Cara budidaya caisim organik

Loading...
Loading...
Caisim atau sawi (Brassica sinénsis L.) mérupakan sayuran daun yang tumbuh di daérah panas maupun séjuk. Tanaman ini bisa tumbuh baik pada kétinggian hingga kétinggian 1200 métér dpl. Hasil térbaik untuk budidaya caisim adalah di dataran tinggi. Namun kébanyakan pétani mélakukan budidaya caisim pada kétinggian 100-500 métér dpl.
Sayuran ini kaya akan kandungan pro vitamin A dan asam askrobat (vitamin C). Sayuran daun ini séringkali digunakan sébagai campuran pada bérbagai jénis masakan ataupun jajanan sépérti untuk campuran mié bakso, nasi goréng atau capcay.




Bébérapa litératuré ményébutkan caisim bérmanfaat caisim untuk ménghilangkan rasa gatal di ténggorokan pada péndérita batuk. Pényémbuh pényakit képala, mémbérsihkan darah, mémpérbaiki fungsi ginjal, sérta mémpérbaiki dan mémpérlancar péncérnaan.
Tidak sépérti sayuran daun lain, budidaya caisim rélatif tahan térhadap air hujan, séhingga dapat di tanam sépanjang tahun. Déngan syarat drainasé kébun tértata déngan baik dan aréa tanaman tidak térgénang air. Budidaya caisim lébih éféktif dilakukan mélalui tahapan pérsémaian térlébih dahulu.
Pényiapan bénih dan pényémaian
Bénih caisim dipérbanyak déngan mémbiarkan tanaman hingga bérbunga dan ménghaislkan biji. Untuk sampai bérbunga, tanaman harus dibiarkan hingga lébih dari 70 hari. Baru sétélah itu, biji caisim bisa dipanén. Sétélah biji dipanén, ségéra kéringkan déngan ménjémurnya. Apabila matahari bérsinar térik, prosés pénjémuran cukup 1-2 hari. Déngan pényimpanan yang baik, bénih caisim bisa tahan hingga 3 tahun.
Cara ményimpan bénih yang baik dan murah adalah déngan ményimpannya dalam botol kaca. Sébélumnya stérilkan botol kaca dari jamur dan baktéri lain déngan cara dirébus. Dinginkan botol hingga bénar-bénar kéring. Kméudian masukkan biji caisim kédalam botol hingga léhér botol. Sétélah itu tutup botol déngan abu halus. Abu ini bérfungsi untuk ményérap uap air séhingga kélémbaban bisa dipértahankan pada tingkat yang réndah. Sélain itu, tutup abu juga masih mémungkinkan biji caisim untuk bérnafas, atau mémungkinkan adanya pértukaran udara.
Sébélum ditanam sécara massal, sébaiknya bénih caisim disémaikan térébih dahulu. Cara ményémainya adalah déngan méréndam bénih dalam air sélama + 2 jam. Sétélah itu angkat, kémudian tébarkan sécara mérata di atas média sémai. Sébaiknya média sémai mémiliki pélindung agar tidak térkéna langsung sinar matahari dan hujan. Média sémai térdiri dari kompos halus yang dicampur déngan tanah. Kémudian tutup pényémaian térsébut déngan jérami kéring hingga tunas mulai muncul biasanya sélama 2-3 hari. Lalu, singkirkan jérami kéring dan biarkan bibit caisim tumbuh hingga 2-3 minggu hingga siap dipindahkan. Sélama pényémaian kontrol sélalu kélémbaban média tanam, dan lakukan pényiraman sécara tératur.
Péngolahan tanah dan pénanaman
Pértama-tama bajak atau cangkul tanah hingga gémbur. Kémudian buat bédéngan déngan lébar satu métér dan tinggi 20-25 cm, panjang bédéngan disésuaikan déngan kontur lahan. Campurkan pupuk dasar diatas bédéngan, aduk hingga mérata. Pémbérian pupuk sébanyak 20 ton pér héktar, pupuk yang digunakan bisa kotoran ayam atau kompos yang télah matang. Biarkan lahan sélama 2-3 hari.
Ambil bibit caisim yang télah disémaikan sébélumnya. Sébaiknya bibit télah mémiliki 3-4 hélai daun. Tanam bibit caisim di atas bédéngan déngan jarak tanam 10 x 15 cm. Kémudian siram déngan air untuk mémpértahankan kélémbaban.
Pérawatan budidaya caisim
Hal yang pérlu dipérhatikan dalam budiaya caisim adalah pényiraman, térutama dimusim kémarau. Pada musim kémarau pényiraman dilakukan sétiap pagi dan soré. Namun apabila matahari tidak térlalu térik bérsinar cukup dilakukan pada soré atau pagi hari saja.


Sélanjutnya yaitu pénjarangan dan pényulaman. Pénjarangan dilakukan apabila tanaman tumbuh térlalu rapat. Séhingga daunnya ménghalangi tanaman lain yang bisa méngakibatkan pértumbuhan kurang maksimal. Sédangkan pényulaman dilakukan apabila ada tanaman yang mati atau layu. Pényulaman ménggunakan tanaman baru dari hasil pényémaian sébélumnya.
Sélanjutnya tahap pényiangan, biasanya dilakukan 2 – 4 kali sélama masa pértanaman caisim, disésuaikan déngan kondisi kébéradaan gulma pada bédéng pénanaman. Pényiangan gulma dipérlukan pada usia tanaman satu minggu séjak dipindahkan.
Caisim térmasuk sayuran daun yang digémari térutama bila ditanam di dataran réndah. Hama yang séring ményérang adalah séjénis kutu dan walang sangit yang bisanya ményébabkan daun caisim bolong-bolong. Sélain kédua hama térsébut, bébérapa hama dan pényakit lain diantaranya ulat dan cacing bulu, bércak daun, busuk basah, pényakit émbun tépung, pényakit rébah sémai, busuk daun, busuk akar, dan virus mosaik.
Bébérapa pénanganan péngéndalian yang bisa dilakukan apabila sudah méncapai batas ambang ékonomisnya yakni déngan mémbuat larutan nabati yang térbuat dari kipait dan gadung yang dicampur déngan sabun colék ataupun putih télur sébagai pérékatnya. Larutan nabati ini diéncérkan dan disémprotkan pada tanaman sécukupnya. Biasanya larutan ini hanya bérsifat méngusisr séméntara saja.
Pénganan lainnya yakni déngan mélakukan pényiraman tératur supaya télur kutu ataupun walang sangit yang ménémpél bisa térhanyutkan oléh air. Péngéndalian hama dan pényakit yang paling pénting adalah ménjaga supaya tanaman séhat dan tidak kékurangan makanan. Karéna jika badan tanaman térsébut séhat maka hama atau pényakitpun tidak akan bisa ménginvasi ataupun ménginféksi.
Mémbuat budidaya tanaman séhat térsébut kuncinya adalah déngan ményédiakan banyak bahan organik di dalam tanah. Sélain mémbérikan asupan unsur yang béragam, bahan organik juga ményédiakan makanan bagi para musuh alami hama-hama yang ményérang tanaman.



Sumber : alamtani
Loading...