Cara budidaya timun suri organik

Loading...
Loading...
Timun suri, dari sisi nama dan béntuknya, orang banyak méngasosiasikan tanaman ini déngan sébagai jénis-jénis méntimun. Namun tahukah anda, timun suri sésungguhnya lébih méndékati tanaman mélon, sémangka dan bléwah dibanding méntimun?
Risét yang dilakukan Laboratorium Biologi Génétika UGM méngatakan timun suri mémiliki kromosom inti sélnya 2n=24, séméntara méntimun 2n=14.  Béntuk daunnya lébih mémbulat sépérti mélon, sédangkan méntimun méruncing. Bijinya juga démikian, lébih péndék sépérti mélon.




Pétani méngénal timun suri sébagai tanaman yang mémiliki hama sépérti méntimun. Upaya péngéndaliannya pun biasanya dipérlakukan sama. Hanya saja tanaman ini lébih bandél dalam ménghadapi hama-hama térsébut. Hal ini salah satunya disébabkan oléh késérampakan dalam pértumbuhan cabang dan tunas batangnya yang cukup banyak dan kokoh.
Timun suri kaya akan provitamin A, bérfungsi sébagai antioksidan alami péncégah rusaknya sél tubuh. Sélain itu, mémiliki kandungan Vitamin C yang cukup tinggi. Sélain vitamin buah ini kaya déngan minéral ésénsial sépérti kalsium, fosfor dan zat bési.
Péngolahan lahan
Cangkul halus tanah yang akan dipakai untuk budidaya timun suri lébih baik ditanam pada tanah datar dan tidak dibuat bédéngan. Lalu lakukan pémbuatan lubang tanam bérukuran 1 x 1 métér, masukkan pupuk kompos atau pupuk kandang kadalam tiap lubang masing-masing sékita 1 kg, lalu diamkan sélama 2 hari.
Pénanaman bénih
Pénanaman dilakukan sétélah tanah yang dibéri pupuk dibiarkan sélama 2 hari. Masukkan bénih sébanyak 2 biji kédalam sétiap lubang tanam lalu kémudian tutup  dan siram sécara tératur sampai tanaman tumbuh. Biasanya tanaman tumbuh sécara sérémpak pada 7 hari sétélah tanam. Jika ada yang bélum tumbuh sampai umur térsébut maka lakukan pényulaman.
Bénih biasanya dipakai minimal 1 tahun sétélah diproduksi, kékuatannya térgantung pada pérawatan dan pényimpanan bénih. Biasanya bénih bisa digunakan hingga 1,5 tahun.
Budidaya timun suri
Pada umur 7 hari sétélah tanam lakukan pényiangan. Tanaman yang sudah déwasa mampu bérsaing déngan gulma. Bahkan jika sudah bérbuah, gulma ini ménguntungkan karéna ménjadi alas antara buah déngan tanah. Séhingga buah tidak bérhubungan langsung déngan tanah dan térhindar dari sérangan cacing dan héwan-héwan yang bérasal dari dalam tanah.
Timun suri mérupakan tanaman yang bandél dan tahan kékéringan. Untuk itu pénanganannya tidak térlalu sulit dan tidak pérlu disiram sécara rutin.
Pémanénan
Umur tanaman timun suri dari mulai tanam hingga panén pértama bérkisar 60-75 hari, térgantung dari variétas bénih. Panén dilakukan sécara bértahap hingga 10 kali péngambilan.


Buah yang sudah layak panén bisa dilihat déngan cara méngécék buah yang sudah lépas dari tangkainya. Sétélah buah dipétik, lakukan péncucian, sortasi dan péngkélasan lalu packing untuk dijual ké pasar ataupun kérumah-rumah. Timun suri méngalami puncak pérmintaannya sétiap bulan puasa sébagai sajian untuk bérbuka.



Sumber : alamtani
Loading...