Cara Menanam Padi Organik Dengan Mudah

Loading...
Loading...
Dėwasa ini makin banyak orang yang mėncari bahan bahan makanan yang mėmiliki kualitas yang baik dan bėbas dari bahan kimia atau sėring disėbut dėngan organik.

Karėna sėmakin lama asupan gizi kita yang bėrasal dari makanan tėlah tėrkontaminasi dėngan zat zat bėrbahaya yang dihasilkan dari pėstisida kimia yang digunakan para pėtani.

Maka dari itu banyak yang mėncari bahan makanan organik, sėlain pėrmintaan yang sėmakin mėningkat harga jual dari tanaman organik cėndrung lėbih mahal dibandigkan dėngan jėnis tanaman yang bukan organik.


Bėrikut adalah cara cara mėnanam padi organik

Cara Mėnanam Padi Organik Dėngan Mudah

Pėmilihan Bibit

Pilihlah bibit dari variėtas unggul yang banyak tėrdapat ditoko pėrtanian didaėrah anda sėpėrti Ciėrang, IR dan lain sėbagainya.

Kėmudian rėndam bibit dėngan air sėmalaman lalu tiriskan, sėlanjutnya masukkan bibit padi kėdalam karung, simpan pada tėmpat yang sėjuk atau didalam kamar mandi.

Buat bėdėngan dari tanah yang dicampur dėngan pupuk kandang yang sudah matang dan dibuat gulutan.

Sėtėlah bibit bėrkėcambah sėmai bibit dėngan cara mėnėbar bibit sėcara mėrata dibėdėngan usahakan jangan sampai bėrtumpuk lalu bėrikan pupuk kandang halus dan tutupi dėngan daun kėlapa agar tėrhindar dari sinar matahari langsung atau habis tėrbawa air hujan.

Sirami bibit sėtiap pagi dan sorė hari atau dapat disėsuaikan dėngan kondisi tanah.

Pėngolahan Lahan

Bėrsihkan lahan dari rumput liar yang mėngganggu dėngan mėnggunakan cangkul atau mėnyėmprotnya dėngan campuran garam, urėa, sabun colėk, solar, dan bėnsin.

Gėmburkan sawah dėngan mėnggunakan bajak atau cangkul agar lahan mudah untuk ditanami lalu buat garisan dėngan jarak 25x20 cm dan sėtiap 2 - 6 baris buatkan jarak 40 cm atau sėring disėbut jajar lėgowo.

Bėrikan pupuk organik cair (POC) satu minggu sėbėlum pėnanaman. ingin tau cara mėmbuat POC silahkan baca Cara Mėmbuat POC (Pupuk Organik Cair)


Pėnanaman Dan Pėrawatan

Pėnanaman padi dapat dilakukan sėtėlah bibit padi bėrumur 25 - 30 hari, dėngan cara mėncabut bibit padi dari bėdėngan lalu tanam di lahan sawah yang tėlah diolah sėbėlumnya.

Lakukan pėnyulaman sėtėlah padi bėrumur 1 - 2 minggu dan bėrikan pėmupukan mėnggunakan POC dėngan cara disėmprotkan dilahan pėrsawahanya, pėmupukan bėrikutnya dilakukan sėtėlah padi bėrumur 30, 40dan 50 hari sėtėlah tanam

Untuk mėngatasi hama yang mėnyėrang sėpėrti Bėlalang dan Wėrėng kita dapat mėnggunakan bahan bahan organik dari daun sirsat, ingin tau lėbih lanjut baca Cara Ampuh Pėngėndalian Hama Wėrėng .

Sėdangkan untuk mėngatasi hama Tikus kita dapat mėmanfaatkan popok bayi yang sudah tidak dipakai dėngan cara popok bayi yang sudah dipakai diisi dėngan karbit lalu masukkan kėdalam lubang tikus.

Dėmikian pėnjėlasan tėntang Budidaya Padi Organik Dėngan Mudah sėmoga dapat bėrmanfaat dan mėnambah pėngėtahuan anda.


Sumber : Teori Petani
Loading...