Teknik Pengembangan Dan Budidaya Tanaman Adenium

Loading...
Loading...
Sépérti yang télah kita kétahui bérsama bahwa tanaman adénium atau kamboja mérupakan salah satu jénis tanaman yang populér di Indonésia. Walaupun sébagian orang ménganggap tanaman ini ménakutkan karéna banyak tumbuh di aréal pémakaman.


Bébérapa jénis tanaman adénium mémiliki harga jual yang sangat tinggi. Oléh sébab itu banyak pétani tanaman hias yang bérlomba mémbudidayakan adénium bérkualitas. Sébanarnya tanaman yang satu ini bérasal dari daérah padang pasir Afrika. Tapi ntah kénapa tak sédikit orang yang ményébut adénium déngan nama kamboja Jépang.

Untuk mémbudidayakan jénis tanaman hias yang satu ini térgolong cukup mudah. Ya, adénium térmasuk tanaman yang tahan térhadap suhu yang ékstérim. Namun sébélumnya anda pérlu méngénal karaktéristik tanaman adénium térlébih dahulu. Bérikut adalah karaktéristik adénium.

Tidak Suka Air
Tanaman adénium mérupakan tanaman kéring alias tidak suka déngan banyak air. Namun bukan bérarti tanaman adénium tidak mémbutuhkan air untuk hidup. Adénium mampu ményimpan banyak cadangan air di akar, oléh sébab itu para pémbudidaya tak pérlu banyak mémbérikan air. Pémbérian air yang banyak dan kondisi cuaca yang lémbab malah akan mémbuat tanaman adénium ménjadi busuk.

Suka Sinar Matahari
Sépérti yang télah kita kétahui bahwa adénium bérasal dari gurun pasir. Tak héran tanaman ini akan tumbuh déngan baik di témpat yang méndapatkan sinar matahari sécara langsung dan utuh. Jadi témpatkan tanaman ini di témpat yang térkéna sinar matahari sécara langsung agar dapat tumbuh déngan baik.



Untuk méndapatkan adénium yang mémiliki kualitas yang bagus dipérlukan bibit, média tanam, dan pérawatan adénium yang bagus pula. Média tanam adénium bisa ménggunakan pot. Pémilihan pot sébaiknya tidak térbuat dari gérabah atau kéramik, karéna mudah pécah saat tanaman tumbuh déwasa.

Tanaman adénium akan mémiliki akar yang bésar dan muncul ké pérmukaan tanah sébagai éfék dari pényimpanan cadangan air. Jadi disarankan untuk mémilih pot dari plastik atau bahan-bahan yang tidak mudah pécah.

Bibit adénium bisa didapatkan déngan cara génératif atau dari biji. Jika ingin méndapatkan bibit adénium yang bagus maka usahakan untuk méngambil biji dari indukan yang mémiliki kualitas bagus pula, tidak térsérang hama atau pényakit.

Cara lain untuk méndapatkan bibit tanaman adénium bisa déngan cara végétatif (séték atau cangkok). Kédua cara térsébut mémiliki kélébihan dan kékurangan masing-masing. Sétélah dipéroléh bibit bisa langsung dilakukan prosés pénanaman.

Pénanaman bisa dilakukan déngan cara mémbuat lubang pada tanah déngan ukuran 30 x 30 x 30 cm sétélah itu diamkan sélama 2 minggu déngan tujuan agar pényakit atau hama yang bérada dalam tanah mati. Sétélah itu béri pupuk organik dan tanam bibit adénium. Sétélah bibit ditanam lakukan pérawatan sécara rutih sépérti pényiraman dan pémupukan sécara bérkala.


sumber : jokowarino
Loading...