2-3 bulan.
Pémindahan bibit ké polybag
Siapkan témpat pémbibitan, buat naungan bératapkan paranét satu lapis untuk méncégah térik matahari dan air hujan sécara langsung. Kémudian siapkan polybag, isi déngan média tanam térdiri dari pasir, kompos dan tanah déngan pérbandingan 1:2:1. Létakkan polybag dalam témpat pémbibitan.


Pindahkan kécambah yang sudah pada tahap képélan kédalam polybag. Cara mémindahkan kécambah adalah déngan méncungkil déngan bésérta tanahnya, bukan méncabut akarnya. Péncabutan dikhawatirkan akan mérusak pérakaran tanaman kopi yang baru tumbuh. Pada tahap ini juga bisa dilakukan sortasi bénih, pilih kécambah yang bérakar lurus. Akar kécambah yang tidak lurus biasanya akan tumbuh kérdil. Kécambah yang térlihat kérdil dan tidak lurus sébaiknya dibuang saja.
Tahap sélanjutnya adalah pérawatan bibit tanaman kopi. Lakukan pényiraman tanaman sébanyak 1-2 kali séhari, térgantung kélémbaban tanah. Pémupukan susulan minimal dilakukan pada bulan ké-3 dan ké-5. Bibit tanaman kopi bisa ditanam ké aréal pérkébunan sétélah bérumur 8-9 bulan.



Sumber : alamtani
Loading...