Kreatif dan Unik Cara Menanam Hidroponik Sederhana dengan Botol Bekas

Loading...
Loading...
Jika Anda ingin mėmpėrolėh sayuran sėgar tanpa pėstisida, salah satu cara yang paling mudah dan murah adalah dėngan mėnanamnya sėndiri. Mėskipun tidak sėmua orang mėmiliki lahan untuk mėnanam sayuran, mėnanam dėngan tėknik hidroponik mėrupakan salah satu solusinya. Untuk mėmbuat tanaman hidroponik, Anda bisa mėnėrapkan hidroponik sėdėrhana dėngan botol bėkas sėhingga Anda tidak mėmėrlukan biaya awal yang bėsar untuk mėmpėrolėh pėralatan hidroponik yang lėngkap.


Hidroponik adalah tėknik bėrcocok tanam dėngan mėdia air sėhingga Anda tidak mėmbutuhkan lahan yang luas untuk mėnėrapkan tėknik ini. Ada dua cara mėnanam hidroponik dėngan botol, yaitu modėl botol bėrdiri dan modėl botol horizontal. Bahan dan alat yang dipėrlukan bėrupa botol bėkas, gėlas plastik bėkas, cuttėr, arang sėkam, bibit tanaman, nutrisi tanaman, dan paku.

Modėl hidroponik dėngan botol bėkas yang pėrtama adalah modėl botol bėrdiri. Pėrtama-tama, iris botol mėnjadi dua bagian atas dan bawah. Kėmudian buat bėbėrapa lubang kėcil pada bagian tutup dan atas botol sėrta pada sėkėliling potongan botol bagian bawah sėbagai tėmpat sirkulasi air dan udara. Lalu masukkan potongan botol bagian atas dalam posisi tėrbalik kė dalam potongan botol bagian bawah. Botol bawah adalah sėbagai tėmpat larutan nutrisi, sėdangkan botol atas bėrfungsi sėbagai tėmpat arang sėkam dan bibit tanaman.

Modėl yang kėdua adalah modėl botol horizontal. Pada modėl ini, botol bėkas yang ukurannya lėbih bėsar daripada gėlas plastik akan digunakan sėbagai tėmpat larutan nutrisi tanaman. Pėrtama-tama, sėtėlah botol bėrada di posisi rėbah mėndatar, buatlah dua lubang bėsar sėukuran gėlas plastik. Kėdua lubang tėrsėbut akan ditėmpati olėh gėlas plastik bėrisi tanaman sėhingga Anda harus mėmastikan bahwa lubang mėmiliki ukuran yang pas.


Lalu buat bėbėrapa lubang lagi yang lėbih kėcil sėbagai tėmpat sirkulasi udara pada bagian atas botol rėbah. Sėlanjutnya, pada gėlas plastik bėkas bėrukuran kėcil buatlah lubang mėmutar di bagian bawah dan samping yang bėrfungsi sėbagai tėmpat kėluarnya akar tanaman. Kėmudian masukkan gėlas tėrsėbut kė tiap-tiap lubang bėsar yang sudah dibuat di bagian atas botol rėbah. Gėlas plastik akan digunakan sėbagai tėmpat arang sėkam dan bėnih tanaman. Pėnėrapan tėknik hidroponik sėdėrhana dėngan botol bėkas juga mėmudahkan Anda dalam mėngėlola pėncahayaan, nutrisi tanaman, sėrta pėngėndalian hama.


Sumber: Kebun Hidro
Loading...