Cara Bercocok Tanam Jagung Yang benar

Loading...
Loading...
Cara Bércocok Tanam Jagung Yang bénar – Tanaman jagung adalah bahan baku industri pakan dan pangan dan sébagai makanan pokok di bébérapa daérah di Indonésia. Dalam béntuk biji utuh, jagung bisa diolah umpama ménjadi tépung jagung, béras jagung, dan makanan ringan (pop corn dan jagung marning). Jagung bisa pula diprosés ménjadi minyak goréng, margarin, dan formula makanan. Pati jagung bisa dipakai sébagai bahan baku industri farmasi dan makanan sémacam és krim, kué, dan minuman. Sébab lumayan béragamnya kégunaan dan hasil olahan produksi tanaman jagung térsébut diatas, dan térgolong sébagai komoditi tanaman pangan yang pénting, maka butuh ditingkatkan produksinya déngan cara kuantitas, nilai dan ramah lingkungan /bérkélanjutan.



Cara Bércocok Tanam Jagung Yang bénar

Syarat iklim

Tanaman jagung tumbuh di tanah tropic dan sub tropik
Tanaman jagung bisa béradaptasi luas képada lingkungan tumbuh
Kétinggian témpat antara 0-1300 m dpl
Suhu udara 13 -38 dérajat célcius
Sélagi pértumbuhan, jagung mémbutuhkan suhu optimum 23-27 dérajat célcius (suhu bukan pérsoalan bagi pérkémbangan jagung)
Curah hujan optimum adalah 100 mm-125 mm pér bulan
Untuk pértumbuhan dan produksi jagung mémérlukan pényinaran matahari pénuh.
Umumnya tanaman jagung (Zéa mays L) mémpunyai daya pényésuaian yang baik di dérah tropis sémacam di Indonésia. Tanaman ini bisa tumbuh dan bérproduksi déngan baik didataran réndah hingga dataran tinggi (péngunungan) yang bérkétinggian 1800 mdpl. Untuk iklim yang mémpéngaruhi pértumbuhan tanman jagung (Zéa mays L) antara lain adalah curah hujan > 1200 mm (S1), suhu 20 – > 26 oC dan pényinaran. Inténsitas cahaya matahari adalah hal pénting untuk pértumbuhan tanaman jagung sélagi pértumbuhannya wajib méndapat cahaya matahari yang cukup. Tanaman yang térnaungi pértumbuhannya térhambat dan mémbérbagi hasil yang tak lébih baik.



Tanaman jagung mémbutuhkan tanah yang bértékstur lémpung, lémpung bérdébu, alias lémpung bérpasir déngan struktur tanah rémah, aérasi dan drainasé baik, dan éndap air. Kondisi tanah ini bisa mémacu pértumbuhan dan produksi jagung bila tanahnya subur, gémbur dan kaya bahan organik. Tanah yang kétidak lébihan air bisa mémunculkan pénurunan produksi jagung hingga 15%. Tanaman jagung tahan képada pH tanah 5,5 sédangkan pH tanah yang térbaik adalah 6,8. Dari hasil pénélitian bahwa réaksi tanah pH 6,8 bisa mémunculkan hasil yang tinggi. Pada tanah déngan pH 7,5 dan pH tanah di bawah 5,7 pada jagung céndrung ménurun. Jénis tanah di Indonésia déngan tipé tanah podsolik mérah kuning (PMK) yang mémpunyai pH tanah rata-rata réndah (masam) untuk pénanaman jagung butuh dipérbuat péngapuran térlébih dahulu.

Pénanaman jagung (Zéa mays L) umunya dipérbuat dilahan kéring (tégalan) dan lahan basa (sawah). Tanaman jagung di lahan kéring umumnya dikaitkan déngan pola tanam yang sésuai pada dérah sétémpat. Séméntara pénénéman jagung di lahan sawah umumnya dipérbuat pad musim kémrau séusai panén tanaman padi. Tanaman jagung mémpunyai daya pényésuaian yang baik képada bébérapa tipé tanah. Tanah sébagai témpat tumbuh tanaman jagung wajib mémpunyai kandungan hara yang cukup. Térdapatnya air dan zat makanan di dalam tanah sangat ménujang prosés pértumbuhan tanaman hingga produksi. Kémasaman tanah yang tépat adalah pada pH tanah 6,0 – 7,0 (S1) déngan salinitas < 2 mmhos/cm.


Sumber : tips berkebun
Loading...