Cara Pemupukan Tanaman Cabai Pada Musim Hujan

Loading...
Loading...
Pemberian pupuk pada saat musim hujan memang banyak sekali resiko yang akan Sahabat Inspirasi Berkebun hadapi, banyak para petani yang ingin memberikan pupuk pada tanaman cabai mereka akan tetapi takut tanaman cabai mereka mati. Pada saat musim penghujan pada biasanya intensitas air cukup tinggi, maka kemungkinan dari kasus ini akan mengakibatkan matinya organ tanaman cabai apabila perlakuan yang kita lakukan salah.

Pada tulisan kali kami akan memberikan sedikit tips, bagaimana mengatasi hal ini supaya tidak terjadi pada tanaman cabai Sahabat Inspirasi Berkebun. Tentu cara pemupukan yang akan kita gunakan ini berbeda dengan pemupukan pada saat musim kemarau dan perlakuannya yang lebih khusus.

Cara yang digunakan pada saat pemupukan di musim hujan yaitu dengan cara membenamkan pupuk pada masing-masing lubang khusus pupuk pada tanaman cabai, kemudian tutup dengan tanah yang ada disekitar lubang. Pemberian pupuk cabai ini diletakan pada tengah-tengah tanaman cabai satu dan dengan tanaman cabai lainnya.

Langsung saja untuk lebih jelasnya pupuk berikut ini yang dapat Sahabat Inspirasi Berkebun gunakan pada tanaman cabai Sahabat Inspirasi Berkebun pada saat musim hujan.
Cara Pemupukan Tanaman Cabai Pada Musim Hujan
Pupuk Kandang dan Kompos
Kandungan yang dibutuhkan oleh tanaman cabai ialah unsur Nitrogen (N), Phosfor (P) Kalium (K), Kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg) dalam jumlah yang tinggi. Pupuk kandang dan pupuk kompos mempunyai unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tanaman cabai Sahabat Inspirasi Berkebun. 

Keunggulan pupuk kandang dan pupuk kompos ialah memberikan pertumbuhan pada tanaman secara sempurna, maka pupuk organik ini sangat dianjurkan untuk tanaman Sahabat Inspirasi Berkebun.

Pada dasarnya kandungan unsur-unsur tersebut memungkinkan untuk pembentukan hormon tanaman dan enzimatis tanaman, dalam dunia pertanian enzimatis adalah merupakan kekebalan tanaman dari serangan penyakit dan hama. 

Jika musim hujan tentu resiko untuk terserang serangan penyakit dan hama akan lebih tinggi dari pada saat musim kemarau. Sahabat Inspirasi Berkebun dapat membuatnya di rumah dengan mudah, perlengkapan seadanya juga sudah cukup untuk membuat pupuk kandang dan kompos ini. 

Pupuk Phonska Cair
Pupuk phonska cair memungkinkan tanaman yang terserang oleh penyakit dan hama dapat disembuhkan dan mencegah serangan dari penyakit dan hama. Pupuk phonska cair ini sangat cocok sekali untuk tanaman cabai Sahabat Inspirasi Berkebun pada saat musim penghujan.

Cara penggunaan 
Siramkan pupuk phonska cair pada tanaman yang terserang hama penyakit dan hama atau tanaman cabai kerdil. Penyiraman dapa di gunakan pada saat pertumbuhan awal ketika tanaman cabai baru dipindah ke lahan bedengan bermulsa.

Sama halnya dengan pupuk kandang, pembuatan pupuk phonska cair ini sangat mudah serta dapat Sahabat Inspirasi Berkebun terapkan langsung di rumah atau kebun Sahabat Inspirasi Berkebun.

Dari beberapa cara pemupukan yang sering digunakan untuk tanaman cabai ini membutuhkan keuletan dan kerajinan dalam melihat kebutuhan tanaman cabai Sahabat Inspirasi Berkebun. Dalam budidaya yang Sahabat Inspirasi Berkebun tanam maka hal yang harus Sahabat Inspirasi Berkebun ketahui ialah kandungan unsur-unsur yang ada di dalam tanah.

Pupuk NPK, Pupuk Mutiara dan Pupuk Urea
Pupuk NPK merupakan pupuk yang mengandung unsur yang di butuhkan tanaman cabai pada saat masa pertumbuhan dan pada saat masa pembuahan. Begitu juga dengan pupuk Urea yang sangat baik pada saat dalam masa pertumbuhan awal.

Penggunaan pupuk dapat digunakan dengan cara pembenaman ke tanah, dosis yang dibutuhkan untuk satu tanaman ialah satu genggam orang dewasa. Pemberian pupuk dilakukan setiap satu bulan sekali, atau dapat juga secara rutin tiap 20 hari sekali.

Pupuk ini cocok juga digunakan pada saat musim kemarau. Penggunaan pupuk yang Sahabat Inspirasi Berkebun gunakan pada saat musim kemarau sama dengan pemberian pupuk pada saat musin penghujan.

Penggunaan pupuk yang digunakan harus sesuai dengan dosis anjuran pakai. Jangan sampai dosis kelebihan atau kekurangan dalam pemberian pupuk, karena jika dosis tidak sesuai akan berdampak buruk pada tanaman cabai yang dibudidayakan.

Demikian tulisan kami mengenai Pupuk Tanaman Cabai yang Cocok Di Musim Hujan. Semoga tulisan ini dapat membantu Sahabat Inspirasi Berkebun dalam berbudidaya tanaman cabai. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Loading...