Menanam Pak Choy Secara Hidroponik

Loading...
Loading...
Pak choy adalah salah satu tanaman yang termasuk dalam keluarga Brassiacaeceae. Jenis tanaman pak choy yang mempunyai bentuk fisik seperti tanaman sawi ini juga biasa dikenal dengan sebutan sawi sendok. Tanaman pak choy ini mempunyai ciri pangkal daun yang tebal dan lembut seperti halnya daging. Pada umumnya jenis sayuran pak choy ini akan diolah menjadi kuliner lezat seperti menjadi soup. Cara untuk membudidayakan tanaman pak choy ini, maka Sahabat Inspirasi Berkebun dapat menanam pak choy dengan sistem hidroponik.

Menanam pak choy dengan sistem hidroponik sangatlah mudah dan pastinya tidak membutuhkan biaya yang banyak. Selain hal tersebut, menanam pak choy dengan sistem hidroponik ini bisa di kembangkan di rumah Sahabat Inspirasi berkebun, meskipun Sahabat Inspirasi Berkebun tidak mempunyai lahan yang luas. Dengan mempraktekkan cara menanam pak choy dengan sistem hidroponik semacam ini, maka Sahabat Inspirasi Berkebun bisa mendapatkan hasil yang menguntungkan tanpa harus bercocok tanam di kebun secara konvensional.
Menanam Pak Choy Secara Hidroponik
Pada tulisan kali ini kami akan mencoba mengulas tentang bagaimana cara menanam pak choy secara hidroponik. Langsung saja berikut ini adalah cara menanam pak choy secara hidroponik yang dapat Sahabat Inspirasi berkebun praktekkan di rumah. 

Alat dan Bahan yang di Perlukan
  • Rockwool atau dapat diganti dengan spoon tipis
  • Syrofoam seukuran baskom 
  • Baskom persegi
  • Air bersih secukupnya
  • Gunting 
  • Bibit 
Langkah-langkah Menanam Pak Choy Secara hidroponik
  1. Pertama siapkan Styrofoam dan potong sesuai dengan ukuran baskom.
  2. Kedua buatlah lubang pada permukaan syrofoam dengan ukuran sebesar uang recehan 100 sebanyak mungkin.
  3. Ketiga buatlah potongan rockwool dengan ukuran sebesar lubang yang terdapat pada styrofoam
  4. Keempat pasang potongan rockwool pada styrofoam dan kemudian masukkan benih pak choy kedalamnya dengan jarak sekitar 0.5 cm hingga 1 cm.
  5. Kelima masukkan air bersih pada baskom sampai mencapai level 1/2 baskom dan dapat menjangkau dasar rockwool.
  6. Keenam tutup baskom dengan menggunakan styrofoam sampai tidak ada cahaya yang mampu masuk kedalamnya.
  7. Ketujuh setelah 14 hari akan ada benih yang keluar dan Sahabat Inspirasi Berkebun langsung dapat memaparkannya dibawah sinar matahari.
  8. Kedelapan pastikan juga Sahabat Inspirasi Berkebun membasahi benih tersebut dengan air dan menjaga dari kekeringan
  9. Kesembilan setelah bibit tanaman telah tumbuh atau berkecambah, maka Sahabat Inspirasi Berkebun dapat memindahkannya pada net pot
  10. Kesepuluh untuk net pot Sahabat Inspirasi Berkebun dapat menyiapkan kemasan bekas gelas air mineral yang dilubangi pada dasarnya.
  11. Kesebelas pindahkan rockwool yang berisi bibit pada net pot dan masukkan net pot pada baskom lain yang juga dilengkapi dengan Styrofoam berlubang sebesar gelas air kemasan tersebut.
  12. Keduabelas isikan air yang bernutrisi pada baskom hingga air menyentuh rockwool, biasanya nutrisi hidroponik menggunakan nutrisi AB Mix.
  13. Terakhir lakukan perawatan hingga tanaman pak choy Sahabat Inspirasi Berkebun tumbuh dengan subur.
Guna memperoleh hasil yang memuaskan dari menanam tanaman pak choy dengan sistem hidroponik ini, maka Sahabat Inspirasi Berkebun harus melakukan perawatan yang dapat Sahabat Inspirasi Berkebun lakukan dengan selalu mengecek air nutrisi pada baskom. Untuk air nutrisi dapat dibuat dengan mencampurkan pekatan A dan pekatan B sebanyak 1.5 ml atau bisa juga menggunakan AB Mix yang telah banyak tersedia di toko pertanian.

Pastikan Sahabat Inspirasi Berkebun selalu melakukan pengecekan pada air nutrisi dan selalu memastikan bahwa air selalu tetap menyentuh rockwool. Dengan menanam tanaman pak choy dengan sistem hidroponik serta melakukan perawatan tanaman secara benar, maka Sahabat Inspirasi Berkebun akan memperoleh hasil tanam yang memuaskan.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara Menanam Pak Choy Secara Hidroponik semoga dapat menambah pengetahuan Sahabat Inspirasi Berkebun. Silahkan bagikan tulisan ini kehalaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber : Cara Menanam Hidroponik Terbaru
Loading...