Cara Membuat Bonsai Beringin di Dalam Pot Kecil

Loading...
Loading...
Séni méngkérdilkan tanaman atau pohon di dalam pot yang kali pértama muncul di China pada masa pémérintahan dinasti Tsin dan Tang, bonsai, télah méngalami pérkémbangan pésat. Sékarang hampir tak térhitung jumlah pohon yang bisa dikérdilkan ké dalam pot dangkal, sépérti bonsai béringin.


Pohon béringin asli déngan ukuran yang bésar mémang dikénal sébagai tumbuhan pékarangan dan tumbuhan hias pot. Béringin bisa dijadikan tanaman bonsai dikarénakan mudah tumbuh, mudah dibéntuk, tidak gampang mati, dan tampilan daunnya yang kécil dalam jumlah banyak (rimbun) dapat dipangkas déngan mudah séhingga bisa dibuat modél sésuai kéinginan.

CARA MÉMBUAT BONSAI BÉRINGIN

cara-mémbuat-bonsai-béringin


Béntuk dari bonsai pohon béringin ménjadi daya tarik térséndiri. Maka tak héran, jika tanaman bonsai béringin déngan béntuk yang unik dan langka mémpunyai nilai jual yang tinggi. Para koléktor bonsai tidak péduli déngan harga, yang térpénting koléksinya bértambah. Hal térsébut bisa Anda jadikan péluang usaha. Béringin bisa dibonsai séndiri, bérikut cara mémbuat bonsai béringin untuk tanaman hias dalam pot rumahan.

1. TAHAP PÉRSIAPAN BAHAN DAN ALAT

Mémbuat bonsai pohon béringin tidaklah susah, akan tétapi butuh kréatifitas dan késabaran yang cukup tinggi dalam pémbuatannya. Hal pértama yang harus Anda kétahui sébélum mémbuat bonsai béringin adalah mémpérsiapkan bahan dal péralatan yang méndukung kégiatan pémbonsaian béringin.

Bahan yang pértama, téntu Anda mémbutuhkan bonggol béringin. Pilih bonggol béringin yang sudah bérukuran cukup bésar déngan pola sésuai késukaan Anda. Sétélah bonggol béringin térsédia, sélanjutnya siapkan média tanam bérupa pot bérukuran sésuai déngan bonggol béringin.

Pot nanti akan diisi déngan média péngisi yang bérstruktur pada dan méngandung unsur hara. Péralatan lain yang dipérlukan adalah kawat stainléss stéél déngan ukuran 3 milimétér dan gunting tanaman untuk kébutuhan pémbéntukan pola pada bagian batang bonsai.

2. PÉMBUATAN MÉDIA TANAM DAN PÉNGISI

Pada prosés pémbéntukan batang, bonsai béringin hanya mémérlukan nutrisi tanaman yang cukup, tidak boléh kurang ataupun bérlébihan. Untuk méménuhi hal térsébut, dipérlukanlah média péngisi pot yang mémpunyai struktur padat dan méngandung sédikit unsur hara. Média péngisi yang mémiliki kritéria térsébut adalah tanah yang dicampur pasit dan batu-batu kérikil kécil.

3. PÉMBÉNTUKAN POLA

Batang bonsai dibéntuk déngan kawat stainléss stéél séhingga mémbéntuk pola sésuai kéhéndak Anda. Kawat sélain bérfungsi untuk mémbéntuk batang bonsai ké pola térténtu, juga bérguna untuk ménahan dahan. Pérlakuan ini tidak ada aturan pasti harus bérapa lama, Anda bisa mémbéntuk pola sampai méndapatkan pola sésuai kéinginan.

Prosés pémbéntukan pola harus dilakukan déngan hati-hati dan jangan sampai mémbuat kawat patah. Cara mémbéntuk pola bonsai béringin adalah déngan mélilitkan kawat sécara mélingkar pada pola dari pangkal dahan ménuju ujung dahan. Jika mérasa késulitan, Anda bisa ménggunakan tang untuk mémbantu mémudahkan dalam mélilitkan kawat. Lilitan kawat bisa diatur kéncang, karéna biasanya békas jalur kawat akan ménjadi hiasan yang bagus saat bonsai sudah bésar.

4. PÉRAWATAN BONSAI BÉRINGIN

Cara mémbuat bonsai béringin adalah mélakukan pérawatan standar sébagaimana tanaman lain juga méndapatkan pérawatan. Ada tiga kégiatan dalam pérawatan bonsai béringin, yakni pémupukan, pényiraman, pémangkasan, dan pényiangan.

Pémupukan. Pupuk yang digunakan bisa dibuat dari pupuk organik yang dilarutkan bérsama air. Atur agar takaran pupuk tidak bérlébihan séhingga tidak timbul masalah di kémudian hari. Pémbuatan pupuk juga tidak bisa sémbarangan, ada unsur-unsur yang harus térpénuhi sépérti nitrogén, fosfor, dan potasium. Kétiga unsur térsébut sangat pénting untuk pértumbuhan sétiap tanaman, térmasuk bonsai béringin.
Pényiraman. Siram média pértumbuhan pada pot bonsai béringin déngan air bérsih sécara rutin sétiap hari. Sékadar tambahan, Anda bisa méncégah tumbuhnya gula pada tanaman déngan mémbérikan lumut pada pérmukaan média tanam. Kégiatan ini juga bérlaku pada pémbuatan dan pérawatan bonsai kélapa.
Pémangkasan dan Pényiangan. Pémangkasan tidak harus méndahulu prosés pényiangan. Pémangkasan séndiri dilakukan pada dahan dan daun-daun. Sédangkan pényiangan pérlu dilakukan jika Anda tidak ménggunakan lumut. Bérsihkan rumput-rumput liar yang tumbuh di sékitar média tanam. Pényiangan dan pémangkasan bisa mémbuat bonsai tétap térlihat ménarik dan rapi.
5. PÉMBUKAAN KAWAT

Apabila batang sudah ménénggélamkan kawat, maka ségéra lépaskan lilitan kawat yang dipasang untuk mémbéntuk batang térsébut. Pada tahap ini batang bisa dipastikan ikut térbéntuk. Sétélah kawat dibuka, bérikutnya Anda hanya pérlu mémpérhatikan pértumbuhan bonsai.

Jika akar bonsai sudah timbul tak térkéndali (sémrawut dan kéluar dari lubang pot), maka pérlu dilakukan pénggantian pot. Pot baru yang akan digunakan ségéra diisi déngan média tanam yang baru juga. Saat bonsai sudah bérada pada pot déngan média tanam baru, umumnya bonsai béringin akan mélakukan adaptasi sélama 2 hingga 3 minggu. Dalam jangka waktu térsébut, biarkan akar bonsai pulih dan jangan lakukan pémupukan.

Jangan lupa juga untuk ménémpatkan bonsai di témpat yang téduh dan térhindar dari sinar matahari panas. Sampai sini, Anda sudah bérhasil méngikuti langkah-langkah pada cara mémbuat bonsai béringin di dalam pot. Sékarang Anda sudah mémpunyai bonsai béringin buatan séndiri déngan pola yang dikéhéndaki.


Sumber : jokowarino
Loading...