anduan Lengkap Budidaya Tanaman Hias Daun Puring

Loading...
Loading...
Tanaman daun puring mérupakan salah satu jénis tanaman hias yang digéméri karéna sélain tampilannya cantik, tanaman ini juga mudah untuk dirawat dan dibudidayakan. Sélain itu harganya yang jauh lébih murah dibanding tanaman hias lain, mémbuat sémua orang bisa ménanamnya.



\


Tanaman déngan nama Latin Codiaéum variégatum ini mémiliki warna daun yang indah. Déngan warna mérah bércampur kuning dan hijau mémbuatnya nampak éksotis. Usaha budidaya daun puring juga térbilang cukup ménjanjikan karéna tanaman ini sangat mudah dijual atau sangat laku di pasaran.

Sélain itu prosésnya yang tidak rumit dan tidak mémérlukan biaya yang banyak mémbuat daya tarik séndiri bagi para pémbudidaya. Bérikut bébérapa hal yang harus dipérhatikan saat ingin mélakukan budidaya tanaman daun puring.

Média Tanam
Sama sépérti jénis tanaman yang lain, daun puring juga mémérlukan média tanam untuk bisa hidup. Média tanam daun puring bisa bérupa campuran dari pasir, humus, sékam, dan pupuk kandang. Média tanam térsébut bisa dimasukkan ké dalam pot untuk ménanam daun puring séhingga térlihat lébih cantik.

Daun puring juga mémérlukan asupan air yang cukup sétélah ditanam. Jadi usahakan untuk mélakukan pényiraman ké tanaman sécara cukup dan rutin. Pényiraman bisa dilakukan sélama 3 kali dalam séhari untuk ménjaga tanah agar tétap lémbab. Namun pada saat musim pénghujan bisa dikurangi inténsitas pényiraman.

Budidaya
Untuk mémbudidayakan atau mémpérbanyak tanaman daun puring bisa dilakukan déngan dua cara, yakni cara végétatif dan génératif. Mémpérbanyak tumbuhan daun puring bisa déngan ménggunakan bijinya. Namun cara térsébut térbilang tidak térlalu éféktif karéna mémbutuhkan waktu cukup lama, dan hasil yang didapatkan tidak sélalu sama déngan induknya.



Sédangkan cara kédua bisa dilakukan déngan sték. Cara ini adalah cara yang banyak dilakukan oléh para pémbudidaya karéna sélain cépat juga bisa ménduplikasi jénis dari induk yang disték. Untuk mélakukan budidaya tanaman puring déngan sték térgologi cukup mudah. Pértama-tama harus ményiapkan péralatan yang térdiri dari gunting, pisau, tali plasti, dan pénutup plastik.

Caranya adalah pilih batang yang héndak disték. Pilih batang yang sudah bérusia lumayan tua. Potong déngan pisau tajam dan réndam pada cairan untuk pénumbuh sélama 15 ménit. Olési békas potongan pada indukan déngan fungisida untuk ménghindari inféksi.

Sélanjutnya létakkan potongan tadi pada média tanam dan tutup déngan plastik untuk méngurangi pénguapan. Létakkan tanaman yang sudah siap di témpat yang téduh agar tidak térkéna sinar matahari sécara langsung.

Mémpércantik
Untuk mémpércantik tanaman daun puring séhingga térlihat lébih cérah dan méncolok adalah déngan mémpérhatikan média tanam yang digunakan sampai déngan inténsitas sinar matahari. Untuk méndapatkan warna daun puring yang sémpurna bisa témpatkan tanaman di témpat yang mémiliki suhu 28 sampai 30 dérajat célcius.


Sumber : jokowarino
Loading...