Cara Membuat Pupuk Organik Hijau

Loading...
Loading...
Pupuk organik memiliki beragam varian dan jenis. Jenis-jenis pupuk organik dibedakan berdasarkan dari metode pembuatan, bahan baku dan wujudnya. Dari sisi bahan baku pupuk organik ada yang terbuat dari hijauan, kotoran hewan atau campuran keduanya. 

Dari metode pembuatan pupuk organik ada banyak ragam seperti bokashi, kompos aerob dan lain sebagainya. Sedangkan dari sisi wujud pupuk organik ada yang berwujud cair, serbuk maupun tablet atau granul.

Pada tulisan kali ini kami akan mebahas bagaimana cara membuat pupuk organik hijau secara mudah. Silahkan Sahabat Inspirasi Berkebun perhatikan dan pahami pembahasan mengenai pupuk organik hijau dibawah ini.

Pupuk organik hijau adalah pupuk organik yang berasal dari sebuah pelapukan tanaman, baik itu tanaman sisa dari panen maupun tanaman yang sengaja ditanam untuk diambil hijauannya saja. 

Tanaman yang biasa digunakan untuk pupuk organik hijau biasanya dari jenis azola (tanaman air) atau leguminosa (kacang-kacangan). Jenis tanaman tersebut dipilih karena mempunyai kandungan hara, khususnya nitrogen (N) yang tinggi serta cepat terurai dalam tanah.

Pengaplikasian pupuk organik hijau dapat langsung dibenamkan kedalam tanah atau melalui proses pengomposan terlebih dahului. Pada lahan kering atau lahan tegalan, para petani biasa menanam leguminous (kacang-kacangan) seperti ki hujan sebagai pagar kebun. 
Cara Membuat Pupuk Organik Hijau
Pada saat-saat tertentu tanaman pagar tersebut akan dipangkas untuk diambil hijauannya yang digunakan untuk pupuk organik hijau. Hijauan dari tanaman leguminosa (kacang-kacangan) dapat langsung diaplikasikan pada tanah sebagai pupuk organik hijau. 

Sementara itu, pada lahan persawahan para petani biasa menggunakan azola (tanaman air) sebagai pupuk organik hijau. Azola (tanaman air) merupakan tanaman pakis air yang banyak tumbuh secara liar di sawah. Tanaman Azola (tanaman air) hidup di lahan yang banyak mengandung air. 

Azola (tanaman air) dapat langsung digunakan sebagai pupuk organik hijau dengan cara dibenamkan kedalam tanah pada saat pengolahan lahan untuk proses budidaya tanaman.

Demikian tulisan kami mengenai Cara Membuat Pupuk Organik Hijau. Semoga tulisan kami ini dapat bermanfaat untuk Sahabat Inspirasi Berkebun dalam berbudidaya tanaman. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.
Loading...