Cara Membuat Pupuk Kandang Organik

Loading...
Loading...
Pupuk organik memiliki beragam varian dan jenis. Jenis-jenis pupuk organik dibedakan berdasarkan dari metode pembuatan, bahan baku dan wujudnya. Dari sisi bahan baku pupuk organik ada yang terbuat dari hijauan, kotoran hewan atau campuran keduanya. 

Dari metode pembuatan pupuk organik ada banyak ragam seperti bokashi, kompos aerob dan lain sebagainya. Sedangkan dari sisi wujud pupuk organik ada yang berwujud cair, serbuk maupun tablet atau granul.

Pada tulisan kali ini kami akan mebahas bagaimana cara membuat pupuk kandang organik. Silahkan Sahabat Inspirasi Berkebun perhatikan dan pahami pembahasan mengenai pupuk kandang organik dibawah ini.

Pupuk kandang ialah pupuk organik yang berasal dari kotoran hewan seperti sapi, kambing, ungags dan kerbau. Secara umum pupuk kandang organik dibedakan berdasarkan dari kotoran hewan yang kencing dan hewan yang tidak kencing. 

Contoh hewan yang kencing ialah hewan kambing, kerbau dan sapi. Hewan yang tidak kencing pada biasanya kebanyakan dari jenis unggas seperti itik, bebek dan ayam.

Karateristik kotoran hewan yang kencing pada saat penguraiannya relatif cukup lebih lama, kandungan nitrogen (N) lebih rendah, akan tetapi kaya akan kalium dan fosfor. Pupuk kandang jenis ini cocok untuk digunakan pada tanaman yang diambil buahnya atau bijinya seperti tanaman kacang-kacangan, tanaman buah dan tanaman mentimun. 

Sedangkan karakteristik kotoran hewan yang tidak kencing pada saat penguraiannya akan lebih cepat, kandungan nitrogen (N) tinggi, namun kurang kaya akan kalium dan fospor. Pupuk kandang jenis ini cocok untuk diterapkan pada tanaman sayuran daun seperti kangkung, bayam dan selada,.
 Cara Membuat Pupuk Kandang Organik
Pupuk kandang banyak digunakan untuk pupuk dasar tanaman, alasannya karena pupuk kandang ketersediaannya yang melimpah dan proses pembuatannya cukup mudah. 

Pupuk kandang tidak memerlukan proses pembuatan yang rumit dan tidak panjang seperti kompos. Kotoran hewan cukup di diamkan hingga keadaannya kering dan matang sebelum digunakan pada lahan budidaya.

Demikian tulisan kami mengenai cara membuat pupuk kandang organik. Semoga tulisan kami ini dapat bermanfaat untuk Sahabat Inspirasi Berkebun dalam berbudidaya tanaman. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.
Loading...