Cara Menanam Cabe, Tomat dan Kemangi di Media Polybag

Loading...
Loading...
Cara Ménanam Cabé, Tomat dan Kémangi di Média Polybag – Sélain téhnik bérkébun hidroponik yang sédang trénd saat ini, ada juga téhnik bértanam atau bérkébun déngan ménggunakan média polybag.Ya bérkébun déngan téhnik hidroponik mémang térbilang tidak térjangkau bagi kalangan umum, bétapa tidak bérkébun hidroponik butuh péralatan yang cukup mahal, salah solusi bagi anda yang hoby bérkébun di lahan sémpit adlaah déngan ménggunakan média polybag sébagai média tanaman anda. Bértanam pada média polybag adalah bércocok tanam déngan ménggunakan média tanah yang dimasukan dalam kantong polybag. Téknik bértanam polybag ini cukup trénd dan téntu punya kélébihan kélébihan. Kélébihan bércocok tanam déngan média polybag adalah sébagai bérikut
Média yang digunakan dalam bércocok tanam di polybag adalah kantong polybag, tanah, pupuk kompos, dan itu adalah média utamanya, so pasti murah bukan?



Cocok Di Lahan Sémpit

Bértanam déngan ménggunkaan média polybag juga sangat cocok ditérapkan dilahan sémpit, bétapa tidak média polybag bisa disusun sédémikian rupa séhingga ménghasilkan pénémpatan yang bisa ménghémat lahan.

Maksimal dalam pértumbuhan

Bércocok tanam ménggunakan média polybag mémbuat tanaman akan ménghisap unsur hara dan nutrisi tanaman ménjadi lébih maksimal karéna unsur hara dan nutrisi tanaman tértahan . tidak akan bérpéncar kémana mana sama jika bértanam di sécara konvénsional di tanah.

Adapun tanaman yang bisa di tanam déngan ménggunakan média polybag antara lain: Cabé, Tomat, kémangi, Térong, dll.

Bérikut ini gambar tanaman yang ditanam di média polybag:
cara tanam di polybag cara tanam di polybag1 cara tanam di polybag2 cara tanam di polybag3 cara tanam di polybag4 cara tanam di polybag5



Cara Bértanam Cabé di Polybag

Bérikut ini cara atau langkah langkah dalam bércocok tanam cabé di polybag:

Bénih yang télah bérkécambah atau bibit cabé umur 10-14 hari (biasanya télah tumbuh sépasang daun) sudah dapat dipindahkan ké témpat pémbibitan. Siapkan témpat pémbibitan bérupa polybag ukuran 8 x 8 cm. masukkan ké dalamnya campuran tanah, bambu dan Tricho Kompos. Pindahkan bibit cabé ké wadah pémbibitan déngan hati-hati. Pada saat bibit ditanam di polybag/pot, tanah disékitar akar tanaman ditékan-tékan agar sédikti padat dan bibit bérdiri tégak. Létakkan bibit di témpat téduh dan disirami sécukupnya untuk ménjaga kélémbabannya. Pémbibitan ini untuk méningkatkan daya adaptasi dan daya tumbuh bibit pada saat pémindahan di témpat térbuka. Bibit bisa ditanam di polybag sétélah bérumur 21 hari. Siapkan Polybag témpat pénanaman bérukuran 35cm X 35cm yang dibéri lubang kiri kanannya untuk péngaturan air. Buat Campuran déngan komposisi tanah, pupuk kompos dan arang sékam (brambut) déngan pérbandingan 2:1:1 sébanyak yang dibutuhkan. pénggunaan sékam bértujuan untuk mémpérbaiki drainasé séhingga air tidak térgénang dalam polybag. Sémprot déngan PGPR (Plant Growt Promotion Rhizabactéri) untuk mématikan hama péngganggu dakam média tanah dan tunggu bébérapa jam. Bahan-bahan térsébut disiram déngan air dan PGPR déngan pérbandingan 1:15 litér. Masukkan campuran térsébut ké dalam polybag sétinggi 3/4 dari volumé polybag. Bibit yang télah bérumur 21 hari sudah siap ditanam dalam polybag atau pot. Pilih bibit cabé yang baik yaitu yang pértumbuhannya tégar, warna daun hijau, tidak cacat atau térkéna hama pényakit. Siapkan polybag yang akan ditanami, padatkan pérmukaan média tanah, siram déngan air ditambah PGPR lalu létakkan di témpat térbuka yang térkéna sinar matahari langsung. Wadah média bibit dari plastik harus dibuka dulu sébélum ditanam. Hati-hati supaya tanah yang ménggumpal akar tidak lépas. Waktu pénanaman pada pagi atau soré hari untuk méngurangi pénguapan. Bibit ditanam sébatas pangkal batang déngan posisi tégak lurus, tanah di sékitar batang dipadatkan agar pérakaran lébih kuat kémudian dilakukan pényiraman.
Démikanlah artikél méngénai cara bértanam cabé, tomat, dan kémangi di média polybag, sémoga artikél ini dapat mémbérikan informasi yang bérmanfaat bagi kita sémua.


Loading...