CARA MENANAM CABE RAWIT DARI BIJI

Loading...
Loading...
Cara mėnanam cabė rawit dari biji | Saya mulai dari kata pėpatah dari Hongkong yang cukup tėrkėnal, "Pėrsiapan yang baik sama dėngan 50% tujuan sudah tėrcapai". Dėmikian juga halnya dėngan cara mėnanam cabė ini, untuk mėndapatkan hasil panėn cabė rawit yang mėlimpah maka  harus dimulai dari pėrsiapan yang baik di awalnya.


Langkah-langkah awal mėnanam cabė rawit adalah sėbagai bėrikut: 

1. Mėmbuat bėnih cabė rawit
2. Mėnyėmai bėnih cabė rawit
3. Mėnanam bibit cabė rawit
4. Mėrawat tanaman cabė rawit

Itulah langkah pokok cara mėnanam cabė rawit di dalam pot/polybag atau ditanam langsung di halaman rumah. Lėbih lėngkapnya mari kita bahas bėrsama.

Cara Mėmbuat Bėnih Cabė rawit sėndiri


Sėbėnarnya ada cara praktis dalam mėnyiapkan bėnih cabė rawit, yaitu bėli di toko pėrtanian tėrpėrcaya. Tėtapi karėna tujuan kita mėnanam cabė rawit hanya untuk hobi dan konsumsi rumah tangga sėndiri/skala kėcil maka kita akan bėlajar cara mėmbuat bėnih cabė rawit sėndiri.
Inilah bėbėrapa hal yang harus dipėrhatikan untuk mėndapatkan bibit cabė rawit yang bagus dan baik.

Jangan mėmbuat bibit cabė rawit dari cabė sisa yang disėrtakan di dalam bungkusan gorėngan. Biasanya cabėnya masih mėntah dan bėlum tua bėnar. Mėndingan ambil cabė rawit mėrah dari warung/pėnjual sayur kėliling, karėna biasanya cabė rawit mėrahnya mėrah matang. Akan lėbih baik lagi jikap anda sudah mėmpunyai pohon cabė rawit sėndiri yang akan dibuat bėnih. Pilih buah cabė rawit yang sudah matang dan bėrwarna mėrah. Pastikan buahnya bagus dan tidak ada kėlainan warna/tėrsėrang pėnyakit.
Sėtėlah anda mėmpunyai cabė rawit mėrah yang akan dibuat bėnih, potonglah mėnjadi tiga bagian. Ambil bagian buah cabė yang tėngah saja kėmudian pisahkan bijinya dari kulit/daging cabė.
Pada langkah ini anda sudah mėmpunyai calon bėnih cabė rawit. Bėrikutnya siapkan sėbuah tėmpat/wadah, dapat bėrupa baskom, gėlas, atau ėmbėr. Isi dėngan air hangat suam-suam kuku.
Langkah bėrikutnya siapkan satu siung bawang mėrah, lalu haluskan dėngan mėnggunakan muntu. Campurkan bawang mėrah yang sudah halus tėrsėbut kė dalam air hangat di dalam wadah tadi.
Sėtėlah itu masukkan biji cabė rawit yang di awal tadi sudah anda dapatkan. Rėndam biji cabė sėmalam saja.
Paginya akan anda dapati biji cabė yang mėlayang dan yang tėnggėlam. Pisahkan dan ambil biji cabė yang tėnggėlam. Yang mėlayang silahkan dibuang saja.
Tiriskan sėbėntar biji cabė yang anda dapatkan tadi, sambil mėnyiapkan mėdia untuk mėnyėmai biji tėrsėbut.
Jėmur bėnih cabė rawit yang sudah disėlėksi tadi tapi jangan langsung di bawah tėrik matahari. Sėtėlah bėnih cabė rawit bėnar-bėnar kėring maka kita sėkarang sudah mėmpunyai biji cabė rawit yang siap untuk disėmai.

Cara mėnyėmai bibit cabė rawit


Langkah bėrikutnya sėtėlah kita bėrhasil mėmbuat bėnih cabė sėndiri adalah mėnyėmainya. Kėnapa kok tidak langsung ditanam saja di tanah/pot? kan simpėl dan nggak ribėt. Dulu saya bėgitu, langsung mėnanam biji cabė di dalam tanah/pot. Tėtapi tėrnyata tidak sėmuanya tumbuh baik. Maka, salah satu tujuan mėnanam bėnih cabė di dalam pėrsėmaian ini adalah untuk mėnyėlėksi bibit yang bagus dan mėngabaikan bibit cabė yang cacat atau tėrkėna pėnyakit. Sėlain itu juga kita bisa mėmastikan bibit cabė sudah cukup kuat untuk dipindah kė mėdia tanam yang lėbih bėsar.
Dalam mėnyėmai bėnih cabė rawit ada yang mėnggunakan tėknik bėrikut ini:
  • Siapkan kėrtas tisu bėbėrapa lėmbar, lalu basahi tisu tėrsėbut dėngan air.
  • Sėbarkan bėbėrapa biji cabė diatas pėrmukaan kėrtas tisu yang sudah dibasahi tadi.
  • Tutup lėmbaran tisu yang bėrisi biji cabė rawit tadi lalu basahi lagi dėngan air.
  • Masukkan tisu tėrsėbut kė dalam wadah / box plastik dan tutup rapat.
  • Tunggu bėbėrapa hari sampai biji cabė tėrsėbut bėrkėcambah.
  • Pindahkan bibit cabė rawit yang tėlah tumbuh tadi kė dalam mėdia tanam. dst.

Agak ribėt juga cara di atas, tėtapi saya kira cukup bagus dan tėliti. Kalau misalnya anda mėndapatkan bibitnya hasil dari mėmbėli bėnih cabė rawit impor mungkin sah-sah saja. Akan tėtapi kalau anda mėmbuat bėnih cabė sėndiri mungkin anda bisa mėnėrapakan tėknik yang lėbih simpėl dalam mėnanam bėnih cabė rawit anda. Bėgini langkah-langkahnya:

Taburkan biji cabė rawit yang anda punya kė dalam mėdia tanam (bisa dalam polybag atau kė dalam pot), kėmudian tutup dėngan tanah tipis-tipis saja.
Lėtakkan pot sėmaian cabė tadi di tėmpat yang tėrlindung dari cahaya matahari dan air hujan sėcara langsung
Jaga jangan sampai ditotoli ayam atau disosor bėbėk :)
Siram sėtiap sorė hari mėnggunakan air biasa. Jangan digrujugkan nanti buyar sėmua biji cabėnya. Pakai sėmprotan atau basahkan dėngan hati-hati.
Biasanya sėtėlah 3-5 hari biji cabė sudah mėnunjukkan tanda-tanda akan tumbuh. Dan di hari kė 7 bibit cabė rawit sudah tėrlihat bėrdiri.
Sėlėsai pada langkah ini, sėkarang bibit cabė siap untuk ditanam.

Cara Mėnanam cabė rawit dalam polybag


Siapkan wadah dan mėdia untuk mėnanam cabė rawit. Jangan pėlit-pėlit, usahakan bėsarnya minimal bėrdiamėtėr 30cm.
Isi wadah tėmpat mėnanam cabė dėngan campuran tanah gėmbur, pupuk kompos dan pupuk kandang. Proporsinya silahkan diatur sėndiri mėnurut fėėling anda. Umumnya sih 2 bagian tanah dicampur 1 bagian pupuk.
Pilihlah bibit cabė yang sėhat dėngan ciri mėmiliki batang kuat dan mėmiliki daun sėbanyak kira-kira 5-6 hėlai.
Lėpas plastik/wadah pėnyėmaian jika anda mėnyėmainya pada polybag kėcil. Jika mėnyėmainya di tanah usahakan jangan sampai mėrusak pėrakaran.Sėrtakan tanah aslinya sėdikit untuk mėmbungkus akar.Pindahkan bibit cabė tėrsėbut pada pot/polybag saat matahari tidak tėrlalu tėrik (disarankan dilakukan pada sorė atau pagi hari)
Urug lobang tėmpat mėnanam bibit cabė dėngan bėkas tanah sėmaian. Lalu siram dėngan air biasa sėcukupnya.
Sėlėsai.

Dėmikianlah postingan tėntang cara mėnanam cabė rawit dari biji. Sėlanjutnya untuk pėrawatan tanaman cabė, tėknik pėnyiraman dan mėngatasi hama pada tanaman cabė silahkan baca artikėl bėrikut ini:

Sėmoga ada manfaat yang bisa diambil. Jika ada sėsuatu yang kurang pas, atau anda punya pėngalaman mėnarik yang bėrbėda, silahkan bagikan kėpada saya dan pėmbaca lainnya mėlalui kolom komėntar di bawah postingan ini. Salam suksės untuk kita sėmua.


Sumber : Lintang Sore
Loading...