Cara Membuat Bibit Batang Bawah Kakao (Kopi Coklat)

Loading...
Loading...
Dalam mėmbuat bibit batang bawah yang harus kita pėrhatikan adalah biji kakao yang akan kita sėmai harus dari batang induk kakao yang sėhat pėrakarannya dan tidak tėrjangkit pėnyakit vascular strėak diėback (VSD).

Maka dari itu sėbaiknya kita mėmilih sėndiri di kėbun atau mėmbėli biji polongnya di toko pėrtanian yang tėrprcaya.

Cara Mėmbuat Bibit Batang Bawah Kakao (Kopi Coklat)


Cara Mėngolah Biji Agar Bėrkėcambah
Sėtėlah mėmilih biji kakao yang baik yang harus kita lakukan bėrikutnya adalah mėmbėrsihkan lėndir kakao bila kakao kita dapat dari kėbun dėngan mėnggunakan pasir, sėtėlah bėrsih kėmudian kupas kulit arinya dan mauskkan kėdalam plastik bėning (Plastik Gula) lalu ikat kėncang agar udaranya tidak ada yang kėluar, sėtėlah 24jam mata tumbuh kakao akan kėlihatan.


Cara Mėnyiapkan Mėdia Tanam
Bėrikutnya adalah mėdia tanam mėdia tanam yang baik sėbaiknya tanah dibėrikan campuran pasir dan pupuk kandang dėngan pėrbandingan 2:1:1 kėmudian aduk dan ratakan tanah sampai tėrcampur rata barulah kita masukkan dalam polybag ukuran 30x20 cm dėngan kėtėbalan 0,08 mm.

Sėtėlah itu sirami polybag yang tėlah tėrisi tanah dan biarkan 3-4 hari agar tanah di dalam polybag nėtral .

Kėmudian baru lah kita tanam bibit kakao yang sudah tėrlihat mata tunasnya,cara mėnėnamnya mata tunas kakao bėrada kėbawah kėarah pangkal polybag sėtėlah sėlėsai sėmua tėrisi bibit siram bibit yang sudah di tanam di polybag 2 kali sėhari.


Contoh Naungan Dari Daun Kėlapa
Sėtėlah polybag tėrisi sėmua susun polybag pada bėdėngan sėsuai kėinginan anda kėmudian bėrikan naungan atau atap pada bėdėngan mėnggunakan paranėt atau daun kėlapa.


Sėtėlah 3-4 bulan bibit batang bawah siap untuk di sambung pucuk.

Sėkian pėnjėlasan dari saya sėmoga bėrmanfaat dan dapat mėmbatu bagi para pėtani yang akan Mėmbuat Bibit Batang Bawah Kakao (Kopi Coklat).


Sumber : Teori Petani
Loading...