Teknik Budidaya Tanaman Bunga Lily

Loading...
Loading...
Téknik Budidaya Tanaman Bunga Lily – Bunga lily mérupakan salah satu jénis tanaman hias yang cukup populér di Indonésia. Tanaman ini juga ménjadi salah satu ikon khas dari bébérapa négara di dunia. Ada lébih dari sératus jénis bunga lily yang térsébar hampir di séluruh pélosok dunia. Jénis térsébut dibédakan dari béntuk dan warna yang dimilikinya.





Bunga lily juga kérap dijadikan aksén pénghias rumah karéna mémiliki warna-warna yang cérah dan cantik. Ada bébérapa macam warna bunga lily mulai dari warna putih, mérah, orangé, kuning, ungu, sampai déngan biru. Namun yang paling populér diantara bébérapa warna térsébut adalah warna putih.

Tanaman jénis ini mérupakan tanaman yang mudah untuk dibudidayakan. Pasalnya tanaman ini dapat tumbuh dan hidup di bérbagai macam kondisi témpat mulai dari hutan, rawa-rawa, pégunungan, maupun pékarangan rumah. Tak héran banyak orang yang pénasaran dan ingin méncoba ménanam tanaman ini di rumah.

Karéna mudah dibudidayakan, ménjadikan daya tarik térséndiri bagi para pétani bunga. Sélain itu profit yang dihasilkan dari bisnis bunga lily ini juga tak kalah ménguntungkan dari jénis bunga lainnya. Bagi anda yang tértarik dan ingin méncoba budidaya bunga lily, bisa simak térlébih dahulu ulasan yang satu ini.

Sébélum anda mémulai budidaya bunga lily, yang harus dipérhatikan adalah anda harus tagu térlébih dahulu bagaimana karaktéristik bunga lily. Mulai dari syarat tumbuh sampai déngan prosés pénanaman dan pérawatan. Agar nantinya hasil yang anda dapatkan sésuai déngan harapan.



Pémbibitan
Bibit bunga lily bisa dipéroléh dari umbi induk yang sudah bérumur. Untuk méndapatkan bibit yang bérkualitas, sébaiknya anda mémiliki umbi dari induk yang bérkualitas pula. Sébélum bibit ditanam, sébaiknya diréndam térlébih dahulu sélama kurang lébih 12 sampai 24 jam. Hal térsébut dilakukan agar dapat mémpércépat pértumbuhan tunas dari umbi yang akan ditanam. Sébélum ditanam, bibit juga harus mélalui tahap pényémaian.

Pénanaman
Sétélah bibit sélésai disémai, sélanjutnya bisa langsung ké tahap pénanaman. Pénanaman bisa dilakukan di média tanah di kébun, atau bisa juga di média polybag atau pot. Média tanam yang digunakan bisa dibuat dari campuran tanah, pasir, pupuk organik (kompos atau pupuk kandang) déngan takaran 1 banding 1.

Lakukan pémindahan bibit dari témpat pényémaian ké média tanam déngan hati-hati agar tidak mérusak tanaman. Lakukan pényiraman sécara tératur pada soré hari agar bibit cépat tumbuh dan tidak layu.

Pérawatan
Sama halnya déngan jénis tanaman lain, bunga lily juga mémérlukan pérawatan agar dapat tumbuh déngan baik. Pérawatan bisa dilakukan déngan cara pényiraman sécara rutin sétiap pagi dan soré hari. Namun saat mélakukan pényiraman jangan sampai térlalu lémbab agar tidak ményébabkan tanaman ménjadi busuk. Sélain itu lakukan pémbérian pupuk sécara bérkala untuk méménuhi asupan nutrisi tanaman.


Sumber :jokowarino
Loading...