Cara Mengatasi Masalah dalam Pembuatan Pupuk Kompos

Loading...
Loading...
Masalah kemungkinan akan muncul pada saat Sahabat Inspirasi Berkebun membuat pupuk kompos. Masalah pada umumnya seperti munculnya serangga, belatung, bau busuk, pupuk mengempal dan lain sebagainya. Masalah yang timbul pada saat proses pembuatan pupuk kompos pasti ada solusinya.

Pada tulisan kali ini kami akan membahas bagaimana cara mengatasi masalah dalam pembuatan pupuk kompos. Sahabat Inspirasi Berkebun mungkin mengalami masalah seperti dibawah ini pada saat membuat pupuk kompos, kami akan berbagi solusi bagaimana cara menangani masalah tersebut.

Muncul Serangga dan Belatung
Masalah yang muncul biasanya adanya serangga dan belatung pada saat proses pembuatan pupuk kompos. Penyebab dari munculnya serangga dan belatung bisanya ada bahan-bahan seperti sampah ikan, daging,lemak, santan dan susu,dalam bahan bakunya atau sampah tidak ditutup dengan rapat. Solusi dari masalah ini adalah tutup kompos dengan selapis tanah atau kompos lain atau sebaiknya bahan tersebut tidak dikomposkan.

Bau Busuk
Masalah yang muncul biasanya muncul bau busuk (amonia) pada saat proses pembuatan pupuk kompos. Penyebab dari muncul bau busuk biasanya terlalu banyak unsur nitrogen atau jumlah sampah hijau terlalu banyak. Solusi dari masalah bau busuk ini biasanya menambahkan sampah coklat dan membuka karung untuk menambahkan oksigen.

Masih mengenai masalah bau busuk seperti bau tengik atau bau telur busuk pada saat proses pembuatan pupuk kompos. Penyebab dari msalah ini biasanya kurang oksigen atau terlalu lembab. Solusi dari masalah ini adalah menambahkan sampah coklat dan membuka karung untuk menambahkan oksigen serta mengaduk kompos hingga bau busuk hilang.

Pupuk Mengempal
Masalah yang muncul biasanya pupuk mengempal pada saat proses pembuatan pupuk kompos. Penyebab pupuk mengempal pada umumnya terlalu lembab. Solusi yang harus dilakukan agar pupuk tidak mengempal adalah menambahkan sampah coklat dan membuka karung untuk menambahkan oksigen serta kompos dibolak-balik hingga bau kurang sedapnya hilang .

Pupuk Kompos Kering
Masalah yang muncul biasanya pupuk kompos terlalu kering pada saat proses pembuatan pupuk kompos. Penyebab dari pupuk kompos terlalu kering biasanya kurang air. Solusi dari masalah ini biasanya basahi dengan air dan dibolak-balik biar merata basahnya.
 Cara Mengatasi Masalah dalam Pembuatan Pupuk Kompos
Tidak Ada Perubahan
Masalah yang muncul biasanya tidak terjadi reaksi atau tidak ada perubahan pada saat proses pembuatan pupuk kompos. Penyebab dari masalh ini biasanya oksigen terlalu rendah, nitrogen terlalu rendah dan kurang lembab. Solusi dari masalah ini adalah tambahkan sampah hijau untuk meningkatkan kadar nitrogen, kompos dibalik-balik untuk menambah oksigen atau udara.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara mengatasi masalah dalam pembuatan pupuk kompos. Silahkan Sahabat Inspirasi Berkebun bereksperimen apabila memiliki waktu luang. Terima kasih telah berkunjung di blog Inspirasi Berkebun dan berkenan membaca serta membagikan tulisan kami. 

Semoga ada manfaat yang bisa Silahkan Sahabat Inspirasi Berkebun dapatkan. Untuk saran dan pertanyaan atau Silahkan Sahabat Inspirasi Berkebun ingin berbagi tentang cara membuat pupuk kompos, silahkan tuliskan di dalam kolom komentar di bawah postingan ini. Silahkan bagikan kiriman ini ke halaman facebook Silahkan Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.
Loading...