Kelebihan dan Kekurangan Bercocok Tanam Hidroponik

Loading...
Loading...
Kélébihan dan Kékurangan Bércocok Tanam Hidroponik – Hidroponik bérasal dari bahasa Yunani yaitu hydro bérarti air dan ponous bérarti kérja. Sésuai arti térsébut, bértanam sécara hidroponik mérupakan téknologi bércocok tanam yang ménggunakan air, nutrisi, dan oksigén. Bébérapa kélébihan dan kékurangan sistém hidroponik dibandingkan déngan pértanian konvénsional yaitu :

hidroponik



Kélébihan sistém hidroponik antara lain:

Pénggunaan lahan lébih éfisién
Tanaman bérproduksi tanpa ménggunakan tanah
Kuantitas dan kualitas produksi lébih tinggi dan lébih bérsih
Pénggunaan pupuk dan air lébih éfisién
Péngéndalian hama dan pényakit lébih mudah
Kékurangan sistém hidroponik antara lain:

Mémbutuhkan modal yang bésar
Pada kultur substrat, kapisitas mémégang air média substrat lébih kécil dari pada média tanah séhingga akan ményébabkan pélayuan tanaman yang cépat dan strés yang sérius.
Di Indonésia, hidroponik yang bérkémbang pértama kali yaitu hidroponik substrat, sétélah hidroponik substrat, hidroponik NFT (Nutrién Film Téchniqué) mulai dikénal di Indonésia, kémudian bérkémbang pula hidroponik aéroponik yang mémbérdayakan udara.



Hidroponik Subtrat. Sistém hidroponik subtrat tidak ménggunakan air sébagai média, tétapi ménggunakan média padat (bukan tanah) yang dapat ményérap atau ményédiakan nutrisi, air, dan oksigén sérta méndukung akar tanaman sépérti halnya fungsi tanah. Bahan-bahan yang bisa digunakan sébagai média tanam pada hidroponik métodé subtrat adalah arang sékam, pasir, kérikil, batu apung, cocopéat, rockwool, dan spons. Média-média térsébut harus stéril, bisa ményimpan air séméntara, porous, dan bébas dari unsur hara. Média térsébut bérfungsi sébagai témpat ményimpan air nutrisi séméntara dan témpat térsébut bérfungsi sébagai témpat bérpijak akar. Sistém irigasi tétés digunakan untuk ményuplai kébutuhan unsur hara dari air nutrisi yang disiram ké tanaman ménggunakan

Hidroponik NFT (Nutrién Film Téchniqué). Kata “film“ dalam hidroponik nutrién film téchniqué ménunjukkan aliran air tipis. Hidroponik ini hanya ménggunakan aliran air (nutrién) sébagai médianya. NFT mérupakan modél budidaya déngan mélétakan akar tanaman pada lapisan air yang dangkal. Air térsébut térsirkulasi dan méngandung nutrisi sésuai kébutuhan tanaman. Pérakaran bisa bérkémbang di dalam larutan nutrisi karéna disékéliling pérakaran térdapat sélapis larutan nutrisi, maka sistém ini dikénal déngan nama nutrién film téchniqué.

Aéroponik. Aéroponik bérasal dari kata aéro yang bérarti udara dan ponus yang bérarti daya. Aéroponik dapat diartikan déngan mémbérdayakan udara. Prinsip kérja dari aéroponik yaitu ményémburkan larutan hara dalam béntuk kabut hingga méngénai akar tanaman. Larutan hara térsébut akan disérap oléh akar tanaman. Tanaman pada sistém aéroponik ditanam déngan cara digantung séhingga akar tanaman ménggantung di dalam suatu bak. Pangkal batang dimasukkan ké dalam hélaian styrofoam yang télah dilubangi agar dapat bérdiri.


Loading...