Cara Bertanam Hidroponik Sederhana di Rumah

Loading...
Loading...
Cara Bértanam Hidroponik Sédérhana di Rumah – Sahabat Sékalian pada késémpatan kali ini Tips Bérkébun akan sharé artikél méngénai Cara Bérkébun Hidroponik déngan Téknik Sédérhana. Ada dua téknik sédérhana yang akan saya bahas, yaitu hidroponik sistém wick (méwakili téknik larutan statis) dan hidroponik sistém NFT (méwakili téknik larutan alir)




Kata ‘wick’ kalau tidak salah bérarti sumbu. Maka sistém wick biasa disébut juga sistém sumbu. Sistém hidroponik ini ménggunakan sumbu yang dipasangkan ké média/pot tanaman yang bérfungsi untuk méngalirkan larutan nutrisi dari bawah (pénampung) ké atas (akar tanaman). Rockwool adalah média yang akan ményérap air nutrisi yang dibawa kain flanél, séhingga akar-akar muda tanaman akan ményérapnya dari rockwool. Sémakin bésar, akar tanaman akan kéluar dari rockwool dan mérayap mélalui kain flanél ménuju larutan nutrisi di bagian bawah dan méngisapnya séndiri.

Sistém ini mérupakan sistém yang paling mudah, dan murah, dan sangat cocok untuk tahap bélajar, térutama untuk para pémula atau hobiis tanaman indoor.

 Bahan yang dibutuhkan :

Botol békas ukuran 600 ml
Média tanam : disarankan Rockwool (bisa béli di toko pértanian atau onliné) Altérnatif lain kalau répot bisa diganti sama dacron, busa békas, gulungan kapas, atau kain flanél yang digulung.
Sumbu : Bisa ménggunakan sumbu kompor / kain flanél / kain yang ményérap air rockwool, larutan AB MIX, dan bibit hidroponik
Cara Mémbuat Média Tanam Hidroponik Sédérhana

Potong botol air minéral ménjadi 2 bagian
Lubangi bagian atas léhér botol di dua sisi déngan soldér atau paku yang dipanasi.
Masukan sumbu/kain flanél yang sudah dipotong mémanjang mélalui dua lubang tadi
Pasang térbalik bagian atas botol ké bagian bawah botol.
Média tanam hidroponik sédérhana sudah siap digunakan.
Langkah bérikutnya ményiapkan bénih tanaman yang akan kita tanam. Untuk latihan saya sarankan tanaman sayuran hidroponik yang gampang tumbuh sépérti sawi atau sélada. Saat ini bénih/bibit tanaman banyak sékali dijual sécara onliné. Silahkan googling déngan kata kunci ‘bibit tanaman hidroponik’. Sékalian kalau anda béli onliné, béli juga rockwool dan pupuk hidroponik.



Cara Ményémai Bénih Hidroponik Ménggunakan Rockwool

Potong-potong rockwool déngan ukuran 2,5 x 2,5.
Basahi rockwool déngan air déngan cara dicipratkan atau disémprot kécil agar rockwool tidak térlalu basah / digénangi air. Témpatkan di nampan atau kotak plastik békas yang ada.
Lubangi bagian téngah sétiap rockwool déngan lidi/tusuk gigi. Jangan buat lubang térlalu dalam, cukup kira-kira 2 mm saja.
Masukkan bénih tanaman ké dalam lubang yang sudah dibuat di atas rockwool.
Tutup wadah déngan kantong plastik hitam dan témpatkan di témpat yang téduh atau gélap.
Umumnya untuk sayuran sépérti sawi dan sélada, dalam 1-2 hari sudah sprout/pécah bénih. Tanda sprout adalah déngan munculnya calon akar (putih-putih) dan ményémbul calon daun.
Kalau sudah ada yang pécah bénih, ségéra jémur wadah bérisi bénih térsébut di bawah sinar matahari pagi sampai siang. Kalau matahari sudah térik, cukup simpan di témpat yang térang dan tidak pérlu ditutup lagi oléh plastik hitam.Térlambat méngénalkan pada sinar matahari bisa méngakibatkan étiolasi.Lakukan sétiap hari. Tambahkan atau sémprotkan air agar rockwool tétap basah dan lémbab jika dirasa média sudah kéring.Ciri bénih yang sudah siap tanam adalah sudah tumbuh daun séjati. Pada saat ini tanaman siap dipindah ké média hidroponik untuk méndapatkan nutrisi tambahan sélain air dan sinar matahari.Cara Mémbuat Nutrisi Hidroponik

Pada saat bénih tanaman sudah siap dipindahkan dari média sémai ké média tanam, nutrisi hidroponik harus ségéra disiapkan.

Dalam sitém bértanam hidroponik dikénal nutrisi déngan istilah AB MIX.

AB MIX ini biasa dijual di toko pértanian atau onliné. Ada yang masih dalam béntuk bubuk, ada juga yang sudah dalam béntuk larutan cair. Kalau anda mémbéli dalam béntuk bubuk, baca panduan cara mélarutkannya. Biasanya dicantumkan dalam kémasannya.

Ada bébébérapa jénis AB MIX. Untuk sayuran, pastikan anda mémbéli AB MIX Daun (sayuran daun). Kécuali kalau nanti anda ménanam tanaman buah, AB MIX yang harus disiapkan juga khusus untuk buah. AB MIX térdiri dari 2 larutan cair yang térpisah, yaitu larutan A dan larutan B. Kédua larutan nutrisi ini adalah larutan pékat yang dalam pénggunaannya nanti harus dicampur lagi déngan air.

Takaran péncampurannya adalah sébagai bérikut:

larutan A 5 ml
larutan B 5 ml
air 1 litér
Campurkan kétiga bahan diatas, aduk sampai bércampur sémpurna. Larutan nutrisi siap digunakan.
Cara mémindah Bénih ké Média Tanam Hidroponik
Siapkan botol békas yang sudah dibuat sébélumnya.
Isi bagian bawah botol déngan larutan nutrisi.
Pindahkan rockwool yang bérisi tanaman yang sudah bérdaun émpat ké bagian dalam botol bagian atas yang sudah diisi kain flanél.
Pasangkan kédua bagian botol.
Sélésai.


Sumber :   tipsberkebun
Loading...