Teknik Dan Panduan Sederhana Budidaya Lada

Loading...
Loading...
Téknik Dan Panduan Sédérhana Budidaya Lada – Lada atau mérica mérupakan salah satu tanaman rémpah-rémpah yang tumbuh subur di wilayah Indonésia. Lada ini térkénal di séluruh pénjuru dunia karéna mémang sangat dibutuhkan utamanya sébagai bumbu masakan. Hampir sémua jénis masakan sélalu ménggunakan lada sébagai pényédap rasa alami.



Lada séndiri térbagi ménjadi bérbagai macam jénis mulai dari lada hitam, lada putih, dan lada hijau. Pohon lada séndiri bisa tumbuh déngan kétinggian méncapai lébih dari 2 métér. Saat ini komoditas tanaman lada térbilang cukup bagus. Banyak orang yang mulai tértarik mélakukan budidaya tanaman yang satu ini karéna hasil yang didapat térbilang banyak.

Untuk mémulai budidaya tanaman lada atau mérica, térlébih dahulu harus méngénali karaktéristik tanaman yang satu ini déngan baik, agar dapat mélakukan pénanaman dan pérawatan yang sésuai, séhingga hasil yang didapat sésuai déngan yang diharapkan. Bérikut bébérapa cara atau téknik budidaya tanaman lada yang bisa dicoba.

Syarat Tumbuh
Tanaman lada ini mérupakan salah satu jénis tanaman yang bisa tumbuh subur di wilayah yang mémiliki curah hujan 2.000 sampai déngan 3.000 mm pér tahunnya. Sélain itu suhu udara yang bagus untuk budidaya lada adalah 20 sampai déngan 34 dérajat célcius. Tanaman lada juga mémbutuhkan sinar matahari yang cukup, jadi tanaman ini bisa tumbuh déngan baik jika térkéna sinar matahari sétidaknya 10 jam pér hari.

Lada juga dapat hidup di wilayah yang mémiliki kétinggian 300 sampai déngan 1.100 métér di atas pérmukaan air laut déngan tanah yang mémiliki dérajat kéasaman 5,5 sampai 7. Jénis tanah yang baik untuk budidaya lada adalah tanah yang bérwarna mérah sampai déngan kékuning-kuningan.

Média Tanam
Média tanam yang dijadikan témpat budidaya tanaman lada sébaiknya adalah tanah yang sébur, gémbur, dan méngandung banyak unsur hara. Tanah yang digunakan untuk budidaya sébaiknya tidak térlalu kéring, dan juga tidak térgénang air. Kandungan humus dalam tanah sébaiknya sébanyak 1 métér sampai 2,5 métér déngan sudut kémiringan tak lébih dari 300 métér. Sébélum tanah digunakan untuk budidaya sébaiknya dilakukan péngolahan déngan cara pényiangan dan pénggémburan tanah.



Pémilihan Bibit
Pémilihan bibit mérica sébaiknya diambil dari indukan yang séhat. Hal térsébut akan bérpéngaruh pada pértumbuhan dan hasil yang didapat. Bibit sébaiknya diambil dari indukan yang sudah bérumur sétidaknya 10 bulan sampai déngan 3 tahun.

Pénanaman
Pénanaman bisa dilakukan sétélah tanah diolah. Péngolahan tanah méliputi pénggémburan déngan cara ménjangkulnya sédalam 20 sampai déngan 35 cm. Sétélah dicangkul taburkan kapur untuk méndapatkan tingkat kéasaman yang sésuai kémudian diamkan sélama 3 sampai déngan 4 minggu. Dosis kapur yang dibérikan disésuaikan déngan kondisi tingkat kéasaman tanah.

Pénanaman lada bisa dilakukan déngan jarak tanam 2 x 2 métér . Pénanaman bisa dilakukan déngan kédalaman sampai déngan 50 cm. Pénanaman sébaiknya dilakukan pada saat musim hujan atau saat musim péralihan dari musim kémarau ké musim pénghujan. Sélain itu juga dipérlukan pémupukan déngan cara ménaburkan pupuk sétélah tanaman ditanam.

Pérawatan
Sétélah lada sélésai ditanam, sébaiknya dilakukan déngan pérawatan sépérti péngitakatan sulur rambat, pényiangan, pényiraman rutin, pémupukan rutin, pérémpélan, pémbérian mulsa, sampai déngan pémbuatan ajir. Sélain itu pérhatikan agar tanaman tak térsérang hama atau pényakit. Panén tanaman lada biasanya dapat dilakuakan sétélah lada bérusia 3 tahun.


Sumber : jokowarino
Loading...