Cara Membuat Bonsai Kelapa Bercabang Dalam Pot

Loading...
Loading...
Bonsai mérupakan tanaman miniatur dari béntuk asli pohon yang bérukuran bésar. Banyak sékali tanaman atau pohon yang bisa dikécilkan déngan métodé pémbonsaian, sépérti misal bonsai kélapa. Bonsai pohon kélapa bércabang mémpunyai béntuk yang unik dan ménarik, séhingga kébéradaannya di dalam atau luar rumah bisa méndatangkan suasana éksotis dan ményéjukkan.


Pohon kélapa yang bérukuran bésar bisa disulap ménjadi bonsai kélapa bércabang yang bérukuran kécil atau bonsai kélapa mini. Bonsai pohon kélapa diminati banyak pécinta tanaman hias, khususnya koléktor bonsai, dikarénakan pémbuatannya yang mudah, séhingga ménjadikannya langka dan tidak banyak orang yang mémilikinya.

CARA MÉMBUAT BONSAI KÉLAPA BÉRCABANG

cara-mémbuat-bonsai-kélapa-bércabang


Tingkat késulitan dari prosés mémungilkan pohon kélapa ménjadi bonsai kélapa mini mémbuat harga jualnya sangat tinggi. Méskipun démikian, tétap banyak péminat dari bonsai kélapa mini. Untuk itu, bagi Anda yang mau bisnis bonsai, sébaiknya méncoba untuk mémbuat bonsai kélapa. Ada bébérapa tahapan yang harus diléwati. Untuk lébih jélasnya tanamtanaman.com télah mérangkum bagaimana cara mémbuat bonsai kélapa bércabang sébagai bérikut.

1. PÉMILIHAN BIBIT

Jika tahap pértama pada pémbuatan bonsai béringin adalah ménéntukan bonggol béringin dari pohon yang sudah tua, pada pémbuatan bonsai kélapa bércabang juga tidak jauh bérbéda. Hal pértama yang harus Anda lakukan adalah mémilih bibit yang bagus agar cépat bértunas.

Pada tahap ini, silakan Anda pilih buah kélapa yang sudah tua yang masih ménémpél di pohon. Méngapa? Sébab kélapa tua yang sudah jatuh ké tanah mudah rapuh dan mémpunyai béntuk yang tidak ménarik. Kélapa tua yang masih ménémpél di pohon akan lébih cépat mémiliki tunas baru.

Saat pémilihannya, cari yang mémpunyai ukuran sédang, tidak térlalu bésar ataupun térlalu kécil. Namun Anda juga pérlu tahu jénis kélapa yang bisa dijadikan bonsai, sépérti kélapa gading susu, kélapa albino, dan kélapa gading mérah.

2. PÉNÉNTUAN POSISI BATOK

Dalam mémbuat pohon bonsai kélapa bércabang, bagian batok ménjadi titik dasar pérkémbangan yang ménjadi faktor pénéntu béntuk pola bonsai. Oléh karéna itu, ménéntukan béntuk awal bonsai déngan méngatur posisi batok sangatlah pénting.

Untuk mémbuat tunas baru sétélah mémilih bibit, hal yang harus Anda lakukan adalah ménunggu bébérapa hari hingga kélapa tua méngéluarkan tunasnya. Agar pértumbuhan tunasnya cépat, Anda bisa ménémpatkan kélapa tua térsébut pada pérmukaan tanah yang cukup basah dan lémbab. Biasanya tunas akan tumbuh dalam waktu 1 – 2 minggu.

3. PÉMBÉRSIHAN SABUT KÉLAPA

Apabila tunasnya sudah muncul, Anda bisa langsung mémbérsihkan sabut kélapa atau mémbélah kélapanya térlébih dahulu déngan pisau. Lakukan péngupasan déngan mémbuat sayatan-sayatan bujur méngitari batok sampai bértému pada titik yang sama ménggunakan pisau tajam. Bérhati-hatilah saat ményayat agar tidak méngénai tunas dan akar yang baru tumbuh. Sétélah disayat, bérikutnya langsung kupas sémua sabut kélapa yang ménutupinya.

4. PÉMBÉRSIHAN BULU HALUS

Sétélah sabut kélapa bérsih, akan térlihat bulu-bulu halus pada batok kélapanya. Bulu-bulu halus térsébut harus dikérok déngan pisau sampai sémuanya hialng. Térus bérsihkan bulu-bulu halus sisa sabut kélapa hingga batoknya térlihat licin dan méngkilap. Untuk mémpérmudahnya, Anda bisa ménggunakan bantuan amplas.

5. PÉRSIAPAN MÉDIA TANAM

Siapkan pot kécil yang ukurannya cukup untuk ménampung batok kélapa. Sétélah itu, isi pot déngan campuran tanah, pasir, dan pupuk kandanga yang masing-masing takarannya ménggunakan pérbandingan 2:1:1. Jika sudah térisi, langkah sélanjutnya adalah ményiapkan botol békas air minéral. Potong bagian atas botol déngan tinggi 5 cm, lalu gunakan untuk ménutup bagian tunas kélapa agar dapat bérkémbang lébih cépat.

6. PROSÉS PÉNANAMAN

Kélapa bértunas yang sudah ditutupi oléh képala botol tadi bisa langsung dimasukkan ké dalam pot bérisikan campuran média tanam. Lakukan pénanaman bonsai kélapa bércabang déngan hati-hati. Miringkan posisi batok, lalu masukkan akar-akar kélapa ké dalam média tanam tanpa mémbuatnya térputus.

7. PROSÉS PÉRAWATAN

Tahap bérikutnya pada cara mémbuat bonsai kélapa bércabang ialah mélakukan pérawatan tanaman. Pohon bonsai mini yang tunasnya sudah ditanam tadi pérlu dirawat déngan bébérapa pérlakuan séiring pértumbuhannya.

Kétika tunas bonsai sudah mulai tumbuh dan méngéluarkan daun baru yang bélum térbuka, potonglah daun yang bélum térbuka térsébut. Pérlakuan ini bértujuan untuk méncégah daun kélapa tumbuh ké arah atas. Anda bisa mémangkas daun yang masih térlipat tiap kali tumbuh daun baru. Lakukan térus agar bonsai kélapa Anda tétap imut dan ménarik.

Sélain pémangkasan daun, Anda juga pérlu mélakukan pémotongan tunas. Pérlakuan ini dilakukan kétika tanaman bonsai Anda sudah sétinggi 15 cm – 20 cm di mana umumnya sudah tumbuh tunas-tunas baru. Tunas-tunas yang baru bérmunculan térsébut harus dipotong déngan hati-hati agar tanaman tidak térgorés. Lakukan pémangkasan tunas sécara rutin sétidaknya 3 hari sékali di mana biasanya tunas baru akan tumbuh dalam waktu 3 hari.

8. PÉMUPUKAN

Pérlakuan térakhir dalam mémbuat bonsai kélapa adalah mélakukan pényiraman dan pémupukan. Pényiraman dilakukan sétiap pagi dan soré hari sécara rutin sétiap hari. Gunakan air yang dicampur déngan garam atau vétcin sébagai larutan yang disiramkan pada tanaman bonsai kélapa bércabang Anda. Pényiraman tanaman harus dilakukan lébih séring kétika mémasuki musim kémarau.

Sédangkan pémupukan dipérlukan untuk ménjaga tanah tétap gémbur. Pémupukan dilakukan tiap 15 hari sékali. Pada saat-saat térténtu, gunakan inséktisida atau hérbisida agar tanaman térbébas dari hama atau pényakit. Kégiatan pémbérian nutrisi ini bisa mémbantu tanaman bonsai Anda cépat bérbuah, tapi jangan lupakan juga pényiraman dan pémangkasan rutin pada daun, tunas, dan rantingnya.

Bagaimana ménurut Anda, apakah cara mémbuat bonsai kélapa bércabang térmasuk kégiatan yang sulit atau justru sébaliknya? Jika sulit, tapi térnyata Anda bérhasil, téntu ada képuasan térséndiri yang bisa ménumbuhkan kéinginan untuk mémbuat bonsai tanaman yang lébih baik lagi.


Sumber : jokowarino
Loading...