Cara Menanam Buah Delima Dari Biji

Loading...
Loading...
Buah Delima salah satu tanaman buah yang berasal dari Negara timur tengah. Tanaman buah delima biasanya dibudidayakan pada pot untuk tanaman hias atau tanaman buah dalam pot. Buah delima sendiri mempunyai tiga jenis yang banyak dibudidayakan, yaitu delima merah, delima ungu dan delima putih.

Untuk membudidayakan tanaman buah delima harus dilakukan dengan cara yang tepat dan benar supaya menghasilkan buah delima yang berbuah lebat. Berikut adalah beberapa langkah cara menanam buah delima dari biji.

Menyiapkan Bibit Buah Delima
Cara mengembangbiakan tanaman buah delima bisa dilakukan melalui biji, stek batang dan tunas atau cangkok. Untuk menghasilkan tanaman buah delima yang cepat berbuah, maka sebaiknya gunakan cara cangkok batang. Apabila Sahabat Inspirasi Berkebun tidak ingin repot, Sahabat Inspirasi Berkebun bisa membeli bibit tanaman buah delima cangkokan di penjual bibit tanaman.

Pada tulisan kali ini kami akan lebih membahas cara menanam buah delima dari biji. Untuk menyiapkan bibit tanaman buah delima dari biji, maka Sahabat Inspirasi Berkebun perlu menyiapkan media semai terlebih dahulu. Langsung saja perhatikan cara menyemai biji buha delima untuk bibit penanaman.

Pilihlah buah delima yang telah tua, belah buah delima dan ambil biji-biji buah delima. Setelah dapat, jemurlah biji buah delima selama satu hari, setelah di jemur satu hari kemudian angkat dan letakkan pada tempat teduh. Setelah di jemur biarkan bibit buah delima selama satu malam sebelum dilakukan penyemaian. 

Sebelum biji buah delima disemai, rendam terlebih dahulu biji buah delima menggunakan air hangat selama empat jam. Setelah direndam dengan air hangat tiriskan, setelah airnya tidak menetes lagi, lakukan penyemaian biji buah delima di lahan semai yang telah disiapkan. Lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari, hingga bibit buah delima berkecambah dan siap dipindah ke lahan tanam permanen.

Menyiapkan Lahan Tanam
Siapkanlah lahan tanam yang gembur dan subur serta tidak tergenang air karena buah delima sangat menyukai lahan tanam seperti itu. Apabila Sahabat Inspirasi Berkebun ingin membudidayakan tanaman buah delima di kebun atau lahan perkarangan rumah Sahabat Inspirasi Berkebun, maka Sahabat Inspirasi Berkebun perlu mempersiapkan lokasi tanam yang tidak tergenang oleh air dan tekstur tanah yang gembur.

Gali lubang pada tanah dengan ukuran 50 cm x 50 cm dengan kedalaman 50 cm, isi lubang tersebut dengan pupuk kandang sampai 2/3 bagian lubang terisi. Apabila Sahabat Inspirasi Berkebun ingin menanam buah delima lebih dari satu batang, maka buatlah lubang tanam dengan ukuran yang sama pada jarak lima meter dari lubang sebelumnya. Diamkan lubang yang akan ditanami buah delima selama tiga minggu sebelum ditanami.

Apabila buah delima akan ditanam pada pot sebagai tanaman buah dalam pot atau tabulampot maka siapkan pot dengan ukuran yang besar, isi pot dengan campuran tanah gembur dengan pupuk kandang. 

Menanam Bibit Buah Delima
Setelah bibit buah delima telah selai di semaian dan siap dipindahkan (tinggi bibit sekitar bibit biji buah delima sekitar 20cm), maka lakukan pemindahan bibit biji buah delima dengan cara mencabutnya. Pencabutan biji buah delima harus dilakukan dengan mengikutsertakan tanah semaiannya. Pada saat pencabutan biji buah delima gunakan bantuan pisau untuk menggali tanahnya agar tidak pecah.

Setelah tercabut, tanamlah bibit biji buah delima kelubang tanam atau pot yang telah di siapkan, lakukan penyiraman setelah penanaman buah delima selesai dilakukan. 
Cara Menanam Buah Delima Dari Biji
Merawat Tanaman Buah Delima
Perawatan tanaman buah delima supaya menghasilkan pohon yang subur dan cepat berbuah bisa dilakukan dengan cara memangkas cabang-cabang yang terlalu banyak supaya nutrisi makanan yang diserap tanaman digunakan untuk berbunga.

Pada saat umur tanaman buah delima sekitar enam bulan setelah masa penanaman lakukan pemupukan. Lakukan penyiraman pada tanaman buah delima secara rutin terutama pada musim kemarau. 

Memanen Buah Delima 
Buah delima yang telah matang akan berwarna kuning pada pangkal buahnya, pemanenan bisa dilakukan dengan cara memotong atau menggunting tangkai buahnya. Buah delima bisa dinikmati dalam kondisi segar atau dijadikan sebagai minuman.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara menanam buah delima dari biji. Semoga tulisan kami dapat bermanfaat untuk Sahabat Inspirasi berkebun dalam bertani. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi berkebun untuk menyimpan tulisan ini.
Loading...