Cara Membuat Pupuk Kompos Organik

Loading...
Loading...
Pupuk organik memiliki beragam varian dan jenis. Jenis-jenis pupuk organik dibedakan berdasarkan dari metode pembuatan, bahan baku dan wujudnya. Dari sisi bahan baku pupuk organik ada yang terbuat dari hijauan, kotoran hewan atau campuran keduanya. 

Dari metode pembuatan pupuk organik ada banyak ragam seperti bokashi, kompos aerob dan lain sebagainya. Sedangkan dari sisi wujud pupuk organik ada yang berwujud cair, serbuk maupun tablet atau granul.

Pada tulisan kali ini kami akan mebahas bagaimana cara membuat pupuk kompos organik. Silahkan Sahabat Inspirasi Berkebun perhatikan dan pahami pembahasan mengenai pupuk kandang organik dibawah ini.

Pupuk kompos organik ialah salah satu pupuk yang dihasilkan dari pelapukan-pelapukan bahan organik melalui sebuah proses biologis dengan bantuan organisme pengurai. Dekomposer atau organisme pengurai dapat berupa makroorganisme atau mikroorganisme. 

Mikroorganisme dekomposer dapat berupa jamur, kapang atau bakteri. Sedangkan makroorganisme dekomposer yang paling populer digunakan ialah cacing tanah. Dilihat dari proses pembuatannya, ada 2 metode membuat pupuk kompos yaitu secara anaerob (tidak melibatkan udara) dan secara aerob (melibatkan udara).

Pada saat ini teknologi pengomposan telah berkembang sangat pesat. Berbagai varian dekomposer beserta metode pembuatannya telah banyak ditemukan, sehingga pupuk kompos yang dihasilkan banyak macam ragamnya, misalnya pupuk vermikompos, pupuk bokashi, pupuk organik tablet dan pupuk organik cair. 
Cara Membuat Pupuk Kompos Organik
Pupuk kompos dapat dibuat dengan cukup mudah, silahkan baca tulisan kami cara membuat pupuk kompos sederhana. Bahkan beberapa tipe pupuk kompos dapat dibuat sendiri dari bahan-bahan limbah rumah tangga, seperti pupuk kompos takakura dan pupuk bokashi.

Demikian tulisan kami mengenai cara membuat pupuk kompos organik. Semoga tulisan kami ini dapat bermanfaat untuk Sahabat Inspirasi Berkebun dalam berbudidaya tanaman. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.
Loading...