Cara Budidaya Binahong

Loading...
Loading...
Beberapa tanaman obat telah banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari hari kita. Ada yang banyak ditemukan didapur ataupun yang telah diracik menjadi obat. Tanaman binahong salah satu tanaman rambat yang memiliki banyak manfaat dan khasiat. Tanaman binahong pendatang baru ini jarang kita temui didapur kita. Kebanyakan tanaman binahong ini ditemui di sekitar pekarangan rumah, didalam pot atau kebun kecil. 
Tanaman Binahong di Pot
Karena disamping penggunaan tanaman binahong sebagai tanaman obat juga sangat bagus jika digunakan untuk tanaman hias didepan rumah. Telah banyak yang mengetahui khasiat tanaman binahong, Sahabat Inspirasi berkebun bisa membaca tulisan kami mengenai Sejuta Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan terlebih dahulu sebelum memulai budidaya binahong. 

Pada tulisan kali ini kami akan membahas bagaimana cara budidaya binahong. Langsung saja Sahabat Inspirasi berkebun perhatikan langkah-lagkah yang harus dilakukan dalam berbudidaya tanaman binahong agar tumbuh subur dan berguna untuk Sahabat Inspirasi berkebun

Pertama sediakan lima gelas plastik bekas air mineral yang telah dibersihkan.
Proses Budidaya Tanaman Binahong
Kedua buatlah lubang resapan air pada bagian bawah gelas tersebut. Fungsi dari lubang pada gelas tersebut adalah jika Sahabat Inspirasi Berkebun menyiram tanaman binahong ini maka air siraman tidak tergenang didalam gelas dan memperlancar peredaran air setiap hari. Sahabat Inspirasi Berkebun dapat memberi lubang pada gelas ini dengan menggunakan paku atau pisau pada sisi gelas bagian bawah.

Ketiga sediakan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang. Masukan tanah yang telah dicampur tadi kedalam gelas plastik dan gunakan tekanan tangan untuk membantu memadatkan tanah didalam gelas.

Keepat ambil beberapa potong daun binahong dari batang yang rambatannya lebat. Sahabat Inspirasi Berkebun harus mengambil daun binahong yang rambatannya lebat, karena jika cabang binahong tersebut dipotong maka akan tumbuh cabang baru yang menambah kelebatan tanaman binahong tersebut. Cara pengambilan daun binahong dengan menggunakan ujung kuku untuk memotong atau agar lebih aman bisa menggunakan pisau yang tajam. Potong bagian ujung cabang tanaman binahong, ada baiknya yang telah punya pucuk baru.

Kelima jika lima potong cabang telah tersedia, maka, gunakan lagi pisau untuk membuat lubang pada tanah yang ada dalam gelas plastik tersebut. Masukan batang binahong yang telah diambil tadi ini kedalam lubang tanah tersebut. Pastikan bagian ujung diatas dan bagian batang dibawah, karena kadang jika batangnya yang sama besar dan pucuknya yang belum keluar maka sulit unutk membedakan yang mana bagian pucuk yang mana bagian batang.
Potongan Daun Binahong
Terakhir jangan lupa mengucapkan basmalah atau sesuai dengan kepercayaan masing-masing Sahabat Inspirasi Berkebun sebagai langkah awal memulai sesuatu. Setelah tanaman binahong ditanam jangan lupa letakan pada tempat yang aman, bebas dari gangguan hewan ataupun anak - anak serta jaga suhu dan atur pengenaan sinar matahari secara langsung supaya pertumbuhan tanaman binahong semakin cepat.

Perlu di catat ukuran pot adalah salah satu yang sangat mempengaruhi lebatnya rambatan tanaman binahong dan besarnya batang binahong. Jadi sangat dianjurkan unutk menggunakan pot berukuran sedang supaya rambatan akar tanaman binahong bisa semakin baik. Gambar diatas hanya sebagai contoh saja, karena nantinya tanaman binahong akan dipindahkan ke lahan atau kebun yang kondisinya sangat memadai. 
Daun Binahong yang Sudah di Tanam
Jika kondisi tanaman binahong telah tumbuh maka akan dipindahkan ketanah dengan cara melubangi full bagian bawah gelas. Tanam beberapa kayu atau bambu kecil disamping pot yang tadi supaya batang lebih mudah mencari perambatanya.

Ikatkan tali pada batang kayu tersebut yang berguna untuk sambungan perambatan batang binahong. Kemudian, pada bagian atas ikatkan di plafon teras atau bagian kayu sambungan antara seng, karena batang tanaman binahong akan terus merambat dan jika telah lebat maka Sahabat Inspirasi Berkebun akan leluasa memetik daun binahong untuk digunakan sebagai obat. 

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara Budidaya Binahong, semoga Sahabat Inspirasi Berkebun dapat mencoba menanam tanaman binahong dirumah sebagai apotek hidup. Silahkan bagikan kiriman ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tuilisan ini.
Loading...