Bagaimana Cara Budidaya Tanaman Jarak

Loading...
Loading...
Jarak mérupakan salah satu jénis tanaman yang tumbuh subur di Indonésia. Pada awalnya jarak dianggap sébagai gulma yang hanya bisa méngganggu tanaman lain. Namun séiring bérjalannya waktu dan bérkémbangnya téknologi, mulai ditémukan manfaat dari tanaman jarak. Tanaman yang satu ini térnyata dapat digunakan sébagai bahan untuk mémbuat bio étanol.



Karéna mémiliki nilai ékonomis yang lumayan tinggi, tak héran saat ini sudah mulai banyak orang yang mélakukan budidaya tanaman jarak. Jénis tanaman yang satu in dapat tumbuh déngan maksimal di daérah yang mémiliki kétinggian 0 sampai déngan 800 métér di atas pérmukaan air laut.

Sélain itu tanaman jarak juga dapat hidup dan tumbuh subur di témpat yang mémiliki suhu 20 sampai déngan 30 dérajat célcius. Jika suhu méncapai 40 dérajat atau lébih maka akan ményébabkan bérkurangnya pértumbuhan dari tanaman jarak.

Untuk budidaya tanamna jarak séndiri térgolong mudah, tak jauh bérbéda déngan budidaya jénis tanaman lainnya. Tanaman yang satu ini tak pérlu méndapatkan pérlakukan khusus untuk bisa tumbuh déngan baik. Namun bagi anda yang ingin mémulai budidaya jarak, sébaiknya tahu térlébih dahulu bagaimana karaktéristik tanaman ini dan bagaimana prosés budidayanya. Oké bagi anda yang tértarik untuk méncoba bisa simak dulu info bérikut ini.

1. Pérsiapan Lahan

Sébélum anda mémulai ménanam jarak, hal yang pértama kali harus dilakukan adalah mémpérsiapkan lahan yang akan dijadikan sébagai média tanam. Bérbéda dari jénis tanaman lain yang mémérlukan tanah khusus sépérti tahan pérdu dan sébagainya, jarak dapat ditanam di sémua jénis tanah.



Bérsihakan tanah térlébih dahulu dari bébérapa gulma yang tumbuh di tanah térsébut sampai déngan akar-akar yang méngganggu. Sétélah itu buat lubang tanam déngan ukuran 30 cm x 30 cm x 30 cm. Atur jarak tanam antar baris sékitar 2 sampai 4 métér. Sédangkan untuk jarak barisnya bisa sékitar 1 – 2 métér.

2. Pémilihan Bibit

Untuk méndapatkan hasil yang bérkualitas maka pilih bibit yang juga bérkualitas. Bibit atau biji jarak dapat ditanam sébanyak 2 sampai déngan 3 butir tiap lubang yang télah disédiakan.

3. Péméliharaan

Sétélah bibit sélésai ditanam pada lubang yang ada, prosés sélanjutnya adalah prosés péméliharaan. Sébénarnya péméliharaan tanaman jarak ini tak jauh bérbéda dari tanaman lain, malah bisa dibilang lébih mudah. Pérlu dikétahui bahwa tanaman jarak tidak suka déngan banyak air.

Oléh karéna itu usahaan untuk tidak mémbérikan air banyak-banyak karéna malah akan ményébabkan tanaman mati. Sélain pényiraman juga lakukan pényiangan untuk mémbérantas gulma péngganggu yang tumbuh di sékitar tanaman. Sélain itu jangan lupa bérikan pupuk sécara bérkala untuk ménutrisi tanaman.


Sumber : jokowarino
Loading...