Sistem Kerja Bercocok Tanam Hidroponik

Loading...
Loading...
Sistém Kérja Bércocok Tanam Hidroponik – Idé untuk bércocok tanam méllaui systém hidroponik sudah lama ada, séjarah méncatat bércocok tanam tanpa ménggunakan média tanah sudah ada séjak zaman dahulu kala. Laju pértumbuhan tanaman hidroponik bisa méncapai 50% lébih cépat dibanding tanaman yang ditanam di tanah pada kondisi yang sama. Alasan untuk ini mérupakan sébab tanaman hidroponik langsung mémpéroléh makanan dari air yang kaya nutrisi. Kéadaan ini juga mémbikin tanaman tak butuh akar bésar untuk méncari nutrisi. Dan sébab énérgi yang dipérlukan untuk pértumbuhan akar lébih sédikit, sisa énérgi bisa disalurkan ké tahap lain dari tanaman. Tanaman hidroponik tumbuh séhat, kuat, dan bérsih. Hidroponik juga ramah lingkungan sébab tak mémbutuhkan air sétidak sédikit bérkébun déngan cara konvénsional. Ini sébab hidroponik tak mémérlukan pényiraman sama sékali. Tanaman hidroponik mémbutuhkan péstisida lébih sédikit. Érosi tanah juga tak ménjadi pérsoalan sébab hidroponik hanya mémakai média air. Lantas bagaimana tanaman hidroponik mémpéroléh nutrisi yang biasanya didapatkan dari tanah? Sémua nutrisi térdapat dalam cairan alias bubuk yang dicampur dalam air.


Ya systém bércocok tanam hisroponik mémang sédang digandrungi saat ini karéna kéuntungan bércocok tanam hidroponik mémang banyak, disamping itu kita akan méndapatkan hasil déngan bérlimpahnya sayur mayur dan buah-buahan yang kita produksi séndiri disékitar lingkungan kita tanpa harus mémbéli sayur dan buah-buahan di supérmarkét.

Sistém hidroponik bisa dikatégorikan ménjadi dua yaitu sistém aktif dan pasif. Sistém hidroponik aktif ménsirkulasi larutan nutrisi déngan pompa. Sédang sistém hidroponik pasif bérgantung pada gaya kapilér dari média tumbuh. Dalam sistém pasif, larutan kaya nutrisi disérap oléh médium dan disémakinkan ké akar tanaman. Sisi négatif dari métodé ini mérupakan kétidakmampuan untuk mémbérbagi lumayan oksigén méléwati akar untuk méndukung pértumbuhan paling baik tanaman. Sistém hidroponik juga bisa dibédakan ménjadi bisa di-récovéry dan tak bisa di-récovéry (non-récovéry). Dalam sistém récovéry, larutan nutrisi disirkulasikan untuk dipakai kémbali. Dalam sistém non-récovéry, larutan nutrisi tak dipakai kémbali. Apabila tak yakin héndak mémbéli alias mémbangun sistém hidroponik tipé apa, Kamu bisa mémbéli yang ménurut Kamu paling tépat untuk mémbiasakan térlébih dahulu déngan tutorial bértanam ini.



Sumber : tips berkebun
Loading...