Cara Menanam Bayam Rambat di Polybag dengan Cara Stek Batang

Loading...
Loading...
Bayam rambat merupakan salah satu jenis tanaman sejenis sulur yang tumbuh merambat. Jenis bayam ini ada dua macam, yaitu bayam rambat hijau (basella alba) dan bayam rambat merah (basella rubra). Tanaman bayam rambat sendiri di Negara Indonesia belum begitu banyak di kenal. 

Bayam yang memiliki daun berbentuk hati ini di Negara indonesia dikenal dengan nama gendola. Bayam jenis ini banyak di jual di pasar-pasar tradisional maupun modern, namun sangat di sayangkan di Negara indonesia sendiri masih sangat jarang di perjual belikan atau di budidayakan. 

Perlu di Ketahui oleh Sahabat Inspirasi Berkebun bahwa banyak sekali vitamin dan mineral yang terkandung di dalam sayuran bayam ini seperti Karbohidrat, vitamin C, Antidiabetik, Vitamin A, Zat Besi, Kalsium, Lemak, Protein, Anti Inflamatori dan Anti Mikroba.(Sumber: Widati 2012, Balai Penelitian Sayuran)

Untuk mengolah tanaman bayam ini juga sangat mudah, yaitu seperti halnya kita mengolah bayam pada umumnya namun bayam jenis ini dapat dimakan mentah atau untuk lalap, bukan hanya itu saja buah tanaman bayam ini juga dapat dimanfaatkan untuk pewarna alami makanan.

Selain pengolahan tanaman bayam yang mudah, ternyata penanaman bayam jenis ini juga cukup mudah yaitu dapat ditanam melalui biji maupun dengan cara stek batang.

Pada tulisan kali ini kami mencoba berbagi pengalaman untuk mulai menanam bayam rambat di polybag dengan cara stek batang, langsung saja ikuti langkah demi langkah yang kami lakukan berikut ini.

Alat dan Bahan yang di Perlukan
  • Bambu atau kayu untuk tiang penyangga, karena tanaman bayam ini merambat
  • Tanah humus atau kompos
  • Pisau atau cutter
  • Tali rapiah
  • Polybag
  • Air
Langkah-langkah Menanam Bayam Rambat di Polybag dengan Cara Stek Batang
Pertama potong batang tanaman bayam dari pohon induk sepanjang kurang lebih 50 cm saja.
Pemotongan Bayam Rambat Untuk di Tanam Secara Stek
Selanjutnya masukan tanah humus kedalam polybag.
Buang terlebih dahulu sebagian daunnya pada bagian bawah.
Pembuangan Daun Pada bagian Bawah
Setelah daun di kurangi, kemudian tancapkan juga bambu atau kayu yang berfungsi untuk tiang penyangga.
Penancapan Kayu untuk Penyangga
Tancapkan batang bayam yang telah disiapkan agak dalam sekitar 15 cm kedalam tanah. kemudian ikat bagian atas bayam ini ke kayu atau bambu dengan menggunakan tali rapiah.
Pengikatan batang Bayam ke Tiang Peyangga
Siram hingga tanahnya basah, selanjutnya letakan dulu di emperan rumah hingga benar-benar menunjukan adanya kehidupan pada tanaman bayam. Setelah itu dapat di letakan pada tempat yang terkena sinar matahari.
Tanaman Bayam Rambat di Letakan di Emperan Rumah
Untuk perawatan, tanaman bayam ini tidak terlalu susah karena hanya membutuhkan penyiraman yang teratur di saat kemarau dan pemupukan dapat Sahabat Inspirasi berkebun lakukan 1 minggu sekali menggunakan pupuk kandang. Sedangkan untuk pemanenan tanaman bayam ini bisa dipanen berkali-kali, karena kita hanya butuh bagian pucuknya saja.

Semoga tulisan kami diatas mengenai Cara Menanam Bayam Rambat di Polybag dengan Cara Stek Batang dapat menambah wawasan Sahabat Inspirasi berkebun. Silahkan bagikan tulisan ini ke halama facebook Sahabat Inspirasi berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber : Putra tani & Sugeng Riyadi
Loading...