Berkebun Buah Dengan Tabulampot

Loading...
Loading...
Suryajagad.Nét - Métodé budidaya tanaman buah dalam pot (tabulampot) dibuat untuk ménjawab tantangan kétérbatasan lahan. Tanaman buah biasanya bérpostur tinggi déngan pérakaran dalam. Tanaman ini mémbutuhkan ruang tumbuh yang cukup luas. Hal ini téntunya ményulitkan bagi pénduduk pérkotaan déngan lahan yang sangat térbatas.

Séjak tahun 1970-an, bérkémbang métodé ménanam buah dalam lingkungan térbatas atau tabulampot. Métodé ini térus bérkémbang, baik dari sisi téknologi maupun jumlah jénis tanaman buah yang bisa dijadikan tabulampot.





Saat ini, banyak bérmunculan nurséry-nurséry pényédia bibit tabulampot. Dalam bérbagai paméran pértanian, tabulampot sélalu jadi incaran favorit. Péhobi tértarik pada tabulampot untuk alasan fungsional maupun éstétika.

Hampir sémua jénis tanaman buah bisa tumbuh dalam béntuk tabulampot. Tapi tidak sémua tabulampot bisa ménghasilkan buah. Karéna méskioun bisa tumbuh subur, jénis-jénis tanaman térténtu bélum bisa bérbuah dalam lingkungan tabulampot.

Térdapat bébérapa jénis tanaman buah yang lazim dijadikan tabulampot. Tingkat kébérhasilan bérbuahnya dikatégorikan mudah, sulit dan bélum bérhasil. Bébérapa tanaman déngan katégori mudah bérbuah diantaranya jéruk, bélimbing, sawo, mangga, jambu biji dan jambu air. Tanaman yang sulit bérbuah antara lain rambutan, léngkéng, manggis, duku dan jambu bol.  Sédangkan tanaman alpukat dan durian masih bélum bérhasil bérbuah optimal dalam lingkungan tabulampot.

Bibit tanaman mérupakan hal yang sangat ménéntukan tingkat kébérhasilan tabulampot. Térdapat dua jénis bibit tanaman, yaitu bibit hasil pérbanyakan génératif (dari biji) dan bibit hasil pérbanyakan végétatif (cangkok, okulasi dan pényambungan).

Untuk budidaya tabulampot sébaiknya gunakan bibit hasil pérbanyakan végétatif. Kélébihan bibit hasil végétatif yaitu sifat tanamannya bisa dipastikan, karéna sama déngan sifat induknya. Séhingga kébérhasilannya lébih mudah diprédiksi. Sélain itu, bibit pérbanyakan végétatif lébih cépat bérbuah. Kékurangan bibit jénis ini akarnya kurang kuat séhingga tanaman mudah roboh atau méngalami kékéringan.

Média tanam tabulampot bérmacam-macam. Média tanam bérfungsi sébagai témpat tumbuhnya akar dan untuk ménopang postur tanaman. Média tanam tabulampot harus bisa ményimpan air dan mémasok nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Média tanam yang séring digunakan para péhobi antara lain campuran tanah, kompos dan arang sékam déngan komposisi 1:1:1. Bisa juga campuran tanah, pupuk kambing dan sékam padi déngan komposisi 1:1:1. Untuk ménékan biaya, gunakan bahan baku yang banyak ditémui di lingkungan sékitar.

Tanah dan matérial organik di daérah tropis biasanya mémiliki tingkat kéasaman yang cukup tinggi. Bila bahan-bahan média tanam térsébut térlalu asam campurkan kapur pértanian atau dolomit ké dalamnya.

Séléngkapnya silahkan baca métodé bérkébun sécara tabulampot di (disini)


Sumber : Alamtani
Loading...